news
POMNAS
BAPOMI Tunggu Konfirmasi Gubernur DKI dan Menpora
18 September 2019 10:55 WIB
berita
Sejumlah penari berlatih jelang Upacara Pembukaan POMNAS, kemarin.
JAKARTA – Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) DKI Jakarta ingin membuat Upacara Pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI/2019 berlangsung meriah. Untuk itu, budaya Betawi bukan satu-satunya yang ditonjolkan di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Kamis (19/9).

Ketua Umum BAPOMI DKI Jakarta, Achmad Sofyan Hanif, mengatakan bakal menampilkan beragam tarian Indonesia yang berasal dari Aceh hingga Papua. Total ada 819 penari yang akan mereka libatkan. Ini membuktikan kalau POMNAS adalah milik masyarakat Indonesia.




Baca Juga :
- Awalnya Berjalan Tentram, Kongres KOI Bersifat Tertutup dan Sempat Ricuh
- Harapan Erick Thohir untuk Raja Sapta Oktohari dan Regenerasi KOI




Bukan hanya untuk Jakarta yang kali ini dipercaya sebagai penyelenggara. Sofyan menuturkan, ajang ini bisa jadi simbol kalau seluruh provinsi yang tampil siap berkompetisi tanpa melupakan unsur fair play. Ya, nilai-nilai luhur tak boleh dilupakan meski mereka akan bersaing.

“Soal jenis-jenis tarinya, lihat saja nanti. Intinya akan ada kejutan. Tarian khas Jakarta juga pasti akan dipertontonkan. Juga budaya lain seperti ondel-ondel akan muncul dalam upacara pembukaan,” ujar Sofyan saat ditemui di sela-sela gladiresik upacara pembukaan, Selasa (17/9).


Baca Juga :
- Raja Sapta Oktohari Terpilih Sebagai Ketua KOI Secara Aklamasi
- Komitmen Pemerintah Jelang SEA Games Belum Sebesar di Asian Games


Lebih lanjut, Sofyan menambahkan, musik orkestra juga bakal ditampilkan dalam upacara pembukaan. Lagu-lagu bernuansa lokal maupun perjuangan bakal berkumandang di Stadion Soemantri hingga atlet maupun ofisial yang datang bakal merasakan suasana syahdu.

Tamu-tamu penting dijadwalkan hadir dalam Upacara Pembukaan POMNAS 2019 seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Kedua sosok tersebut bakal memberikan sambutan dihadapan peserta ajang ini.

Tapi, Sofyan menuturkan pihaknya masih menunggu konfirmasi kehadiran Anies dan Imam. “Kami masih terus melakukan rapat dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta soal kedatangan Pak Gubernur. Tentu, kami mengharapkan kehadiran beliau,” katanya.

Namun, Gubernur sudah memastikan akan menyambut para peserta POMNAS dalam welcome dinner di Balai Agung, Balai Kota, Rabu (18/9). BAPOMI berharap momen itu dapat memotivasi atlet yang akan berlaga di POMNAS. “Sebelum pembukaan ada acara penyambutan di Balai Kota,” tutur Sofyan.

Untuk diketahui, masyarakat bebas menyaksikan Upacara Pembukaan POMNAS 2019. Dengan kata lain, panitia tidak akan memberlakukan sistem ticketing dalam seremoni yang berlangsung besok malam itu. Sofyan pun berharap, Stadion Soemantri akan dipadati penonton. 

“Untuk orang-orang yang kebetulan sedang berada di kawasan Plaza Festival, boleh memasuki Stadion Soemantri untuk menyaksikan upacara pembukaan. Mereka bisa menikmati hiburan-hiburan yang kami sajikan,” Sofyan mengungkapkan.

Terkait defile, Sofyan menyatakan, setiap kontingen diwajibkan menyertakan 50 orang. Namun, tidak harus atlet karena beberapa dari mereka mungkin difokuskan menghadapi pertandingan. Untuk itu, bisa dikombinasi dengan ofisial.

“Jadi, yang jadwal pertandingannya padat, mungkin bisa beristirahat. Tidak banyak kok yang kami minta (untuk hadir), melainkan hanya 50 orang per kontingen. Kami rasa ini sudah cukup (meramaikan upacara pembukaan),” ia menambahkan.*KRISNA C. DHANESWARA

L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati