news
LIGA INGGRIS
Tottenham Tembus Empat Besar
16 September 2019 14:31 WIB
berita
Dua bintang Tottenham, Son Heung Ming (bawah) dan Erik Lamela berandil membawa timnya menang atas Crystal Palace, akhir pekan lalu./AFP
LONDON - Kemenangan atas Crystal Palace, 4-0, membuat Tottenham Hotspur untuk kali pertama masuk empat besar klasemen Liga Primer musim ini. Menjamu Palace di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu (14/9) malam lalu, pelatih Mauricio Pochettino menyebut hasil tersebut menjadi langkah awal Spurs untuk menemukan kembali konsistensi seperti yang mereka lakukan musim lalu.

Bermain langsung menyerang sejak peluit kick-off dibunyikan, Spurs mampu mencetak keempat gol mereka sebelum babak pertama berakhir. Penyerang asal Korea Selatan, Son Heung Min mencetak dua gol dalam 23 menit bermain. Gol bunuh diri bek Palace, Patrick Van Aanholt membuat Spurs memimpin 3-0. Gelandang serang asal Argentina, Erik Lamela, menutup pesta gol Spurs hanya tiga menit sebelum turun minum.




Baca Juga :
- Rodri Akui Pelatih Man City Pengaruhi Permainannya
- Jadwal Liverpool hingga Akhir Tahun Masih Relatif Mudah




Kemenangan atas Palace membuat peringkat Spurs di klasemen Liga Primer naik enam tingkat dari kesembilan menjadi ketiga. “Performa hari ini membuktikan, ketika mampu fokus dan berkonsentrasi, Anda akan sangat mudah bekerja sama. Kualitas sebagai pemain bagus pun akan terlihat,” ucap Pochettino. “Hasil ini baru langkah pertama. Kami masih harus berkembang banyak dan wajib konsisten.”

Selain Heung Min dan Lamela, performa bagus Spurs saat melawan Palace juga ditunjukkan bek kanan Serge Aurier. Pemain timnas Pantai Gading tersebut berperan atas dua gol Spurs dalam kemenangan terbesar di kandang baru mereka, Stadion Tottenham Hotspur, tersebut.


Baca Juga :
- Van Dijk Miliki Koneksi Khusus dengan Klopp
- Inilah Rahasia Mengapa Bek Sayap Liverpool Mematikan


Sebuah umpan silang dari Aurier salah diantisipasi oleh Van Aanholt sehingga terjadi gol bunuh diri. Gol kedua Heung Min – ketiga Spurs – juga terjadi berkat umpan silang terarah dari Aurier.

“Fokus dan konsentrasi Aurier di babak pertama sungguh fantastis. Kini, ia tinggal menunjukkan konsistensi. Itulah kunci permainan tium kami. Bukan hanya Aurier tetapi semua pemain,” ucap Pochettino.

Aurier baru saja sembuh dari cedera tangan yang dialami ketika membela Pantai Gading di Piala Afrika 2019 Mesir, 21 Juni – 19 Juli lalu. Pertandingan melawan Palace menjadi laga pertama Aurier di Liga Primer musim ini sekaligus posisi starter pertama sejak Februari lalu.

Kondisi terakhirlah yang membuatnya hampir pindah pada musim panas lalu. Tetapi, bila mampu mempertahankan performa seperti saat melawan Palace, rasanya akan sulit menggeser posisi Aurier sebagai bek kanan Spurs.

Di posisi bek kanan, Aurier sejatinya bersaing dengan Kyle Walker-Peters dan Juan Foyth. Menariknya, dalam sebuah wawancara di Prancis, mantan bek Paris Saint Germain (PSG) itu menyebut “tidak ada persaingan” berarti untuk posisi bek kanan di Spurs.

“Saya tidak pernah melihat atau membaca pernyataan Aurier tersebut,” ucap Pochettino. “Yang pasti, Anda tahu, setiap yang saya bicarakan dengannya (Aurier) semua selalu jelas. Jika ingin mendapat tempat utama, Aurier – dan pemain lain – harus mampu konsisten tidak hanya di satu atau dua laga. Mereka pun harus mampu berkonsentrasi dan fokus pada pertandingan dari awal hingga peluit akhir.”*TRI CAHYO NUGROHO

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news