LIGA 1
Diogo Campos Bergabung, Persebaya Kental Aroma Brasil
18 September 2019 14:12 WIB
berita
Penyerang baru Persebaya Diogo Campos (kanan) memperkenalkan diri kepada ofisial, suporter, pemain, dan staf Persebaya di sela sesi latihan Selasa (17/9)/Foto: M. Bahrul Marzuki
SURABAYA – Jelang penutupan pendaftaran pemain pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2019, Persebaya Surabaya mengambil keputusan mengejutkan. Manajemen tim berjulukan Bajul Ijo tersebut resmi mencoret dua pemain asingnya sekaligus.

Yang menjadi korban kali ini adalah gelandang Damian Lizio (Bolivia) dan Manuchekhr Dzhalilov (Tajikistan). Secara statistik keduanya memang dianggap belum tampil maksimal pada putaran pertama. Lizio dan Dzhalilov tercatat hanya membukukan satu gol.




Baca Juga :
- Persipura Sudah Pelajari Permainan Arema saat Kalah 2-6 dari PSM di Makassar
- Persib Bandung Hentikan Dua Rapor Buruk Sekaligus




Sebagai gantinya Persebaya mendatangkan satu pemain asing tambahan, Diogo Campos. Penyerang asal Brasil itu sebelumnya bermain bersama Kalteng Putra. Dengan Laskar Isen Mulang, Campos tercatat sudah membukukan tiga gol serta enam assist.

Dengan bergabungnya Campos ini memambah kental aroma Brasil di tubuh tim Persebaya. Sebelumnya sudah ada David da Silva serta Otavio Dutra. Hanya, saja Dutra segera menjadi WNI tahun 2019 ini. Sementara satu pemain asing lainnya di Persebaya adalah Aryn Williams dari Australia dan menjadi pemain asing dengan kuota asal Asia.


Baca Juga :
- Milomir Seslija Menyebut Dua Alasan Arema Kalak Telak dari PSM
- Hadapi Persebaya, Bukan Sekadar Misi Balas Dendam bagi Persib


Selasa (17/9) Campos terlihat hadir dalam sesi latihan Persebaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Hanya saja ia tidak langsung bergabung latihan. Campos hanya menyalami pemain untuk sesi perkenalan.

Pemain 28 tahun itu menyatakan alasan tertarik bergabung dengan Persebaya karena merupakan tim yang besar. "Tidak perlu berpikir dua kali. Dan saya akan berusaha membantu tim," ujarnya. Ditanya tentang Dutra dan David, Campos mengaku belum begitu kenal akrab.

Tapi, ia merasa beruntung dengan adanya Dutra dan David karena dianggap akan membantunya dalam proses adaptasi. "Pasti akan bantu, karena mereka sudah lama di sini. Juga karena saya belum bisa Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris juga tidak lancar, pasti dari sisi adaptasi, mereka akan bantu," Campos menambahkan.

Menanggapi kedatangan Campos ini asisten pelatih Persebaya Wolfgang Pikal menegaskan Campos merupakan pemain bagus. "Akhirnya manajemen mampu merekrutnya, dan kami senang. Dia mungkin bisa bermain dalam dua atau tiga posisi berbeda. Kami akan adaptasi taktik dan strategi untuk bantu Campos," ujarnya.

Ditanya kemungkinan Campos dipasang lawan PSIS, Semarang Jumat (20/9) mendatang Pikal belum tahu. Tapi yang pasti tetap akan dibawa. Dengan banyaknya pemain asal Brasil ini, Pikal menganggapnya sebagai sesuatu yang baik. "Sebab komunikasi antarmereka pasti lancar. Bahasa Portugis dan budaya sama. Saya rasa itu bagus," ujar Pikal.

Sementara mengenai alasan pencoretan Lizio dan Dzhalilov, Pikal menambahkan sebenarnya keduanya adalah pemain bagus. Hanya saja statistik menunjukkan kurang produktif. “Dzhalilov bermain untuk timnas Tajikistan. Oktober ini dia padat agenda FIFA. Satu bulan tidak ada untuk tim," ucapnya.*M.Bahrul Marzuki

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id