TENIS
AS Terbuka, Final ke-10 Serena Sejak 20 Tahun
07 September 2019 16:16 WIB
berita
Serena Williams memenangkan AS Terbuka untuk pertama kalinya pada 1999
NEW YORK - Sudah 20 tahun sejak Serena Williams memenangkan AS Terbuka untuk pertama kalinya. Kini petenis Amerika Serikat itu potensi mengulang era keemasannya. 

Serena Williams akan memainkan final AS Terbuka ke-10 pada Sabtu - 20 tahun sejak pertama kali. Petenis berusia 37 tahun itu akan melangkah di Stadion Arthur Ashe untuk mengejar gelar grand slam ke-24 dan sejarah yang lebih banyak lagi.




Baca Juga :
- Anna Kalinskaya dengan Dingin Menekuk Rekan Senegaranya
- Althaf Ingin Kembali ke Timnas




Williams sekarang ditetapkan sebagai salah satu atlet terhebat sepanjang masa, tetapi bagaimana dia dan dunia tenis wanita terlihat pada September 1999?

Williams memasuki AS Terbuka 1999 ketika berusia 17 tahun. Tetapi dia sudah memainkan empat final Tur WTA dan merupakan unggulan ketujuh.


Baca Juga :
- Tekad Baja Petenis Pulau Madura
- Begini Jadinya Kalau Petenis Nomor 1 Dunia Novak Djokovic Bergelut di Arena Sumo


Kemenangan atas Steffi Graf dalam pertandingan perebutan gelar Indian Wells telah menunjukkan apa yang bisa dia lakukan di panggung besar. Dia memiliki seluruh kemenangan atas 10 pemain top saat tiba di Flushing Meadows.

Williams mengalahkan petenis nomor satu dunia Martina Hingis tiga kali pada tahun 1999, dengan kemenangan ketiga dan terakhir mengamankan gelar tengara di New York.

Laju yang luar biasa telah melihatnya mengalahkan Conchita Martinez, Monica Seles dan juara bertahan Lindsay Davenport.

Nama Williams terkenal di tur pada saat Serena mulai benar-benar membuat gelombang, karena saudari Venus, dua tahun lebih tua darinya, telah mencapai final AS Terbuka pada musim 1997.

Itu adalah final tingkat tur pertama untuk Venus dan dia diremukkan oleh Hingis. Tetapi Venus memenangkan Miami Terbuka dalam beberapa tahun berturut-turut - mengalahkan Serena di final 1999 - dan menang di Internazionali d'Italia sebelum menuju ke AS Terbuka.

Venus harus menunggu sampai Wimbledon tahun 2000 untuk merasakan kemenangan grand slam, namun kalah dari Hingis di semifinal Flushing Meadows 1999 ketika Serena merayakan kemenangan pertama.

Sama seperti biasa pada tahun 2019, gelar-gelar utama didistribusikan secara merata di Tur WTA pada tahun 1999. Hingis menang di Melbourne, Graf menang di Prancis Terbuka dan kemudian Davenport keluar sebagai yang teratas di Wimbledon.

Davenport telah menjadi pemegang gelar di AS Terbuka, juga, hingga Serena menang.

Tetapi kedatangan saudara-saudara Williams menandakan akhir dari masa dominan bagi Hingis, Graf dan Davenport. Yang terakhir ini mengklaim gelar grand slam terakhirnya di Australia Terbuka 2000. Tetapi Hingis tidak memenangkan major tunggal lagi setelah terobosan Serena. Graf pensiun hanya beberapa minggu sebelum AS Terbuka 1999.

Hingis masih menduduki peringkat teratas pada akhir 1999. Tetapi Venus di posisi ketiga dan Serena keempat. Dan ini masih berbulan-bulan sebelum Bianca Andreescu, lawan untuk Serena di New York, bahkan lahir, Sabtu (7/9) atau Minggu dini hari.*
 
 

news
Penulis
Suryansyah