LIGA SPANYOL
Throw-In Senjata Rahasia Bilbao
05 September 2019 14:24 WIB
berita
Para pemain merayakan gol Aritz Aduriz ke gawang Barcelona (pekan pertama) yang berawal dari lemparan ke dalam. Ander Capa jadi spesialis serangan ini.-Topskor/Ist
BILBAO – Banyak kejadian yang terjadi dalam pertandingan sepak bola dan beberapa di antaranya mungkin tak dihiraukan, salah satunya throw-in atau lemparan ke dalam. Namun, bagi Athletic Bilbao hal tersebut justru bisa dijadikan penentu laga. Mereka berhasil memanfaatkan peluang itu menjadi gol, seperti yang terlihat dalam tiga pertandingan awalnya. 

Memaksimalkan throw-in sebenarnya sudah pernah diperkenalkan Benito Floro, pelatih gaek Spanyol. Juru taktik 67 tahun yang pernah mengasuh Villarreal CF dan Real Madrid itu membahas pentingnya lemparan ke dalam di skema serangan sepak bola. Pendapat tersebut sepertinya dipahami dengan baik oleh Gaizka Garitano, pelatih Bilbao saat ini. Dia pun menjadikan throw-in sebagai senjata rahasia di timnya.




Baca Juga :
- Ancaman Angel di Anoeta
- Sengit di Papan Atas di La Liga 2019/20




Sejauh ini taktiknya tersebut berjalan mulus. Real Sociedad merupakan korban terbaru yang merasakan senjata baru tim berjulukan Los Leones tersebut. Pada laga pekan ketiga LaLiga 2019/20 tersebut gol pertama yang dicetak Inaki Williams, dimulai dari lemparan bola yang dilakukan oleh Ander Capa. Gol tersebut menjadi salah satu gol dalam kemenangan dalam derbi Basque (2-0).

Hal yang sama terjadi di pekan sebelumnya, saat melawan Getafe CF (1-1). Diawali dari lemparan Yuri Berchiche yang disambar Williams. Penyerang andalan Bilbao itu lalu melepaskan umpan samping ke kanan Capa. Lalu sang fullback melakukan crossing yang berhasil dikonversikan menjadi gol oleh Raul Garcia.


Baca Juga :
- Respons Fantastis Los Nervionenses
- Update Klasemen La Liga Spanyol, Senin Dini Hari WIB


Di laga jornada pertama, saat Bilbao mempermalukan juara bertahan LaLiga, FC Barcelona pun berasal dari skema ini. Gol spektakluler Aritz Aduriz berawal dari lemparan out yang dilakukan oleh Capa. Pemain berusia 27 tahun tersebut melakukan lemparan dan diterima oleh Williams.

Lalu penyerang asal Spanyol itu dengan cepat mengembalikan bola kepada Capa yang sedang berlari. Setelah mendapatkan bola, Capa melakukan crossing dan disambut dengan sangat baik oleh Aduriz. Gol cantik tersebut tak hanya lahir dari skema apik, tetapi juga berhasil memberikan tiga poin di San Mames.

Skema gol melalu lemparan ke dalam yang dilakukan ketika melawan Barcelona dan Sociedad mungkin lebih direct. Ketika itu, berjalan dengan cepat. Berbeda dengan saat menghadapi Getafe, di mana bola lemparan Yuri harus melewati proses yang rumit.

Capa bisa dibilang merupakan sosok penting dalam senjata rahasia milik Bilbao ini. Dia menjadi pemain yang berperan dalam dua gol hasil lemparan ke dalam. Ketika melawan Barcelona ia terhubung dengan Raul Garcia, serta berada dalam penjagaan Jordi Alba. Namun pergerakannya ketika itu bisa mulus karena Ousmane Dembele lalai dengan tidak memberikan penjagaan kepadanya.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

Angka

4

Dalam tiga pertandingan La Liga yang sudah dimainkan, Athletic Bilbao telah menyarangkan empat gol dan kemasukan satu.

3

Musim ini, Ander Capa telah menyumbang tiga assist dari tiga pertandingan di La Liga bersama Athletic Bilbao.

 

D
Penulis
Dini Wulandari