UMUM
Entry by Name SEA Games Diundur, 30 Pemain Masuk TC Timnas U-23 di Yogya Hari Ini
03 September 2019 10:50 WIB
berita
YOGYAKARTA - Timnas Indonesia U-23 yang diproyeksikan untuk merebut medali emas SEA Games 2019 akan kembali menjalani pemusatan latihan atau TC di Yogyakarta. Latihan akan dimulai pada Selasa (3/9) sore di lapangan Yogyakarta International School (YIS). Pelatih kepala timnas U-23, Indra Sjafri memanggil maksimal 30 pemain untuk TC kali ini.

Hanya saja memang hingga berita ini diturunkan, belum ada rilis resmi dari PSSI terkait daftar pemain yang dipanggil untuk TC kali ini. Hingga Senin (2/9) malam, rencana rilis daftar pemain tak juga terdengar kabarnya. 




Baca Juga :
- Gala Siswa Indonesia 2019 Siap Lahirkan Juara Baru, Bali Bertemu Jateng di Final
- Timnas Futsal Indonesia Menuju Ho Chi Minh dengan Percaya Diri




Namun sebelumnya kepada TopSkor, Indra Sjafri mengatakan bahwa pemain yang mengikuti TC kali ini adalah pemain yang sudah dipastikan masuk dalam daftar 40 pemain dalam entry by name untuk SEA Games 2019.  Hanya saja memang ini tidak termasuk  pemain yang berkompetisi di luar negeri macam Egy Maulana Vikri atau juga Saddil Ramdani.

Di sisi lain, terkait pendaftaran atau entry by name ke panitia SEA Games 2019, Indra Sjafri mengatakan ada perubahan waktu deadline. Jadwal yang semula adalah Senin (2/9) kemarin, berubah menjadi 20 September 2019 mendatang.


Baca Juga :
- PSSI Tutup Mulut
- Ini Target Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2019


Ada sebanyak 40 nama yang akan didaftarkan oleh tim pelatih. Tidak hanya pemain dengan kategori U-23, Indra Sjafri juga harus ekstra selektif untuk memilih pemain berkategori senior yang juga diperkenankan untuk masuk dalam skuat.  

Indra sendiri mengaku sudah memantau 10 pemain senior dan lima di antaranya nanti akan didaftarkan ke SEA Games. “Ada pemain senior Bali United, Persebaya Surabaya, Tira Persikabo, dan beberapa klub lainnya yang berjumlah 10 pemain yang kami pantau,” kata Indra.

Dan waktu deadline yang mengalami perubahan dikatakannya akan dimanfaatkan untuk lebih mencermati siapa pemain termasuk pemain senior yang benar-benar layak untuk masuk dalam skuat Merah Putih di ajang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara ini.

Mantan pelatih Bali United ini juga mengaku masih mendiskusikan dengan tim pelatih terkait posisi pemain senior yang akan dimasukkan dalam tim nanti. Dan ini ditekankannya akan memaksimalkan waktu pendaftaran pemain yang masih ada hingga 19 September mendatang.

Timnas U-23 sendiri dijadwalkan bakal menjalani sebuah laga uji coba. Laga latih tanding ini dikemas dalam bentuk trofeo bertajuk Trofeo Sri Sultan Hamengkubuwono X 2019 yang digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta pada Minggu (8/9) mendatang.

Trofeo ini digelar sekaligus untuk memperingati HUT ke-90 berdirinya PSIM Yogyakarta. Laga tentunya akan diikuti PSIM, timnas U-23 dan satu peserta lainnya adalah Bali United.

Terpisah, dua pemain PSS Sleman, Irkham Zahrul Mila dan Sidik Saimima tengah semringah. Ini karena memang keduanya dipastikan kembali masuk dalam TC skuat timnas U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games 2019 Manila ini.

“Senang dan sebuah kehormatan bagi saya dapat kembali dipanggil untuk TC timnas U-23 ini. Saya tentunya makin bersemangat untuk tampil dengan performa terbaik dalam tiap sesi dan kesempatan yang ada,” kata Irkham.

Pemain asal Tegal ini sendiri mengaku cukup kaget dengan kembali mendapatkan kepercayaan untuk TC yang dilakukan untuk persiapan jelang SEA Games 2019 November mendatang karena sebelumnya hanya berstatus sebagai pemain debutan di timnas U-23.*SRI NUGROHO

 

R
Penulis
Rizki Haerullah