news
LIGA INTERNASIONAL
Muenchen Melihat Leipzig Penantang Serius Gelar Bundesliga
03 September 2019 14:40 WIB
berita
Bek kanan Muenchen Joshua Kimmich yakin timnya mampu melewati adangan RB Leipzig pada laga Bundesliga setelah jeda internasional.
MUENCHEN - Keberhasilan RB Leipzig menyapu bersih tiga pertandingan awal Bundesliga mendapat perhatian serius dari Joshua Kimmich. Leipzig mengawali Bundesliga dengan kemenangan 4-0 atas tim promosi Union Berlin di kandangnya yang sangat intimidatif. Berikutnya, peringkat ketujuh Bundesliga dan semifinalis Liga Europa musim lalu, Eintracht Frankfurt, dihantam 2-1 saat berkunjung ke Red Bull Arena. Terakhir, mereka menghajar tuan rumah Borussia Moenchengladbach, 3-1.    

Kimmich, bek kanan FC Bayern Muenchen, menegaskan timnya tidak lagi terlalu memikirkan Borussia Dortmund. Kimmich menyebut The Bavarians justru fokus pada RB Leipzig.




Baca Juga :
- Masa Depan Pelatih Man. City Masih Gelap
- Man. City Serius Mengejar Winger Muenchen Ini




Bukan hanya karena Leipzig akan menjadi lawan yang bakal dihadapi Muenchen pada laga pekan keempat Bundesliga di Red Bull Arena, 14 September mendatang. Adalah performa impresif Die Roten Bullen di awal Bundesliga 2019/20 ini.

“Leipzig start sempurna di Bundesliga kali ini dengan memenangi semua pertandingan. Kami sedikit tertinggal di belakang mereka. Namun, kami tidak ingin terlalu lama berada di posisi tersebut,” tutur Kimmich, 24 tahun. “Kami yakin mampu melewati Leipzig di kandang mereka nanti. Duel nanti akan ketat karena Leipzig dalam kondisi terbaik sedangkan kami memburu posisi teratas.”


Baca Juga :
- Buruknya Performa Dortmund Ternyata Disebabkan Hal-hal Ini
- Kapten Frankfurt Terancam Sanksi Berat


Usai pekan kedua, Dortmund masih kokoh di puncak klasemen dengan enam poin. Leipzig menempel di posisi kedua dengan poin yang sama. Adapun Muenchen di peringkat keenam dengan empat poin.

Namun, di pekan ketiga Dortmund secara mengejutkan ditekuk 1-3 oleh Union Berlin. Sementara, Muenchen menghajar FSV Mainz 05, 6-1, dan Leipzig menang di kandang M’Gladbach, 3-1.

“Setelah tiga pertandingan, kami akan menjalani jeda internasional bersama negara masing-masing. Lalu, setelah itu, di benak kami hanya ada Leipzig dan Liga Champions,” ujar Kimmich.

Kehebatan Leipzig seharusnya sudah bisa diantisipasi klub-klub Bundesliga begitu mereka berhasil menggaet pelatih Julian Nagelsmann. Pelatih 32 tahun itu memiliki reputasi bagus saat membawa TSG 1899 Hoffenheim mengakhiri Bundesliga di peringkat keempat pada 2016/17 dan ketiga pada 2017/18.

Musim lalu, Hoffenheim memang hanya finis di posisi kesembilan Bundesliga. Tetapi, hasil tersebut tidak membuat manajemen Leipizig mundur mengejar Nagelsmann. Hasil tiga pertandingan awal Bundesliga menjadi bukti tangan dingin Nagelsmann.

Kunci kehebatan Leipzig sejauh ini adalah meratanya kemampuan pemain di semua lini. Di belakang, kiper Peter Gulacsi musim lalu membuat 16 clean sheet dalam 33 kali dimainkan di Bundesliga. Statistik itu menjadikan Leipzig tim dengan pertahanan terbaik di Bundesliga 2018/19 lalu. Melihat performa di awal musim ini, kiper asal Hungaria itu optimistis timnya mampu bersaing dengan Muenchen dan Dortmund dalam perburuan gelar Bundesliga.

Gelandang serang Marcel Sabitzer disebut-sebut menjadi pemain yang paling mampu memenuhi ambisi Nagelsmann akan sepak bola yang menarik dan menekan. Kedalaman sektor tengah Leipzig semakin terlihat dengan performa Kevin Kampl dan Emil Fosberg.

“Saya senang pelatih membebaskan cara dan gaya kami bermain. Karenanya, saya akan membayarnya dengan performa di lapangan,” tutur Sabitzer, gelandang Austria, 25 tahun, yang sudah mencetak satu gol dan tiga assist dalam tiga laga Bundesliga musim ini.

Di lini depan, Timo Werner dan Yussuf Poulsen sudah terbiasa menjadi tumpuan gol. Dengan lima golnya, Werner kini mulai mengejar striker Muenchen, Robert Lewandowski, yang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Bundesliga. Kedalaman skuat Leipzig juga bisa dilihat dari kiper Philipp Tschauner, pemain dengan karakter bertahan kuat seperti Luan Candido dan Ethan Ampadu, serta mereka yang memiliki naluri menyerang tinggi sekelas Ademola Lookman, Christopher Nkunku, dan Hannes Wolf.** *TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER        

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news