LIGA INTERNASIONAL
Lawan Albania, Prancis Jamin Tiga Poin
07 September 2019 13:10 WIB
berita
Penyerang timnas Prancis Antoine Griezmann (kiri) saat melawan Swedia. Griezmann sudah mencetak dua gol dalam empat laga di Grup H kualifikasi Piala Eropa 2020.
PARIS - Tim nasional Prancis hampir pasti merebut tiga poin saat saat menjamu Albania pada kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion De France, Sabtu (7/9) malam. Selain unggul dari sisi teknis dan materi pemain, Les Blues juga di atas Albania dari sudut psikis. Mereka tidak pernah kalah dalam laga kompetitif di kandangnya dalam enam tahun terakhir.

Sejak dibekap Spanyol, 0-1, pada pra-Piala Dunia di De France pada 26 Maret 2013, Prancis tidak pernah kalah di kandangnya, baik di kualifikasi Piala Dunia maupun Piala Eropa.




Baca Juga :
- Sirigu Enggan Geser Donnarumma
- Les Bleus Tertahan Turki




Dari delapan pertandingan setelah kekelahan dari Spanyol itu, Les Bleus tujuh kali menang dan sekali imbang. Sepanjang itu, mereka mencetak 22 gol (2,75 gol per laga) dan hanya kemasukan tiga.

Karena itu, tidak heran bila Prancis sangat diunggulkan mampu merebut poin penuh atas Albania, Minggu (8/9) dini hari WIB nanti. Prancis wajib memenangi laga malam nanti demi mempertahankan posisi di puncak klasemen Grup H.


Baca Juga :
- UEFA Selidiki Selebrasi Kontroversial Tosun dan Kawan-kawan
- Prediksi Prancis Vs Turki, Sengit di Stade De France


Les Bleus memang masih memimpin dengan mengoleksi sembilan poin dari empat laga pertama. Tapi, tim asuhan Didier Deschamps ini hanya unggul selisih gol atas Turki dan Islandia yang mengantungi nilai sama dari jumlah pertandingan yang sama.

Akhir pekan ini, ketiga tim teratas di Grup H tersebut bakal menghadapi ketiga tim terbawah. Dilihat dari posisi, lawan yang dihadapi Prancis adalah yang terberat karena Albania menempati posisi keempat dengan enam poin. Di pihak lain, Islandia menjamu tim peringkat kelima Moldova. Sementara, Turki ditantang tim juru kunci Andorra.

Prancis juga lima kali menang dan hanya sekali kalah dalam tujuh pertemuan terakhir dengan Albania. Termasuk kemenangan 2-0 pada fase grup Piala Eropa 2016 di Marseille berkat gol-gol yang dicetak Antoine Griezmann dan Dimitri Payet di menit-menit akhir.

Prancis selalu mencetak masing-masing empat gol dalam ketiga laga yang mereka menangi di Grup H lawan Islandia, Moldova, dan Andorra. Les Bleus juga diyakini bisa melanjutkan tren positif tersebut saat menjamu Albania.

Meski begitu, ada sejumlah masalah yang bisa menyulitkan Prancis dalam laga kali ini. Salah satunya adalah cedera yang membekap dua pemain kunci, gelandang Paul Pogba dan mesin gol Kylian Mbappe. Striker utama Olivier Giroud pun menunjukkan performa yang memprihatinkan di klubnya musim ini.

Dari empat laga yang telah dimainkan Chelsea FC di Liga Primer musim ini, Giroud hanya dilibatkan dalam tiga di antaranya dan hanya sekali jadi starter. Dia juga tidak mencetak gol dalam ketiga pertandingan itu.

Tapi, Deschamps mengabaikan fakta tersebut dan tetap memanggil Giroud. “Dia (Giroud) tengah mengalami situasi sulit bersama klubnya. Ini tidak ideal,” katanya. “Tapi, saat bermain bersama kami dia selalu memberikan performa yang bagus. Statistik menunjukkan semua itu.”

Argumen Deschamps sulit dibantah. Dengan 35 gol dalam 91 laga, Giroud merupakan penyumbang gol terbanyak ketiga bagi timnas Prancis sepanjang sejarah. Catatannya hanya kalah dari Thierry Henry (51 gol) dan Michel Platini (41 gol). Di antara para pemain yang masih aktif, hanya Griezmann yang mendekati rekor Giroud dengan 29 gol.

Wajar jika gelandang Blaise Matuidi meyakini kekuatan Prancis tak banyak berkurang terlepas dari absennya beberapa pemain kunci. "Kami beruntung punya skuat yang besar dan sarat pemain berkualitas. Ada beberapa pemain penting yang absen, tapi ada pemain lainnya yang akan menggantikan dan mereka telah membuktikan kemampuan masing-masing. Kami sangat optimistis dengan tim ini dan yakin tetap bisa menang.”***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Siaran Langsung MOLA TV
Minggu (8/9) Pukul 01.45 WIB

PRANCIS – ALBANIA
Stadion: De France
Wasit: Jesus Gil
Prediksi TopSkor: 60-40

PRANCIS 4-2-3-1
Pelatih:
Didier Deschamps

1 Lloris

2 Pavard
4 Varane
5 Umtiti
21 Hernandez

14 Matuidi     
17 Sissoko

10 Ikone
7 Griezmann
11 Coman

9 Giroud

Cadangan: 16 Areola, 3 Digne, 19 Lenglet, 20 Guendouzi, 8 Lemar, 12 Tolisso, 22 Ben Yedder

ALBANIA 3-5-2
Pelatih:
Edoardo Reja

1 Berisha

5 Veseli
6 Ismajli
15 Mavraj

4 Hysaj
22 Abrashi
14 T. Xhaka
9 Memushaj
3 Lenjani

11 Uzuni
19 Balaj

Cadangan: 23 Strakosha, 6 Gjimshiti, 17 Binaku, 21 Roshi, 20 Ramadani, 10 Sadiku, 16 Cikalleshi

Pertemuan Terakhir:
15/06/16       Piala Eropa    Prancis 2-0 Albania
13/06/15       Uji Coba          Albania 1-0 Prancis

 

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho