news
LIGA SPANYOL
Garitano “Menyulap” Bilbao
11 September 2019 13:55 WIB
berita
Gaizka Garitano, pelatih Bilbao yang berhasil mengubah pemampilan tim.-Topskor/Ist
BILBAO – Keberadaan Gaizka Garitano di kursi kepelatihan Athletic Bilbao sejak Desember 2018 telah memberikan dampak positif dalam tim. Ia mampu menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tim yang gagal dikerjakan Eduardo Berizzo, pelatih sebelumnya. Salah satu yang paling diingat adalah ketika ia sukses menyelamatkan Bilbao dari zona degradasi.

Kompetisi 2018/19 memang jadi salah satu musim tersulit yang pernah dijalani Bilbao. Tim berjulukan Los Leones ini tak mengawali LaLiga dengan baik. Mereka hanya mengumpulkan 11 poin dalam 14 jornada pertama, dengan cuma 14 gol. Bersama Berizzo, mereka telah kehilangan 24 poin. Hal tersebut sempat menimbulkan kekhawatiran yang luar biasa tentang masa depan Bilbao.




Baca Juga :
- Mencari Pendamping Paling Pas untuk Messi-Suarez
- Untung-Rugi Kembalinya Enrique




Namun semuanya berubah ketika Garitano datang. Pelatih berusia 49 tahun tersebut bergabung dengan membawa ide serta gagasan yang mudah dipahami pemain Bilbao. Garitano memodifikasi beberapa aspek taktis tim, terutama memperkuat pertahanan.

Dia ingin Bilbao memiliki lini belakang kokoh dan solid. Efeknya pun langsung terasa, Los Leones keluar dari zona merah dan bahkan menyelasaikan musim dengan nyaris lolos ke Liga Europa. Di musim keduanya ini, Garitano punya harapan besar bagi Bilbao. Kerja bagusnya musim lalu berlanjut dengan start gemilang pada 2019/20 ini.


Baca Juga :
- ​​​​​​​“Musuh” James Kembali
- Man. City Serius Mengejar Winger Muenchen Ini


Total kini ia telah menambahkan 60 persen poin dalam 27 pertandingan La Liga yang telah dimainkan dari kampanye musim lalu hingga sekarang. Artinya, ia telah memperoleh 49 dari total 81 poin.

Sudah ada 14 pertandingan yang dimenangkan oleh Bilbao, sementara sisanya berakhir dengan satu imbang dan enam  kekalahan. Bersama Garitano, Los Leones mencetak 31 gol dan kebobolan 23 kali. Ini menunjukkan dirinya telah memberikan perubahan pada Bilbao.

Dari 24 laga yang dimainkan Bilbao sejak periode antara Desember tahun lalu hingga Mei 2019, Garitano mencatatkan statistik impresif. Bilbao asuhannya memetik 12 kemenangan serta imbang dan kalah masing-masing enam kali. Dengan demikian, artinya setengah di antaranya berakhir dengan kemenangan bagi Bilbao.

Kegemilangan tersebut berlanjut pada awal musim ini. Dalam tiga pertandingan Garitano mengantarkan Bilbao meraih dua kemenangan dan satu imbang dari tiga pertandingan. Artinya ada tujuh poin (78 persen) yang didapatkan. Serta Los Leones juga hanya kebobolan satu kali dan mampu mencetak empat gol.

Dua kemenangan melawan FC Barcelona (1-0) dan Real Sociedad (2-0) serta imbang dari Getafe CF (1-1) merupakan hasil-hasil yang telah mereka petik musim ini. Lebih dari itu, Garitano juga berhasil mempertahankan keangkeran San Mames, kandang Bilba. Hampir satu tahun Bilbao tak merasakan kekalahan di kandang saat menjalani pertandingan La Liga. Ada 34 poin dari total 49 yang dicatat Garitano berasal dari laga di San Mames.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news