LIGA INGGRIS
Tolak Anggapan Pilih Kasih, Southgate Ungkap Alasan Pemanggilan Lingard
05 September 2019 14:39 WIB
berita
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate (kanan) memberikan instruksi kepada gelandang Jesse Lingard./Istimewa
LONDON – Banyak pihak heran Jesse Lingard masuk daftar pemain yang akan dibawa timnas Inggris untuk laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Bulgaria dan Kosovo. Pasalnya, gelandang 26 tahun itu tampil buruk bersama Manchester United FC (MU) musim ini. Ia hanya mampu membantu Setan Merah meraih satu kemenangan dalam empat laga awal Liga Primer 2019/20.

Publik, khususnya suporter Inggris, merasa masih banyak pemain lain yang lebih layak mendapat panggilan. Bahkan, dengan performanya sepanjang musim ini, mantan juru taktik The Three Lions Sam Allardyce meyakini Lingard bisa kehilangan tempatnya sebagai starter di Old Trafford. Namun, meski mengundang kontroversi, pelatih Inggris Gareth Southgate bukan tanpa alasan tetap menyertakan sang pemain.




Baca Juga :
- Ujian Setan Merah Sesungguhnya
- Soal Kane, Tottenham Dapat Tiru Pendekatan Inggris




Menurutnya, MU memang belum tampil maksimal musim ini. Hampir seluruh pemain mereka masih kesulitan memberikan performa terbaik. Selain Lingard, penyerang Marcus Rashford juga dianggap belum optimal meskipun telah menyumbangkan dua gol di Liga Primer. Southgate dan stafnya menilai, kecepatan dan energi Lingard berdampak cukup signifikan bagi skuat Setan Merah dalam beberapa laga.

“Saya pikir, pemain MU, termasuk Jesse (Lingard) masih beradaptasi dengan gaya baru yang ingin diimplementasikan Ole (Solskjaer),” ujar Southgate. “Masuknya Jesse dalam skuat Inggris kali ini tentu bukan tanpa sebab dan pertimbangan. Hal utama adalah karena penampilannya bersama kami selalu impresif.”


Baca Juga :
- Dihujani Rasis dan Penghormatan Nazi, Begini Reaksi Pemain Inggris
- Pep Ingkar Janji, Phil Foden Dianjurkan Tinggalkan City Sebagai Pemain Pinjaman di Bulan Januari


Pelatih 49 tahun tersebut menambahkan bahwa segala aspek perlu dinilai dalam memilih pemain. Bukan hanya dari penampilannya di level klub, tetapi juga performanya selama membela timnas. “Saya tidak ingin kapan dia bermain buruk bersama kami. Saya pun melihat bahwa Jesse masih salah satu gelandang Inggris dengan performa paling stabil sejak musim lalu,” lanjut Southgate.

Lingard memang salah satu pemain langganan The Three Lions sejak Southgate ditunjuk menggantikan Allardyce pada September 2016 lalu. Ia pula yang memberikan debut kepada sang pemain, selang satu bulan kemudian. Sejak itu, Lingard telah mengantongi 24 caps dan menyumbangkan empat gol serta tiga assist. Ia juga menjadi salah satu sosok senior bersama Harry Kane, Jordan Henderson, dan Raheem Sterling.

Debut Tertunda

Di sisi lain, rekan Lingard di MU, Aaron Wan-Bissaka harus kecewa debutnya membela timnas senior Inggris harus tertunda. Pemain 21 tahun tersebut terpaksa dipulangkan dari kamp latihan Inggris, St. George’s Park di London akibat mengalami cedera punggung. Padahal, Southgate ingin melihat kapasitas Wan-Bissaka sebagai bek kanan masa depan The Three Lions.

Kendati demikian, sang pelatih tidak akan memanggil bintang Manchester City FC, Kyle Walker untuk mengisi kekosongan tersebut. Menurut Southgate, saat ini Inggris sudah memiliki opsi yang memadai meskipun ditinggal Wan-Bissaka. The Three Lions memang masih punya Trent Alexander-Arnold (Liverpool FC) serta Kieran Trippier (Atletico Madrid) untuk posisi bek kanan.*        

I
Penulis
I Gede Ardy E