MOTOGP
Vinales Optimistis, Rossi Realistis
20 September 2019 09:05 WIB
berita
Maverick Vinales
ARAGON – Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Maverick Vinales berharap tampil cepat pada putaran ke-14 MotoGP 2019 di Sirkuit Motorland Aragon, Aragon, Minggu (22/9). Ia pun menargetkan podium karena sejak naik ke kelas MotoGP, 2015, belum pernah merasakan finis di posisi tiga besar.

Vinales sebenarnya memiliki kinerja baik pada dua putaran terakhir tapi YZR-M1 masih memiliki kelemahan dalam hal kecepatan. Terutama di trek lurus, sebagaimana dimiliki Sirkuit Motorland Aragon. Ia berharap tim berlogo garputala itu bisa membenahi masalah tersebut agar dapat tampil kuat.




Baca Juga :
- Daftar Juara MotoGP Sepanjang Masa, Marc Marquez Kejar Rossi dan Agostini
- Vinales: Saya Tak Punya Kekuatan untuk Melawan Ducati




“Setelah meraih podium ketiga di Misano, saya memiliki motivasi lebih tinggi jelang Grand Prix (GP) Aragon. Ya, setiap putaran di Spanyol jadi lomba spesial bagi saya karena fan dan atmosfer balapan di negara ini, luar biasa. Saya juga sangat menyukai desain trek di sini (Aragon),” kata Vinales via Crash.net.

Yamaha terlihat kuat di Sirkuit Misano karena empat pembalap mereka finis di lima besar. Namun, Sirkuit Motorland Aragon memiliki karakter berbeda dan mereka kesulitan pada tahun-tahun sebelumnya. “Kami akan berusaha fokus pada tujuan utama, ingin terus berkembang di tiap lomba,” kata Vinales.


Baca Juga :
- Vinales Sebut Yamaha Belum Setara Ducati dan Honda
- Setelah 2,5 Tahun, Yamaha Penuhi Permintaan Rossi


Hal berbeda dirasakan rekan setimnya, Valentino Rossi, yang tak ingin memasang target tinggi di Sirkuit Motorland Aragon. Sembilan kali melakoni balapan di GP Aragon, ia belum pernah meraih kemenangan. Posisi finis terbaiknya adalah podium ketiga, masing-masing  didapat pada edisi 2013, 2015 dan 2016.

“Kami sudah tahu apa yang perlu kami perbaiki di Misano dan itu akan jadi fokus kami untuk menghadapi lomba, akhir pekan ini. Terlebih, jika melihat tahun-tahun sebelumnya, Aragon salah satu trek yang menyulitkan Yamaha. Tapi, kami datang setelah meraih hasil bagus (pada lomba sebelumnya),” kata Rossi.

Manajer Tim Yamaha Massimo Meregalli yakin kedua pembalapnya dapat meraih hasil terbaik di Sirkuit Motorland Aragon. “Vale tidak terlalu menyukai trek ini tapi dia telah mendapatkan tiga podium di sini, di kelas tertinggi. Ia sangat termotivasi untuk kembali ke performa terbaiknya,” ia menuturkan.

Untuk Vinales, Meregalli optimistis pria asal Spanyol itu tampil bagus mengingat ini merupakan lomba kandang untuknya. “Maverick dalam momentun bagus, berhasil meraih podium ketiga pada dua lomba terakhir. Ia juga suka trek Aragon dan pendukung yakin, memberikan yang terbaik,” kata Meregalli.

Akhir pekan ini, ramalan cuaca memprediksi hujan akan turun di Sirkuit Aragon. Itu akan menjadi tantangan tersendiri bagi setiap tim dan juga membuat lomba semakin menarik. “Kami akan bekerja keras dan akan melihat apakah perkembangan di Misano akan berdampak di sini,” ujarnya lagi.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati