LIGA INTERNASIONAL
Juara Piala Eropa Sabet Tiga Poin Perdana
09 September 2019 13:20 WIB
berita
Gelandang serang timnas Portugal Bernardo Silva (kiri) sukses membawa timnya meraih kemenangan pertama dalam kualifikasi Piala Eropa, Sabtu (7/9).
BELGRADE – Portugal akhirnya merebut kemenangan pertama dalam upaya mempertahankan gelar Piala Eropa. Sabtu (7/9) lalu, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengalahkan tuan rumah Serbia, 4-2, di Belgrade. Kemenangan ini tentu memotivasi skuat arahan pelatih Fernando Santos tersebut setelah pada dua pertandingan di Grup B kualifikasi Piala Eropa 2020 sebelumnya hanya menuai hasil imbang, melawan Ukraina (0-0) dan Serbia (1-1) pada 22 dan 25 Maret lalu.

Dengan lima poin yang telah diraih, Portugal kini ada di peringkat kedua klasemen sementara Grup B. Juara bertahan Piala Eropa (2016) ini berpeluang untuk meneruskan rapor positif tersebut ketika tandang lawan Lituania, Selasa (10/9) besok.




Baca Juga :
- Lionel Messi, Cristiano Ronaldo di Antara 30 Nominen Ballon d'Or 2019
- Rencana Ekspansi Juventus




Kemenangan Portugal atas Serbia tidal terlepas dari sosok gelandang kreatif mereka, Bernardo Silva. Bintang Manchester City tersebut memberikan assist bagi terciptanya gol CR7 pada menit ke-80 atau gol ketiga Seleccao pada laga tersebut. Enam menit kemudian (menit ke-86), Silva mencatatkan namanya sebagai pencetak gol keempat Portugal dalam pertandingan tersebut.

Di sisi lain, gol Ronaldo merupakan gol ke-21 penyerang Juventus tersebut dalam ajang kualifikasi Piala Eropa. Jumlah itu semakin mendekatkan mantan bintang Real Madrid tersebut dengan pencetak gol terbanyak sepanjang masa kualifikasi Piala Eropa, Robbie Keane, yang total menorehkan 23 gol dalam fase ini. Ronaldo kini di posisi kedua dalam daftar tersebut di atas Hakan Sukur (Turki) yang menorehkan 19 gol.


Baca Juga :
- Saya Masih Merasa Berusia 25 Tahun tapi...
- Sirigu Enggan Geser Donnarumma


Bermain dalam pola 4-1-4-1 yang diterapkan Santos saat lawan Serbia, Ronaldo memang sempat kesulitan untuk membobol gawang lawan. Pola tersebut memang menempatkan dua gelandang kreatif: Bruno Fernandes dan William Carvalho. Sedangkan Silva bermain di sayap kanan dan Goncalo Guedes di sayap kiri. Beruntung bagi Ronaldo karena akhirnya dia mampu menambah jumlah golnya bersama timnas berkat peran Silva.

Gol tersebut merupakan gol keempat Silva dari total 37 laga dengan timnas senior Portugal. Tiga gol lainnya diciptakan 25 tahun ini ke gawang Polandia, Oktober tahun lalu. Lalu satu gol ke gawang Selanda Baru dalam Piala Konfederasi 2017, dan satu gol dalam kemenangan 5-0 lawan Gibraltar pada uji coba 2016.*IRFAN SUDRAJAT DARI BERBAGAI SUMBER

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho