LIGA CHAMPIONS
Menanti Duel Sengit Felix versus De Ligt
18 September 2019 14:00 WIB
berita
Joao Felix merupakan salah satu penyerang belia Eropa milik Atletico Madrid.-Topskor.id/AFP-
TURIN – Duel Grup D Liga Champions dibuka partai bergengsi antara Atletico Madrid versus Juventus FC. Di Estadio Wanda Metropolitano, Rabu (18/9) atau Kamis dini hari WIB, sederet bintang kelas dunia akan adu kemampuan demi meraih tiga poin penting. Salah satu elemen yang bakal mencuri perhatian adalah Generasi ’99: Joao Felix melawan Matthijs De Ligt.

Dua pemuda tersebut mewakili masa depan sepak bola Eropa, bersinar paling cemerlang sejak musim lalu. Harga transfer selangit yang disematkan di pundak mereka adalah bukti. Felix ditebus Atletico dari SL Benfica dengan nilai 127 juta euro, menjadikannya pesepak bola Portugal termahal dalam sejarah. Sedangkan De Ligt menolak tawaran banyak klub raksasa demi bergabung dengan Juve seharga 75 juta euro plus bonus.




Baca Juga :
- Winger Argentina Ini Jadi Salah Satu Pengganti MCN
- Guardiola: Manchester City Belum Siap Memenangkan Liga Champions




Tentu saja gelontoran euro selaras dengan kemampuan pemain. Felix sudah menyatu dengan skuat Atletico sejak pramusim: tampil cemerlang saat membantai Real Madrid CF dalam turnamen persahabatan, kemudian mengemas satu gol dan satu assist di La Liga. Di sisi lain, De Ligt mulai mengukuhkan diri sebagai bek utama Juve pasca cedera Giorgio Chiellini, terus meningkat meski sempat dikritik saat melawan SSC Napoli di Seri A.

Di belakang layar, ada agen super mewakili dua talenta ini. Jorge Mendes sudah mengurus keperluan Felix sejak pemain berusia 16 tahun, tahu bagaimana mengarahkan kliennya menuju sukses. Sementara De Ligt bekerja sama dengan Mino Raiola, dalam waktu singkat mampu memasarkan eks kapten AFC Ajax itu sebagai palang pintu paling menjanjikan. Jika De Ligt akhirnya berlabuh di Turin, itu tak lepas dari campur tangan pria keturuan Belanda-Italia tersebut.


Baca Juga :
- Ronaldo Rekomendasi Juventus Beli Pemain Barcelona Ini
- Update Klasemen Liga Italia Serie A Pekan 8, Minggu Dini Hari WIB


Dalam fase ini, Felix dan De Ligt tetap butuh mentor ideal agar kemampuan berkembang sempurna. Di Atletico, ada Diego Costa yang menuntun Joao. Selain posisi bermain yang dekat di lapangan, striker internasional Spanyol juga kerap memberi masukan di ruang ganti dan sesi latihan. Sedangkan Chiellini adalah anutan bagi De Ligt. Banyak hal yang didapatnya dari kapten Juve, mulai dari personalitas, ketenangan di kotak penalti, sampai memahami karakter lawan.

Pada pertandingan nanti, dua pemain 19 tahun ini bakal sering terlibat duel. Felix dengan pergerakan cerdik, kecepatan, dan tembakan akurat kedua kaki akan coba menebar ancaman di pertahanan Juve. Adalah tugas De Ligt untuk membatasi aksi sang penyerang lewat  ketepatan intervensi, pertarungan fisik, juga kecerdasan menempatkan diri. Siapa yang unggul bakal memberi bantuan besar buat tim dalam meraup poin penuh.

Di liga domestik, akhir pekan kemarin, keduanya tampil mengecewakan. Felix gagal menginspirasi Atletico saat tumbang di markas Real Sociedad, sedangkan De Ligt kerap melakukan kesalahan ddalam laga imbang Juve versus ACF Fiorentina. Inilah yang akan membuat mereka termotivasi untuk bangkit dan memberikan kontribusi maksimal di Wanda Metropolitano.

Gangguan Cedera

Kedua tim berharap menurunkan skuat terbaik di lapangan, tapi sejumlah keraguan masih membayangi. Atletico menunggu perkembangan kondisi Alvaro Morata pasca mengalami masalah di lutut kanan dalam beberapa pekan terakhir. Jika dia tak bisa merumput, posisi striker akan dipercayakan kepada Costa. Begitu juga Thomas Lemar yang hingga kemarin masih berlatih terpisah dari tim. Untungnya, pelatih Diego Simeone sudah bisa menyambut Thomas Partey usai cedera otot, siap mendampingi Saul Niguez dan Koke di lini tengah.

Sementara Juve dipastikan tak diperkuat Douglas Costa yang tumbang di Firenze. Perannya di sayap kanan bakal diberikan kepada Federico Bernardeschi—sosok yang tak sabar membuktikan kemampuan kepada Maurizio Sarri. Miralem Pjanic punya peluang 50-50 untuk berada di lapangan, bisa digantikan Rodrigo Bentancur. Yang melegakan, Danilo Silva mendapat lampu hijau untuk bermain pasca pulih dari kram otot.*** Dari berbagai sumber

 

ATLETICO (4-3-1-2)
13 Oblak; 23 Trippier, 15 Savic, 2 Gimenez, 12 Lodi; 6 Koke, 5 Partey, 8 Saul; 11 Lemar;
9 Morata, 7 Felix;
Cadangan: 1 Adan, 4 Arias, 22 Hermoso, 14 Llorente, 20 Vitolo, 10 Correa, 19 Costa;
Pelatih: Diego Simeone

JUVENTUS (4-3-3)
1 Szczesny; 13 Danilo, 19 Bonucci, 4 De Ligt, 12 Sandro; 6 Khedira, 5 Pjanic, 14 Matuidi; 33 Bernardeschi, 21 Higuain, 7 Ronaldo;
Cadangan: 77 Buffon, 16 Cuadrado, 24 Rugani, 25 Rabiot, 30 Bentancur, 8 Ramsey, 10 Dybala;
Pelatih: Maurizio Sarri

X
Penulis
Xaveria Yunita