LIGA 1
Skuat Tira Persikabo Belum Komplet jelang hadapi Persib
12 September 2019 15:56 WIB
berita
Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan/Foto: Ady Sesotya
BOGOR – Tira Persikabo tidak mau memandang remeh Persib Bandung. Apalagi meyakini bakal menang saat menjamu Maung Bandung Sabtu (14/9) di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Laskar Pajajaran justru mewaspadai kebangkitan Maung Bandung pada laga perdana putran kedua Liga 1 2019 itu.

"Persib tampil impresif dalam laga terakhirnya (menang atas PSS Sleman). Berbeda dengan kami yang dua laga terakhir menunjukkan tren penurunan prestasi. Meski main di kandang, tidak mudah meladeni tim yang sedang menanjak performanya. Saya respek kepada Persib," kata pelatih Tira, Rahmad Darmawan, Rabu (11/9).




Baca Juga :
- Hasil Liga 1 2019, Jumat 18 Oktober, Bali United Dibantai 6 Gol, Persib Menang
- Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019, Jumat 18 Oktober




Banyak pemain Laskar Pajajaran hijrah sementara ke timnas senior dan U-23. Termasuk Khurshed Beknazarov yang juga dipanggil timnas Tajikistan. Kondisi itu tentunya menggerus kekuatan anak asuh RD, sapaan akrabnya, saat menjamu Persib.

"Semoga absennya mereka tidak lagi melemahkan tim hingga kami bisa kembali ke jalur kemenangan dan mengembalikan kekuatan Tira," ujar RD. Karena itu, dalam sisa waktu yang ada jelang pertandingan, pelatih asal Lam pung ini akan terus menggenjot permainan anak asuhnya.


Baca Juga :
- Hadapi Persebaya, Bukan Sekadar Misi Balas Dendam bagi Persib
- Pikal: Melawan Persib Bukan Ajang Coba-coba Pemain Muda


Agar bisa tampil kompetitif, kendati harus tampil tanpa sederet pemain terbaik yang sibuk dengan agenda timnas. "Pemain yang tergabung di timnas senior besok (Kamis ini) sudah bergabung. Soal kondisi mereka saya belum tahu. Jadi belum ada garansi mereka bakal tampil saat melawan Persib," ujar RD kepada TopSkor lewat sambungan telepon.

Di kubu tim tamu, secara teknis Persib sudah 90 persen siap mengarungi putaran kedua. Namun bagi pelatih Robert Rene Alberts,  tidak cukup hanya kesiapan dari sisi teknis. Kesiapan nonteknis pun sangat dibutuhkan untuk mendukung prestasi Maung Bandung, apalagi putaran kedua dipastikan lebih berat dibanding pertama.

"Yang saya maksud adalah sisi kebersamaan dalam tim. Semuanya juga harus bersatu dan mendukung penuh untuk kemajuan tim ini," ujar Robert. Menurutnya,  perjuangan Persib akan banyak menemui batu ujian. Menurut pelatih 64 tahun itu dengan dukungan semua pihak akan terasa sangat mudah melewatinya.

Termasuk saat tandang ke markas Tira Persikabo. “Lupakan semua yang sudah kami lalui. Saatnya sekarang melihat prospek ke depan karena Persib sudah jauh berbeda. Kami memiliki peluang besar pada putaran kedua nanti," ucapnya.

Selain itu, Robert menambahkan, tanpa kerja keras tidak akan mungkin bisa mengejar prestasi. "Tapi saya yakin masalah keras pemain sudah melakukannya,  kerja keras pemain selama persiapan sudah terlihat jelas,  jadi saya tidak meragukan tim ini saat nanti tampil di putaran kedua, " katanya.

Sementara itu, ribuan bobotoh siap memberi dukungan langsung kepada Supardi Nasir dan kawan-kawan saat dijamu Tira Persikabo di Stadion Pakansari. Puluhan mobil pribadi dan bus siap mengangkut mereka untuk membirukan Pakansari.

"Ada beberapa bus yang sudah kami carter menuju Cibinong. Kami mungkin akan berangkat sama-sama dari Bandung, "  kata Rudi  bobotoh asal  Pasirluyu,  Bandung. Rudi menegaskan,  kedatangannya bersama bobotoh tidak lebih dari wujud dukungan penuh untuk memotivasi  para idolanya.

Beberapa titik rombongan  yang akan bergerak menuju Cibinong, di antaranya, bobotoh dari Ciroyom, Kopo,  Ciwastra serta dari Bale Endah. "Kami berharap  dengan dukungan tersebut setidaknya akan memotivasi para pemain bahwa mereka tetap bersama kita,  dan kita tetap ada untuk Persib," ujar Yadi,  bobotoh asal Kopo.*Dani Wihara/Arief NK

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id