LIGA SPANYOL
MSG Belum Panas, Gagal Menciptakan Peluang Berbahaya di Dortmund
19 September 2019 13:43 WIB
berita
Lionel Messi menggantikan Ansu Fati saat Barcelona menghadapi Borussia, Selasa (19/9). –Topskor/Ist
DORTMUND – FC Barcelona harus puas mengawali Liga Champions 2019/20 dengan bermain seri tanpa gol pada laga tandang lawan Borussia Dortmund, Selasa (17/9) atau Rabu dini hari WIB. Tapi di Stadion Signal Iduna Park, apa yang telah dinanti sepanjang musim panas ini akhirnya terwujud; Menyandingkan trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann.

Messi yang sudah pulih dari cedera soleus kaki kanannya masuk dari bangku cadangan untuk menggantikan Ansu Fati pada menit ke-59. Kendati begitu pada laga fase grup (Grup F) tersebut terlihat bahwa trio yang bisa disebut MSG ini masih belum panas. Hal itu wajar terjadi sebab ini jadi kesempatan pertama dan hanya berlangsung di 31 menit akhir.




Baca Juga :
- ​​​​​​​Barca Superior, Valverde Lebih Baik dibanding Simeone dan Zidane
- Lionel Messi Minta Presiden Barcelona Kejar Pemain Bintang Real Madrid




Sepanjang waktu yang ada, ketiga penyerang nyaris tak menciptakan peluang berbahaya. Itupun tak lepas dari tim tuan rumah yang sering kali bisa mengambil alih permainan. Baik Messi, Suarez, dan Griezmann sejatinya bisa menunjukkan aksi yang hebat. Namun pergerakan ketiganya belum membentuk koneksi dan kerja sama yang baik.

Peluang dimiliki penyerang asal Argentina, Uruguay dan Prancis itu, namun lebih bersumber dari bantuan pemain lainnya (selain penyerang). Seperti dari Arthur Melo atau Frenkie De Jong, dua gelandang yang sangat aktif di sepanjang pertandingan. Keriuhan fan yang ada di Signal Iduna Park seolah meredam MSG.


Baca Juga :
- Messi Terima Sepatu Emas Keenam
- Lionel Messi Ingin Barcelona Rekrut Pemain Argentina sebagai Pengganti Jordi Alba


Kondisi yang belum panas itupun bisa didasari oleh kondisi dari masing-masing personel. Duel lawan Dortmund jadi pertandingan pertama yang dijalani Messi setelah pramusim dan awal 2019/20 harus dilewatinya dengan berada di ruang perawatan. Laga kemarin bisa dibilang masih sebagai tahap pemanasan bagi sang megabintang di musim ini.

“Dia seperti layaknya pemain manapun yang tidak melakukan pramusim. Leo (panggilan Messi) main tanpa ada persiapan, sebab ini adalah menit main pertamanya. Dia harus lebih dulu terlibat di permainan dengan kecepatan yang luar biasa (sebelum menunjukkan ledakannya). Itu sudah dimulai dan saya rasa cukup,” kata pelatih Ernesto Valverde membela.

Sementara itu Suarez sendiri baru comeback dari cederanya pada akhir pekan lalu yakni pada 30 menit terakhir laga: mengalami masalah betis di duel pembuka La Liga 2019/20, hanya 37 mein main. Ia sudah sangat mengenal Messi, tapi masih saling memahami dengan Griezmann. “Inipun laga penuh pertama Suarez,” ucap Valverde memaklumi strikernya.

Sedangkan bagi Grizzi –sapaan akrab Griezmann– jelas belum dapat menjalin chemistry dengan dua rekannya sebab ia adalah pemain baru Los Azulgrana, julukan Barca. Selain baru disandingkan dengan Messi-Suarez, ia juga masih beradaptasi dengan permainan Barca yang jauh berbeda dibanding eks klubnya Atletico Madrid.

“Saya baru dua bulan di klub (Barca). Saya masih belum terbiasa bermain di sini, termasuk perihal peran serta gerakan rekan satu tim,” kata penyerang 28 tahun itu mengakui, tapi tetap optimis. “Saya pun masih menyesuaikan diri main dengan Suarez, Messi, atau (Ousmane) Dembele. Tapi saya yakin kami bisa bergerak ke arah yang benar sebagai tim.”*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

D
Penulis
Dini Wulandari