news
LIGA EUROPA
Duel Dua Tim Buangan Liga Champions
19 September 2019 12:17 WIB
berita
Pemain baru Porto, Luis Diaz (kanan0 dan Mateus Uribe akan jadi andalan saat menyambut Young Boys, Kamis (19/9). –Topskor/ist
PORTO – Sama-sama gagal lolos ke putaran fase grup Liga Champions, FC Porto dan BSC Young Boys kini mengalihkan konsentrasi mereka ke Liga Europa. Keduanya bersua di pertandingan pertama di Grup G di Stadion Do Dragao, Kamis (19/9) atau Jumat dini hari WIB.  Ini merupakan kali pertama kedua tim bertemu.

Menjamu Young Boys, tuan rumah Porto berada di atas angin. Dalam empat pertandingan terakhir, tim berjulukan Dragoes tersebut memetik empat kemenangan secara beruntun. Sekarang Porto sendiri berada di urutan ketiga Liga Portugal dengan mengoleksi 12 poin (empat kemenangan, satu kekalahan).




Baca Juga :
- Panas di Arena Corinthians
- FC Porto Juara UEFA Youth League Usai Bungkam Chelsea




Salah satu kesuksesan ini tak lepas dari tangan dingin pelatih mereka, Sergio Conceicao. Meskipun sempat menelan kekalahan pada pekan pertama atas Gil Vicente (1-2), juru taktik berusia 44 tahun itu tetap mempertahankan skema 4-4-2. Titik baliknya adalah ketika menggantikan Tiquinho Soares yang sebelumnya sempat diplot sebagai penyerang utama dengan Ze Luis. Duetnya bersama Moussa Marega menjadi salah satu yang terbaik di Liga Portugal.

Selain itu, Conceicao juga memiliki dua pilar andalan asal Kolombia, Luis Diaz dan Mateus Uribe. Semenjak didatangkan pada musim panas tahun ini, posisi dari keduanya nyaris tak tergantikan. Baik Diaz maupun Uribe tak membutuhkan waktu lama untuk bisa beradaptasi dengan skema yang dijalankan oleh Conceicao.


Baca Juga :
- Reaksi Pelatih FC Porto Setelah Dibungkam Liverpool
- Selebrasi FC Porto Setelah Menang Dramatis Atas Boavista


Keduanya mengingatkan publik Dragoes kepada pilar-pilar Kolombia yang sebelumnya pernah bersinar bersama Porto, yaitu Radamel Falcao dan Fredy Guarin. Keduanya merupakan sosok yang cukup berjasa ketika Porto memenangkan Liga Europa 2010/11, atau kali terakhir Porto menjadi juara. Besar kemungkinan bila Diaz dan Uribe akan dimainkan kekika melawan Young Boys nanti.

Kondisi bagus yang saat ini pun, turut membuat legenda Porto, Alberto Costa percaya bahwa Dragoes bisa menjungkalkan Young Boys meski tak mudah. “ Porto difavoritkan. Mereka tim yang seimbang. Tetapi Young Boys juga tak bisa dianggap remeh. Maka dari itu Porto tidak boleh jumawa atau mereka akan gagal seperti di Liga Champions,” ujar Costa saat diwawancarai.

Perkataan Costa tersebut bisa dibilang ada benarnya. Young Boys juga sedang dalam kepercayaan diri tinggi, layaknya Porto. Tim besutan dari Gerardo Seoane ini baru saja membantai habis FC Freienbach 11-2 dalam ajang Piala Swiss.

Selain itu Young Boys juga belum terkalahkan di ajang Liga Swiss. Dalam enam pertandingan yang sudah dijalani, Young Boys memetik empat kemenangan dan dua imbang. Mereka berada di posisi kedua dengan 14 poin, selisih satu angka dari FC Basel yang berada di perinkat satu.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

Angka

2

FC Porto telah menjuarai Liga Europa sebanyak dua kali, yakni pada 2002/03 (Piala UEFA) dan 2010/11.

1

Musim ini Luiz Diaz telah mencetak satu gol dari lima pertandingan di Liga Portugal bersama FC Porto.

 

 

 

 

                                                                                                                  

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news