INFOGRAFIS
Solusi Manchester City, Fernandinho sebagai Bek Tengah lawan Shakhtar
18 September 2019 12:14 WIB
berita
Gelandang Fernandinho bakal diturunkan sebagai bek tengah Man. City saat tandang ke markas Shakhtar Donetsk./Istimewa
KHARKIV – Kekalahan 2-3 dari Norwich City FC dalam laga Liga Primer akhir pekan lalu membuktikan Manchester City FC butuh solusi baru. Masalahnya, memasangkan Nicolas Otamendi dan John Stones sebagai duet di jantung pertahanan bukanlah ide bagus. Permainan ceroboh mereka menjadi biang keladi hasil buruk di Stadion Carrow Road tersebut.

Josep “Pep” Guardiola tentu saja orang pertama yang menyadarinya. Ini berarti, pelatih Man. City itu sangat mungkin mengeksekusi skenario darurat yang telah disiapkannya, memplot Fernandinho sebagai bek tengah alternatif. Guardiola memang harus memutar otak setelah Aymeric Laporte, pemain sentral terbaik di lini pertahanan The Citizens, harus absen enam bulan akibat cedera lutut. 




Baca Juga :
- Manchester City Permalukan Crystal Palace di Kandang
- Susunan Pemain Crystal Palace vs Manchester City




Kini, sang pelatih akan berharap Fernandinho bisa menjadi solusi bagi krisis bek tengah juara bertahan Liga Primer tersebut. Pep diyakini siap menurunkannya sebagai bek tengah sejak menit awal melawan FC Shakhtar Donetsk, Rabu (18/9) atau Kamis dini hari WIB. Man. City dijadwalkan melawat ke Stadion OSC Metalist, kandang tim elite Ukraina itu dalam laga perdana Grup C Liga Champions 2019/20.

Fernandinho memang bukan seorang bek tengah. Posisi aslinya adalah gelandang bertahan. Namun Guardiola melihat pemain 34 tahun tersebut memiliki potensi serta kemampuan bermain di posisi sentral pertahanan. Dan hal ini telah dicobanya beberapa kali. Total Fernandinho pernah diplot empat kali sebagai bek tengah oleh Guardiola. Termasuk saat bertemu Shakhtar pada Desember 2017.


Baca Juga :
- Crystal Palace Bisa Jadi Sandungan Man. City
- Man. City Punya Kelemahan yang Bisa Dieksploitasi Tim Medioker


Ketika itu, ia bermain bersama Tosin Adarabioyo dan Eliaquim Mangala dalam skema tiga bek tengah yang diterapkan Man. City. Eksperimentasi Pep tersebut berakhir dengan kekalahan 1-2. Tetapi, performa Fernandinho di posisi barunya itu membaik pada tiga kesempatan berikutnya. Sang pemain membantu The Citizens menang 3-2 atas FC Schalke 04 di Liga Champions musim lalu.    

Meski melawan wakil Jerman itu Fernandinho tidak luput dari kesalahan yang membuat timnya gagal clean sheet. Namun kemudian ia berprogres, turut menyumbangkan tiga poin bagi Man. City kala berhadapan dengan Arsenal FC (3-1) di Liga Primer 2018/19. Lalu saat pasukan Pep membungkam Brighton & Hove Albion FC (4-0), akhir Agustus lalu. Saat itu, pemain asal Brasil ini masuk menggantikan Laporte ynag cedera.

“Dalam siatuasi seperti ini, Guardiola akan mempertimbangkan kembali menurunkan Fernandinho (sebagai bek tengah). Man. City selalu bermain operan dan membangun serangan dari belakang dan dia adalah pilihan terbaik dalam hal itu,” kata analis sepak bola BT Sports Jermaine Jenas.

Jenas, yang mantan gelandang Tottenham Hotspur FC, juga menambahkan bahwa Pep masih memiliki Kyle Walker yang bisa dimainkan sebagai bek tengah. “Yang pasti setelah kekalahan dari Norwich, dia akan mencari solusi terbaik,” kata pria 36 tahun itu.

Fernandinho kemungkinan besar akan berduet dengan Stones melawan Shakhtar nanti. Guardiola sendiri, meski kecewa gagal di Norwich, tidak menyalahkan bek asal Inggris itu dan Otamendi. “Mereka juga sering membantu kami meraih kemenangan dan telah memberikan banyak hal untuk tim,” ujar Pep.

Man. City sendiri punya rapor bagus melawan Shakhtar. Dalam empat pertemuan, The Citizens meraih tiga kemenangan dan sekali kalah. Namun Guardiola tahu itu tidak akan bisa jadi tolok ukur. Apalagi tim asuhan Luis Castro tersebut sukses meraih hasil maksimal dalam tujuh laga terakhir mereka di ajang liga domestik. Tampil maksimal adalah keharusan bagi Fernandinho dan kawan-kawan.***

PERKIRAAN SUSUNAN STARTER SHAKHTAR vs MAN. CITY

SHAKHTAR (4-2-3-1)

Pelatih: Luis Castro

30 Pyatov;
50 Bolbat, 22 Matvyenko, 4 Krivtsov, 31 Ismaily;
21 Patrick, 6 Stepanenko;
11 Marlos, 20 Kovalenko, 7 Taison;
10 Moraes
Cadangan:
1 Shevchenko,
2 Butko,
77 Bondar,
15 Konoplyanka,
19 Solomon,
8 Marcos,
9 Dentinho

MAN. CITY (4-3-3)

Pelatih: Josep Guardiola

31 Ederson;
27 Cancelo, 5 Stones, 25 Fernandinho, 11 Zinchenko;
20 B. Silva, 16 Rodri, 17 De Bruyne;
26 Mahrez, 10 Aguero, 7 Sterling
Cadangan:
1 Bravo,
2 Walker,
30 Otamendi,
22 Mendy,
8 Guendogan,
21 D. Silva,
9 Jesus

Wasit: Artur Dias
Stadion: OSC Metalist
Prediksi TopSkor: 45-55

Pertemuan terakhir
07/11/18       Liga Champions         Man. City        6 – 0    Shakhtar
23/10/18       Liga Champions         Shakhtar         0 – 3    Man. City
 

 

 

I
Penulis
I Gede Ardy E