INFOGRAFIS
Rapor Robert Moreno Sebagai Pelatih Timnas Spanyol
10 September 2019 10:41 WIB
berita
GIJON – Tim nasional Spanyol menutup kualifikasi Piala Eropa 2020 di Grup F pada September ini dengan sangat memuaskan. Setelah menundukkan Rumania (2-1), mereka menghajar Kepulauan Faroe dengan skor telak 4-0 di Stadion El Molinon, Minggu (8/9). Itu menjadi kemenangan keenam beruntun Spanyol alias tak terkalahkan hingga saat ini. Itu artinya, pelatih Spanyol, Robert Moreno sukses meneruskan kinerja pendahulunya, Luis Enrique.

Dengan tambahan tiga angka, maka Spanyol kini mengumpulkan 18 poin, terpaut tujuh angka dengan Swedia yang berada di peringkat kedua (11 poin). Hasil sempurna ini juga praktis semakin mendekatkan Spanyol untuk segera lolos ke Piala Eropa 2020. La Roja hanya butuh dua kemenangan untuk bisa melaju ke turnamen tersebut. Kepastian itu kemungkinan bisa didapat pada Oktober mendatang.


Baca Juga :
- Kejutan! Bintang NBA Bawa Spanyol Juara Piala Dunia Basket
- Timnas U-16 Filipina Beri Pelajaran Kepulauan Mariana Utara 7-0




“Saya sangat puas. Dalam satu pekan kami mengganti sistem dengan baik. Pekan ini berjalan dengan sempurna, karena Norwegia dan Swedia berakhir imbang. Saya sangat senang dengan semua pemain di skuat,” ujar Moreno setelah pertandingan.

Juru taktik berusia 41 tahun tersebut memang melakukan perubahan besar-besaran saat menghadapi Kepulauan Faroe. Dia mengganti sembilan pemain dari tim yang berhasil mengalahkan Rumania. Hanya Sergio Ramos dan Rodrigo Moreno yang tetap dimainkan di laga Minggu itu.


Baca Juga :
- Jadwal Pertandingan La Liga Spanyol Pekan Keempat, Sabtu-Senin 14-16 September 2019
- Timnas UEA Kalahkan Malaysia, Bert van Marwijk Singgung Indonesia


Sejak awal, Moreno memang sudah menegaskan akan banyak melakukan rotasi karena dia percaya dengan setiap pemain yang dimilikinya. Tidak ada tim utama maupun pengganti, semua levelnya sama. Seperti yang dilakukan pelatih gaek Spanyol, Luis Aragones, Moreno pun memberikan kesempatan pemain masa depan Spanyol untuk beraksi.

Beberapa di antaranya merupakan protagonis di timnas U-21 saat memenangkan Kejuaraan Eropa 2019. Melawan Rumania, dia memainkan Dani Ceballos, Fabian Ruiz, dan Mikel Oyarzabal dari cadangan. Menghadapi Faroe, striker Real Sociedad itu tampil sebagai starter begitu juga Rodri. Di bangku cadangan, juga masih ada Unai Nunez. Ia melakukan debut dalam pertandingan ini dengan menggantikan Sergio Ramos di menit ke-84.

Mereka semua berkontribusi dalam kemenangan 4-0 Spanyol atas Kepualauan Faroe. Paco Alcacer dan Rodrigo mencetak masing-masing dua gol hari itu. “Sangat istimewa memiliki Alcacer, ia sangat bagus di area depan. Tetapi Rodrigo juga mencetak dua gol. Saya senang karena mereka berhasil. Alcacer meningkatkan sisi persaingan,” tutur Moreno.

David de Gea pun kembali mendapat kesempatan setelah dalam empat laga sebelumnya selalu dilewati Kepa Arizabalaga. Kiper Manchester United tersebut bahkan melakukan dua penyelamatan gemilang.***

T
Penulis
TSM
news