LIGA INGGRIS
Arsenal Jadi Klub Terbanyak Menghadapi Tembakan Musim Ini
18 September 2019 15:30 WIB
berita
Pelatih Arsenal Unai Emery berjalan tertunduk setelah timnya hanya bermain imbang dengan Watford, akhir pekan lalu./Istimewa
LONDON - Hasil imbang 2-2 yang mengecewakan di kandang Watford FC akhir pekan lalu memastikan Arsenal FC tidak pernah menang dalam tiga laga terakhir Liga Primer musim ini. Hal itu juga membuat tim asuhan Unai Emery gagal menggeser Tottenham Hotspur FC dan Manchester United FC (MU) dari empat besar klasemen.

Ini juga menandai kali pertama The Gunners tidak bisa menang saat sudah unggul dua gol sejak April 2016 (skor 3-3 melawan West Ham United FC). Penalti Roberto Pereyra jelang akhir laga memastikan Watford memaksakan hasil imbang di Vicarage Road. Walaupun sebagian fan beranggapan The Hornets lebih layak menang.




Baca Juga :
- Arsenal Kalah di Kandang Sheffield United
- Sheffield Siapkan Serangan Balik




Tetapi ada satu fakta tidak menyenangkan bagi Emery dan timnya. Arsenal justru memuncaki daftar tim-tim yang paling banyak menghadapi tembakan ke arah gawang di lima liga top Eropa pada 2019/20. The Gunners tercatat telah menghadapi 96 kali tembakan dalam lima pertandingan awal mereka. Ini jadi rapor terburuk.

Masalahnya, Arsenal memperlihatkan tren negatif itu pada laga terakhirnya. Melawan Watford, kiper Bernd Leno dan para pemain belakang Tim Meriam London menghadapi 31 tembakan dari pihak lawan. Itu jumlah paling banyak yang pernah dihadapi Arsenal sejak Opta mengoleksi data-data Liga Primer pada 2003 silam.


Baca Juga :
- Arsenal Dapat Bertarung untuk Perebutan Gelar Juara, Kata David Luiz
- Arsenal Berpeluang Diperkuat Lacazette melawan Sheffield


Sejak awal musim lalu pun, para pemain Arsenal bahkan melakukan 14 blunder yang berujung gol bagi lawan di Liga Primer. Angka itu paling tidak dua eror lebih banyak dibandigkan tim-tim lainnya pada periode ini. Mereka juga paling sering kebobolan via eksekusi penalti di liga, 10 kali. Musim ini sudah tiga penalti bersarang di gawang Leno.

Catatan di atas semakin memperkuat kekhawatiran fan Arsenal atas kebocoran di lini pertahanan tim mereka. Kendati telah mendatangkan bek tengah kaya pengalaman, David Luiz dari Chelsea FC musim panas lalu, mantan pemain Liverpool FC Graeme Souness menuding pemain The Gunners sengaja membiarkan permainan tergelincir.

“Mereka menyerah, dengan mudah. Tim-tim di Liga Primer tidak bermain seperti itu,” kata Souness kepada Sky Sports. “Saya pikir Emery telah memainkan sekumpulan anak-anak. Ketika skor 2-1, tim justru harus lebih intens menggali peluang. Ketika anak-anak yang bermain itu berada di mana-mana, itu seperti permainan bola basket.”

“Bertahan dengan bermain dari belakang akan membebani mereka dengan gol, dan mereka beruntung itu hanya satu,” ujar mantan pelatih Liverpool yang menyebut Mesut Oezil satu-satunya pemain Arsenal yang “bermain” paling benar melawan Watford.

Sementara itu, gelandang The Gunners Granit Xhaka mengeluhkan kurangnya mental tim. “Kami seperti ketakutan pada babak kedua,” katanya seusai laga. “Kami tahu mereka akan menekan dengan keras tetapi kami seharusnya lebih berkarakter dan tidak takut. Kami sudah membicarakannya.”

Menurut Xhaka, ia melihat tidak ada di antara pemain-pemain The Gunners yang serius menginginkan bola. “Setiap tim di Liga Primer cukup kuat untuk mencetak gol sehingga Anda harus tetap tenang, kuat secara mental dan kami tidak memperlihatkannya saat melawan Watford,” ujar Xhaka lagi.

Selain Arsenal, enam tim Liga Primer lain juga masuk 10 besar daftar tim terbanyak menghadapi tembakan ke gawang. Norwich City FC, Tottenham Hotspur FC, Aston Villa FC, AFC Bournemouth, Southampton FC, dan Newcastle United FC terselip di antara tiga klub Ligue 1: Toulouse FC (79), Amiens SC (76), dan Stade Rennais FC (73).***NURUL IKA HIDAYATI

Klub Paling Banyak Menghadapi Tembakan Lawan Musim Ini
(Liga Liga Top Eropa)

Klub               Kompetisi                 Laga               Menghadapi Tembakan
Arsenal           Liga Primer                5                      96 (19,2/laga)
Norwich         Liga Primer                5                      93 (18,6)
Tottenham     Liga Primer                5                      82 (16,4)
Toulouse        Ligue 1                       5                      79 (15,8)
Aston Villa      Liga Primer                5                      79 (15,8)
B’nemouth     Liga Primer                5                      76 (15,2)
Amiens           Ligue 1                       5                      76 (15,2)
Soton              Liga Primer                5                      75 (15)
Newcastle       Liga Primer                5                      74 (14,8)
Rennes           Ligue 1                       5                      73 (14,6)                   

 

I
Penulis
I Gede Ardy E