INFOGRAFIS
Sancho Bisa Geser Rashford
07 September 2019 14:20 WIB
berita
Jadon Sancho (kiri) memiliki peluang lebih besar mendapatkan tempat dalam starter timnas Inggris saat lawan Bulgaria, hari ini.
WEMBLEY – Tempat Marcus Rashford sebagai talenta muda asal Inggris yang fantastis mulai tergeser oleh Jadon Sancho. Rashford memang bukan lagi “si anak ajaib” setelah usianya kini sudah 21 tahun. Predikat tersebut saat ini mulai mengarah kepada Sancho, bintang belia yang berusia 19 tahun.

Magnet Sancho memang langsung menarik perhatian setelah penampilannya bersama Borussia Dortmund dalam Bundesliga 2019/20. Ya, baru tiga pekan Bundesliga berjalan, Sancho sudah menorehkan dua gol dan memberikan tiga assist.


Baca Juga :
- Momen Aneh! Pelatih Kosovo Mencak-mencak, tapi Begitu Tahu Masuk TV Langsung Tersenyum
- Penyerang Inggris Ini Lebih Komplet daripada Neymar




Faktor itu pula yang membuatnya kemudian masuk skuat timnas Inggris. Pelatih The Three Lions, Gareth Southgate, menjadikan Sancho dalam deretan penyerangnya bersama kapten Harry Kane, Raheem Sterling, dan Marcus Rashford.

Keempat bintang ini yang akan membawa Inggris meraih kemenangan dalam dua laga kualifikasi Piala Eropa 2020. Dimulai dengan menghadapi Bulgaria, Sabtu (7/9) dan selanjutnya menghadapi timnas Kosovo pada 10 September nanti.


Baca Juga :
- WAWANCARA: Mason Mount, "Beberapa Bulan Ini Terasa Sangat Gila"
- Ceko Tidak Ingin Bergantung kepada Tim Lain


Dengan pola 4-3-3 yang biasa diterapkan Southgate, praktis akan memberikan satu tempat persaingan. Untuk posisi Kane tampaknya tidak akan dapat ditawar karena dia adalah kapten dan penyerang utama The Three Lions. Dengan demikian, satu tempat itu akan diberikan kepada Rashford atau Sancho.

Lalu, dari statistik, apa yang membuat Sancho unggul dibandingkan dengan Rashford. Pertama, performa Sancho sudah terlihat sejak musim lalu bersama Dortmund ketika dirinya mampu memberikan 14 assist di Bundesliga. Plus dengan 12 gol yang dia ciptakan.

“Dia salah satu pemain muda terbaik dan akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” kata rekan setimnya di Dortmund, Paco Alcacer. Di sisi lain, Sancho bukanlah pemain debutan di timnas Inggris karena dia telah tampil dalam enam pertandingan di bawah kepelatihan Southgate.

Karena itu, Sancho memiliki pengalaman terkait laga internasional. Hanya, dia membutuhkan gol. Faktor inilah yang memang menjadi motivasinya setelah mendapatkan pemanggilan untuk dua pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 ini.

Karakteristik Sancho adalah permainan dengan cepat dengan memanfaatkan ruang. Memiliki keberanian dalam melakukan tekanan dan divariasikan dengan kemampuannya dalam memberiakan umpan yang seringkali menjadi assist.

Karakter tersebut akan melengkapi kekuatan Inggris jika dikombinasikan dengan Sterling. Karena itulah, banyak yang menilai bahwa menghadapi Bulgaria, Southgate akan membentuk trio Sterling, Kane, dan Sancho.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat
news