LIGA ITALIA
Allianz Stadium Tambang Uang Juve
12 September 2019 13:58 WIB
berita
Allianz Stadium merayakan ulang tahun kedelapan pada 11 September kemarin.-Topskor.id/istimewa-
MEMILIKI stadion sendiri merupakan impian keluarga Agnelli sejak lama. Keinginan itu terwujud pada 11 September 2011. Klub telah berinvestasi sebesar 155 juta euro untuk Juventus Stadium: 60 juta euro didapat dari Credito Sportivo, 42 juta euro dari Sportfive untuk hak penamaan, 20 juta euro dari Nordiconad untuk ruang komersial, selebihnya dari kas sendiri dan kredit bank.

Dulu markas baru Juventus FC itu dinilai sebagai yang terbaik dari segi suasana, tapi sangat sulit untuk dijangkau. Banyak yang skeptis tribune akan penuh. Lebih dari 2.900 hari, keraguan mulai berkurang. Stadium tetap menjadi stadion terbaik di Seri A dan memberikan pengaruh penting dalam neraca klub.




Baca Juga :
- Ronaldo Rekomendasi Juventus Beli Pemain Barcelona Ini
- Update Klasemen Liga Italia Serie A Pekan 8, Minggu Dini Hari WIB




I Bianconeri musim 2010/11, tahun terakhir menggunakan Stadion Olimpico, mendapat pemasukan sebesar 11,6 juta euro (sekira Rp179,9 miliar). Berangsur jumlahnya terus mengalami peningkatan sehingga kini menjadi salah satu tambang uang bagi Juve.

Berdasarkan laporan Deloitte,  hingga pertengahan musim 2018/19, pendapatan dari stadion mencapai 51,2 juta euro. Tapi itu bukan angka final, ada potensi menyamai torehan sebelumnya, 57,8 juta euro. Meski tidak ada apa-apanya ketika melihat penghasilan klub raksasa seperti Barcelona dan Real Madrid yang tembus 140 juta euro, di Italia, jumlah itu adalah rekor.


Baca Juga :
- Sarri Ragu dengan Posisi Bernardeschi
- Jadwal Pertandingan Liga Italia Serie A Pekan 8, Sabtu-Senin 19-21 Oktober 2019


Arena yang kini bernama Allianz Stadium itu menjadi magnet turis di Turin. Paket tur ke museum, lapangan dan ruang ganti selalu ramai dipesan setiap hari. Animo tinggi membuat klub bekerja keras untuk mengembangkan stadion, dari sisi pelayanan dan keamanan.

Untuk pelayanan, para penonton yang membayar lebih mahal bisa melihat pertandingan di Legends Club, dengan layanan meja dan kursi yang lebih nyaman. Sebelum pertandingan pada malam hari, permainan lampu akan menciptakan efek tertentu. Sedangkan dari segi keamanan: Stadium telah dilengkapi dengan 16 kamera baru, CCTV yang ditujukan untuk merekam dan mencegah sikap yang tidak tepat dari tifosi dan mencari orang yang bertanggung jawab.

Ada harga tentu ada rupa. Konseskuensi pemutakhiran fasilitas adalah kenaikan harga tiket terusan. Jika pada musim 2011/12, tiket terusan ada di kisaran 275-800 euro. Sekarang harganya naik tiga kali lipat, antara 650 sampai 2.370 euro. Keputusan klub itu awalnya mendapat tentangan tifosi. Tapi pada akhirnya, loyalitas dan cinta kepada Si Nyonya Tua yang berbicara.

Persentase kehadiran penonton lebih dari 90 persen. Pada musim panas ini, 95 persen tiket langganan diperpanjang sehingga Juve tidak membuka abonemen baru. Rekor pendapatan dicatatkan dua kali berturut-turut di awal 2019: laga Juve-Atletico Madrid dan Juve-Ajax (lebih dari 5 juta euro untuk satu pertandingan saja).

Presiden Andrea Agnelli dalam rapat, Oktober 2018, menekankan bahwa perluasan Stadium, mungkin dengan cincin baru. Stadium akan tetap sama, tidak jauh dari Continassa, tempat latihan tim Juve, dari J Hotel, dari toko Area 12.* Dari berbagai sumber

X
Penulis
Xaveria Yunita