LIGA CHAMPIONS
Hanya Liverpool dan Man. City yang Penuhi Syarat untuk Mendominasi Eropa
18 September 2019 12:44 WIB
berita
Kehadiran pelatih sekelas Juergen Klopp dan Josep Guardiola (kanan) membuat Liverpool serta Man. City terus berprogres dari musim ke musim./AFP
Dalam enam edisi Liga Champions sebelum 2018/19, hanya tiga tim yang mampu menjuarainya. Mereka adalah dua raksasa Spanyol, Real Madrid CF dan FC Barcelona serta wakil Jerman, FC Bayern Muenchen. Los Blancos, julukan Madrid, bahkan empat kali menjadi kampiun sepanjang periode tersebut.

Namun semua berubah musim lalu. Madrid sebagai juara bertahan disingkirkan AFC Ajax di babak 16 besar. Sementara Muenchen dan Barcelona dipaksa angkat kaki oleh Liverpool FC. Tak banyak pihak terkejut ketika pada akhirnya Mohamed Salah dan kawan-kawan yang keluar sebagai juara.




Baca Juga :
- Update Klasemen Liga Champions, Rabu Dini Hari WIB
- Update Hasil Pertandingan Liga Champions, Rabu Dini Hari WIB




Mereka klub pertama di luar trio Madrid, Barca, dan Muenchen yang sukses menjadi kampiun. Pada partai puncak, The Reds mengalahkan tim Liga Primer lain, Tottenham Hotspur FC, 2-0. Ini juga menandai untuk kali perdana dua wakil Inggris bertemu di final sejak Manchester United FC berhadapan dengan Chelsea FC pada 2007/08.

Liverpool sendiri telah berhasil menembus final dalam dua musim terakhir turnamen antarklub elite Eropa tersebut. Pada 2017/18, mereka kurang beruntung menyerah 1-3 dari Madrid diakibatkan cederanya Salah dan blunder fatal kiper Loris Karius. Publik dipastikan tidak akan kaget jika The Reds kembali mampu melangkah jauh musim ini.


Baca Juga :
- Ederson yang Tak Kalah Penting
- Sterling Kembali Trengginas


Pasalnya, sejak dilatih Juergen Klopp, Liverpool terus berprogres. Tim Merseyside itu bahkan tidak memperlihatkan tanda-tanda penurunan musim ini. Namun The Reds bukan satu-satunya tim Liga Primer yang difavoritkan. Rival mereka di Liga Primer, Manchester City FC dinilai kompeten membawa Inggris mempertahankan dominasi.

The Citizens adalah tim terbaik di Britania Raya. Bersama Liverpool, mereka adalah dua klub paling konsisten di Eropa bahkan di dunia saat ini. Di sisi lain, tim-tim seperti Madrid, Barcelona, Muenchen, Juventus, atau Atletico Madrid masih memiliki masalah fundamental.

Beberapa dari mereka inkonsisten, sementara beberapa lainnya masih beradaptasi dengan susunan skuat atau pelatih baru. Di tempat lain, Liverpool serta Man. City semakin menemukan kesempurnaannya masing-masing. Para pemain mereka pun telah memahami keinginan pelatihnya. 

Dari aspek ini, mungkin Atletico yang paling mendekati dua tim elite Inggris itu. Dalam segi kedalaman skuat, raksasa Prancis, Paris Saint Germain FC (PSG) mungkin levelnya setara. Bahkan Les Parisiens lebih baik dibandingkan Liverpool. Namun, mereka tidak memiliki dua faktor penentu lainnya, yakni daya saing dan pelatih.

PSG kerap bermasalah dengan performa ketika telah memasuki fase knock-out. Pelatih Les Parisiens Thomas Tuchel bukan sosok motivator seperti Klopp atau inovator macam Guardiola. Namun terkadang keberuntungan memainkan peran yang sangat vital dalam sebuah turnamen.

Man. City dan Pep tahu betul masalah tersebut. Musim lalu, mereka tidak beruntung disingkirkan Tottenham di perempat final. Namun terlepas dari perihal keberuntungan itu, timnya dan pasukan Klopp sangat layak difavoritkan untuk menjadi juara Liga Champions 2019/20.*   

I
Penulis
I Gede Ardy E