LIGA INGGRIS
Man. City Dominasi Susunan Starter Terbaik Liga Primer hingga Pekan Keempat
07 September 2019 14:31 WIB
berita
Striker Man. City Sergio Aguero menjadi pemain paling tajam di Liga Primer 2019/20 sejauh ini dengan torehan enam gol dalam empat laga./AFP
MANCHESTER - memasuki jeda internasional pertama musim ini, saatnya menganalisa para pemain yang memperlihatkan keunggulan selama periode awal hingga layak masuk dalam skuat terbaik Power Rangking Liga Primer 2019/20. Hasilnya, Manchester City FC dan Liverpool FC menguasai hampir setengah dari daftar starting XI yang ada.

Walau cukup mengejutkan, faktanya, tak ada wakil dari Tottenham Hotspur FC, Arsenal FC, atau Manchester United FC (MU). Yang menarik, empat pemain dari klub-klub di luar The Big Six (enam besar) justru mampu menembus daftar skuat terbaik hingga pekan keempat. Berikut data yang dipersiapkan Sky Sport News.




Baca Juga :
- Manchester City Permalukan Crystal Palace di Kandang
- Susunan Pemain Crystal Palace vs Manchester City




Pelatih: Josep Guardiola – Man. City

Sejak awal, ini merupakan perlombaan dua pelatih teratas di Liga Primer musim ini, dan statistik mendukungnya. Meskipun saat ini Liverpool memimpin dua poin atas sang juara, City sebenarnya telah menambahkan lebih banyak poin pada Power Rangking - artinya pemilihan skuat XI dari Josep Guardiola jauh lebih unggul.


Baca Juga :
- Crystal Palace Bisa Jadi Sandungan Man. City
- Man. City Punya Kelemahan yang Bisa Dieksploitasi Tim Medioker


Kiper : Ederson Moraes – Man. City

Penjaga gawang City, Ederson mengklaim tempatnya di bawah mistar, bersama dengan Jordan Pickford (Everton) dan Vicente Guaita (Crystal Palace) dengan dua aksi clean sheet, tertinggi di liga. Namun, Ederson, kiper internasional Brasil itu melakukan lebih banyak penyelamatan daripada dua rekannya itu, sebanyak 10 aksi hingga saat ini.

Bahkan, aksi penyelamatan dan distribusi bola yang lebih unggul itu menyegel tempat starter Ederson, meskipun sudah kemasukan tiga gol - satu lebih banyak dari Guaita.

Bek: Virgil Van Dijk – Liverpool

Pemain terbaik PFA Footballer musim lalu, Virgil Van Dijk, adalah bek pertama di skuat terbaik. Ini tidak mengejutkan. Yang mengagetkan adalah rekan duetnya, yakni pengganti Harry Maguire di Leicester City FC, Caglar Soyuncu. Bek asal Turki ini berada di urutan ketujuh dari semua pemain untuk umpan-umpan sukses, kedelapan untuk duel udara, dan kesembilan untuk sentuhan.

Pemain The Reds lainnya yang masuk skuat terbaik adalah bek kanan Trent Alexander-Arnold, yang telah mengukir 14 peluang bagi rekan setimnya - lebih banyak daripada pemain bertahan lainnya sejauh ini, tetapi juga diuntungkan dengan mencetak gol dari umpan silang yang salah sasaran.

Kejutan lain adalah masuknya nama bek kiri West Ham, Arthur Masuaku, yang hampir menyingkirkan nama pemain Everton, Lucas Digne, setelah melahirkan assist gol pembuka Sebastien Haller dalam kemenangan 2-0 atas Norwich City akhir pekan lalu.

Gelandang: Kevin De Bruyne – Man. City

Sesuai prediksi: Kevin De Bruyne. Gelandang City asal Belgia ini telah menciptakan 16 peluang, tertinggi di liga, dengan satu gol dan lima assist. Dua tempat tersisa di lini tengah diambil para bintang baru. Pertama, Mason Mount dari Chelsea, yang dipanggil ke timnas Inggris minggu lalu setelah mencetak dua gol untuk The Blues.

Gelandang Aston Villa FC, John McGinn, menyelip di antara para pemain lini tengah untuk merebut tempat terakhir di skuat terbaik, masing-masing mencetak satu gol dan satu assist, selain mencatatkan grafik terbaik dalam sejumlah metrik pertahanan.

Striker: Sergio Aguero – Man. City

Sergio Aguero memuncaki posisi teratas Power Rangking, didukung penampilan yang brilian dalam kemenangan Man. City 4-0 melawan Brighton & Hove Albion FC pekan lalu. Dua golnya untuk sementara menempatkan striker asal Argentina itu di puncak daftar pencetak gol terbanyak (6 gol).

Rekan setimnya, Raheem Sterling menempati peringkat runner-up di grafik musim, tetapi tergelincir di bawah Aguero setelah tiga laga beruntun berakhir di Etihad pada hari Sabtu. Akhirnya, striker Norwich City FC Teemu Pukki melengkapi daftar  terbaik setelah mencetak lima gol dari empat pertandingan pertamanya di Liga Primer.***NURUL IKA HIDAYATI

Starting XI Terbaik Liga Primer 2019/20 sampai Pekan Keempat

Pelatih: Josep Guardiola (Man. City)

Skema: 4-3-3
Ederson (Man. City);
Arnold (Liverpool), Van Dijk (Liverpool), Soyuncu (Leicester), Masuaku (West Ham);
McGinn (Villa), De Bruyne (Man. City), Mount (Chelsea);
Sterling (Man. City), Aguero (Man. City), Pukki (Norwich)
Cadangan:
Guaita (C. Palace),
Schar (Newcastle),
Pereira (Leicester),
Tielemans (Leicester),
James (MU),
Firmino (Liverpool)
Barnes (Burnley) 

 

I
Penulis
I Gede Ardy E