LIGA INGGRIS
Lawan-lawan Man. United Takkan Takut Mendapat Penalti
13 September 2019 12:36 WIB
berita
Kegagalan Paul Pogba mencetak gol lewat titik putih saat MU ditahan Wolves, 1-1, menambah panjang catatan buruk Setan Merah dalam penalti di Liga Primer.
MANCHESTER - Lawan-lawan Manchester United (MU) FC di Liga Primer 2019/20 mungkin takkan takut lagi menjegal pemain Setan Merah yang masuk kotak penalti mereka. MU ternyata memiliki rekor sangat buruk dalam mengambil tendangan penalti.

Dari empat pertandingan liga musim ini, Setan Merah sudah mendapatkan tiga penalti. Namun, hanya satu yang berhasil menjadi gol. Itu terjadi saat Marcus Rashford mengawali pesta gol MU ke gawang Chelsea FC, 4-0, pada laga pertama Liga Primer, 11 Agustus lalu.




Baca Juga :
- Update Klasemen Liga Primer Inggris, Senin Dini Hari WIB
- Susunan Pemain Manchester United vs Liverpool




Sepekan kemudian, Paul Pogba berkesempatan membawa MU menang di kandang Wolverhampton Wanderers FC. Tetapi, tembakan gelandang timnas Prancis itu mampu ditepis kiper Rui Patricio. MU pun pulang dengan skor imbang, 1-1.

Mendapat tiga penalti dalam tiga laga beruntun namun hanya satu yang masuk, jelas statistik yang miris bagi tim sebesar Setan Merah. Pogba dan Rashford pun menambah daftar panjang kegagalan pemain MU dalam mengeksekusi penalti dalam satu dekade terakhir Liga Primer.


Baca Juga :
- 5 Momen Terbaik Manchester United Saat Hadapi Liverpool
- Atletico Bersiap Membawa Mantan Bintang Barcelona


Dalam periode itu, MU mendapat 58 kesempatan penalti. Tetapi, hanya 41 yang berhasil. Dengan begitu, rasio keberhasilan penalti Setan Merah hanya 70,7 persen. Angka itu menjadi terburuk kedua di antara 20 klub di Liga Primer musim ini.

Selain Pogba dan Rashford, ada beberapa pemain yang harus bertanggung jawab. Sebut saja Wayne Rooney yang lima kali gagal penalti. Begitu juga dengan Robin Van Persie, Zlatan Ibrahimovic, hingga Romelu Lukaku yang juga pernah gagal.

Dengan rasio keberhasilan penalti hanya 70,7 persen, di antara klub-klub Liga Primer musim ini, MU hanya unggul dari Norwich City FC. Juara Championship (Divisi Dua Inggris) musim lalu itu hanya mencetak 27 gol dari 43 penalti. Rasio keberhasilan penalti The Canaries pun hanya 62,8 persen.

Di antara klub-klub The Big Six Liga Primer, Manchester City FC jadi yang tertinggi. Rasionya mencapai 79,4 persen (54 gol dari 68 penalti). Selanjutnya, ada Liverpool FC dengan 79,3 persen, diikuti Chelsea 79,2 persen, Tottenham Hotspur FC dengan 78,3 persen, dan Arsenal FC di angka 74,4 persen.

Dari 20 klub Liga Primer saat ini, West Ham United FC jadi tim terbaik dalam urusan mencetak gol dari titik putih. Mereka mampu melesakkan 35 gol dari 40 penalti yang berarti rasio keberhasilan mencapai 87,5 persen.

Untuk seluruh divisi di Inggris, Sunderland AFC yang paling teratas. Rasionya keberhasilan penalti The Black Cats mencapai 92,9 persen dengan 39 gol dari 42 kesempatan. Bahkan, klub yang bermain di League One – Divisi Tiga Inggris – itu dalam 10 tahun terakhir sukses mencetak gol lewat 26 penalti secara beruntun.

Sabtu (14/9) besok, MU akan menjamu Leicester City FC di Old Trafford. Jika mendapatkan penalti, bukan mustahil pelatih Ole Gunnar Solskjaer tidak lagi memilih Rashford atau Pogba untuk mengambil penalti.*CHOIRUL HUDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho