news
MOTOGP
Oliveira Bikin Tech3 Pusing
10 September 2019 15:02 WIB
berita
Pembalap Tim Red Bull KTM Tech3, Miguel Oliveira, tampak di paddock jelang persiapan turun di sebuah lomba. Cedera bahu dikhawatirkan bisa memaksanya absen di dua lomba ke depan.
MISANO – Kondisi tak menentu Miguel Oliveira membuat bos Tim Red Bull KTM Tech3 Herve Poncharal pusing. Menjelang putaran ke-13 MotoGP 2019, di Sirkuit Misano, San Marino, Minggu (15/9), Oliveira belum sepenuhnya bugar dari cedera bahu kanan yang dialaminya di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 1 September lalu.

Cedera bahu Oliveira disebabkan benturan keras karena tersenggol Johann Zarco yang terjatuh saat mencoba menyalipnya dari sisi dalam. Dokter pun mendiagnosis Oliveira mengalami kerusakan pada otot tendon. Ketika tes di Sirkuit Misano, pekan lalu, ia pun memilih tidak melanjutkan karena bahunya masih terasa sakit.




Baca Juga :
- MotoGP Putaran Terakhir, Perpisahan Jorge Lorenzo
- Juara Empat Musim Beruntun, Marquez Berbagi Rahasia




“Kami tiba di Misano dengan sedikit kekhawatiran. Miguel tersenggol oleh pembalap lain di Silverstone. Setelah insiden itu, awalnya kami menganggap bahwa kondisinya baik-baik saja. Tetapi saat ia tiba di Portugal dan memeriksakan kondisinya, diketahui ada kerusakan pada otot tendon bahu kanannya,” kata Poncharal.

Pemulihan otot tendon yang rusak biasanya membutuhkan waktu dua bulan. Hal itulah yang membuat Poncharal khawatir Oliveira akan melewatkan dua putaran berikutnya, GP San Marino dan di GP Aragon. Tetapi, ia menegaskan masih terus memantau perkembangan kondisi pembalap asal Portugal itu hingga hari perlombaan.


Baca Juga :
- Cuaca Berangin, Sesi Kualifikasi MotoGP Australia Ditunda
- MotoGP Gelar Balapan di Brasil Pada Musim 2022, Lintasan Sedang Dalam Proses Pembangunan


“Ada beberapa kekhawatiran besar mengenai partisipasinya di Misano dan Aragon. Saya berbicara dengan Miguel hampir setiap hari. Dia terlihat sudah lebih baik daripada sebelumnya. Tetapi kami hanya akan tahu bagaimana kondisi sebenarnya ketika dia berada di atas motor sejak latihan bebas pertama di Misano,” ujar Poncharal.

Oliveira saat ini sedang berada di performa terbaiknya. Peningkatan pada musim pertamanya di MotoGP benar-benar terlihat.

“Bagi kami ini seperti sebuah langkah mundur. Sejak kembali dari jeda musim panas, Miguel berkendara lebih baik. Jadi, kami benar-benar berharap ia akan baik-baik saja,” kata Poncharal.

Pembalap 24 tahun itu merasa optimistis kondisinya akan sepenuhnya bugar untuk menghadapi perlombaan di Misano. Sejak tes, ia terus melakukan perawatan dan latihan untuk menguatkan bahunya. Terlebih, Oliveira merasa memiliki kecepatan yang lebih baik dari sebelumnya dan siap meraih hasil terbaik di GP San Marino.

“Saya terus melakukan fisioterapi dan menemui spesialis untuk meningkatkan kondisi fisik. Saya berusaha semaksimal mungkin untuk berada di kondisi 100 persen. Satu yang pasti, cedera ini biasanya membutuhkan waktu lama, tapi saya cukup optimistis soal kondisi diri sendiri. Kami juga sangat termotivasi untuk meraih hasil terbaik di Misano,” kata Oliveira.

Rekan setim Oliveira, Hafizh Syahrin bertekad meraih hasil yang lebih baik dari yang didapatkannya di GP Inggris. “Saya benar-benar siap untuk menghadapi GP San Marino. Kami telah melakoni tes, yang memberikan saya perasaan yang bagus. Rencana kami adalah menekan dengan keras sejak awal dan melaju secepat mungkin di setiap lap,” kata Syahrin.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news