LIGA SPANYOL
Swedia Tetap di Posisi Dua
10 September 2019 13:03 WIB
berita
elandang Norwegia, Martin Odegaard menjadi salah satu pemain paling berbahaya di pertandingan melawan Swedia, Minggu (8/9). –Topskor/Ist
SOLNA – Hasil kurang memuaskan dipetik oleh Norwegia ketika menghadapi Swedia dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup F. Bertanding di Friends Arena, Solna, pada Minggu (8/9) atau Senin dini hari WIB, Norwegia diimbangi oleh Swedia 1-1. Dengan tambahan satu poin, ini praktis menguntungkan bagi Swedia, karena Norwegia gagal menyalip Swedia yang berada di urutan kedua.

Norwegia datang ke Solna dengan mengusung kemenangan agar bisa berada di posisi kedua. Pada menit-menit awal tim besutan Lars Lagerback tersebut sempat mengurung tuan rumah dengan mengontrol permainan. Namun, sayangnya Norwegia hanya bisa membahayakan Swedia melalui aksi dari Martin Odegaard saja.




Baca Juga :
- Sirigu Enggan Geser Donnarumma
- Banyak Pemain Muda Los Blancos Dipanggil Timnas




Setelah sempat dikurung beberapa menit, giliran Swedia yang mengambil inisiatif menyerang. Kristoffer Olsson dan Emil Forsberg mencoba mencari gol pertama untuk Swedia, namun terbentur dengan padatnya lini belakang Norwegia. Forberg sempat nyaris mencetak gol melalui tendangan bebas, tetapi sayang sepakan kerasnya masih melenceng.

Jelang berkahirnya babak pertama, Norwegia akhirnya memecahkan kebuntuan. Melalui skema cantik yang diawali dari sebelah kiri, Johanson yang tanpa kawalan berhasil menceploskan bola ke gawang Swedia yang dikawal oleh Robin Olsen (menit ke-43). Hingga turun minum tak ada gol tambahan yang tercipta.


Baca Juga :
- Kepa Bikin Timnas Spanyol Seri Lawan Norwegia di Menit Terakhir
- Prediksi Estonia Vs Jerman, Panggung Serge Gnabry


Di babak kedua, Swedia tampil agresif. Hasilnya Forsberg mencetak gol penyama pada menit ke-60. Berawal dari kemelut di area penalti, Forsberg yang tanpa penjagaan menerima bola pendek yang berhasil ia konversikan menjadi gol. Pada pertengahan masa kedua, baik Swedia maupun Norwegia sama-sama melakukan jual beli serangan.

Berdasarkan data, bahkan penguasaan bola sama imbang 50 berbabanding 50. Namun hingga pertandingan berakhir  kedua kubu sama-sama tak bisa menambah gol. Dengan hasil imbang ini maka Norwegia gagal menyalip Swedia yang berada di peringkat kedua.

Sementara itu, bintang muda Norwegia, Odegaard menjadi salah satu pemain yang cukup menonjol dalam laga ini. Fullback Swedia, Mikael Lustig bahkan memberikan apresiasi atas apa yang diperlihatkan Odegaard di Friends Arena.

“Odegaard bermain bagus. Sedikit lebih bagus. Saya pikir kami seharusnya bisa memenangkan beberapa duel, tetapi terkadang Anda harus mengakui bahwa tim lawan juga bermain bagus,” ujar Lustig kepada NRK.

Meskipun Swedia berada di urutan kedua, namun peta persaingan untuk memperebutkan posisi runner up masih sengit. Swedia kini memiliki 11 poin, selisih satu dengan Rumania (sepuluh), dan terpaut dua dari Norwegia (sembilan.). Di laga selanjutnya Swedia akan berhadapan dengan lawan yang relatif ringan, yakni Malta (12/10). Sementara Norwegia, akan bertemu dengan Spanyol (12/10).* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

Sorot

Real Sociedad menyumbang dua pemain mudanya dalam laga ini, yakni Aleksander Isak di kubu Swedia dan Martin Odegaard di Norwegia.

D
Penulis
Dini Wulandari