TINJU
Promotor Gaek Ini Tetap Peringatkan Pacquiao, Jika Kena Pukul Lagi Efeknya Seumur Hidup
18 September 2019 21:56 WIB
berita
Manny Pacquiao saat melawan Keith Thurman. -TopSkor.Id/Istimewa-
NEW YORK – Promotor gaek Bob Arum pernah menyampaikan peringatan kepada Manny Pacquiao soal kariernya. Dikatakan Arum waktu itu, saat ini sudah waktunya bagi Pacquiao untuk pensiun. Soalnya, kondisi fisiknya sebenarnya sudah tak sekuat dulu lagi. Bahkan, Arum sampai bilang Pacquiao bisa mengalami cedera otak.

Berselang beberapa bulan, Arum kembali menyampaikan hal serupa tapi lebih halus penyampaiannya. “Saya jadi promotor Pacquiao sejak bertahun-tahun lalu. Dia manusia yang luar biasa,” kata Arum, 87 tahun. “Sangat baik, sangat dermawan, dan sangat ramah. Masalahnya, dia hampir 41 tahun.”




Baca Juga :
- Jadwal Pertandingan Liga Primer Inggris Pekan 9, Sabtu-Selasa 19-22 Oktober 2019
- Ujian Setan Merah Sesungguhnya




“Petinju di usia 41 tahun tidak bisa lagi terkena pukulan keras seperti yang dia terima saat melawan Keith Thurman (20 Juli),” ujar Arum. “Tentu saja dia menang di pertarungan itu tapi harus merasakan banyak pukulan. Berbagai pukulan itulah yang bisa berdampak serius pada hidupnya di sepanjang usia.”

Arum kembali ingin bilang kalau Pacquiao sudah tak bisa lagi bertinju karena risikonya sangat tinggi. Padahal, Pacquiao hingga saat ini sama sekali tak berencana untuk pensiun. Bahkan, ada wacana untuk melakukan unifikasi gelar. Lalu, pertarungan berikutnya Pacquiao akan dilaksanakan pada 2020.


Baca Juga :
- Mane dan Salah Mengaku Sudah Akur, Penampilan di Lapangan Memperlihatkan Fakta Berbeda
- Empat Tahun bersama Klopp, The Reds Berevolusi Fantastis


Jika begitu, Pacquiao akan bertarung di usia 41 tahun. Usia yang menurut Arum sangat rentan dengan cedera permanen yang berbahaya. Ada benarnya tapi Pacquiao pastinya bisa mengukur sendiri kemampuan tubuhnya. Sejauh mana dia bisa terus bertinju atau kapan waktunya untuk pensiun.*

D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!