news
TOP FEATURE FOOTBALL
Jersey No. 7 MU Tak Lagi Spesial dan Ikonik
31 August 2019 14:28 WIB
berita
Winger Alexis Sanchez gagal memenuhi ekspektasi saat didatangkan MU dari Arsenal pada Januari 2018 lalu./Istimewa
MANCHESTER United FC (MU) kembali melambaikan salam perpisahan, setidaknya sementara, kepada pemilik jersey No. 7 untuk kelima kalinya dalam 10 tahun. Ini menyusul kepindahan Alexis Sanchez ke FC Internazionale dengan status pinjaman, 29 Agustus lalu. Lagi-lagi, pemilik No. 7 gagal bersinar sepeninggal Cristiano Ronaldo!

Sanchez datang ke Old Trafford 18 bulan yang lalu dengan penuh euforia, tetapi kariernya bersama MU tidak sesuai ekspektasi. Sebelumnya, sang winger diharapkan bisa kembali membuat jersey No.7 Setan Merah kembali spesial. Itu wajar karena dia tampil fantastis selama memperkuat Arsenal FC.




Baca Juga :
- Dibandingkan dengan Ronaldo, Begini Tanggapan Marcus Rashford
- 5 Pemain Manchester United Ini Harus Dijual pada Januari 2020




Namun, di Manchester, pemain asal Cile tersebut justru menjelma sebagai macan ompong! Sanchez hanya mampu membuat lima gol dalam 45 laga bersama MU. Setelah mencetak 30 gol di semua kompetisi pada musim terakhirnya dengan The Gunners, ia harusnya jadi sosok vital bagi Setan Merah. Faktanya, dia gagal total.

Sanchez tidak mampu meniru jejak para legenda yang pernah membuat jersey No. 7 MU spesial seperti George Best, Eric Cantona, David Beckham, hingga Ronaldo. Beckham adalah ikon No. 7 di zaman sepak bola modern, lalu Ronaldo mengambil alih jersey itu pada tahun 2003 dan menjadi pemain terbaik di dunia bersama MU.


Baca Juga :
- Mantan Striker Liverpool Bertekad Bayar Waktu yang Terbuang akibat Cedera
- Inilah Rahasia Teknis di Balik Sukses Man. United


Namun, selama 10 tahun sejak Ronaldo pergi ke Real Madrid CF, tidak ada lagi pemain yang sanggup menanggung kemegahan angka keramat tersebut. Lima pemakainya yang berbeda, termasuk Sanchez, mencetak sangat sedikit gol, hanya 14, di Liga Primer, di antara mereka sepanjang satu dekade terakhir.

Rata-rata hanya 1,4 gol per musimnya. Sanchez bahkan hanya mencetak tiga gol Liga Primer, termasuk satu gol yang dicetaknya pada musim penuh pertamanya di Old Trafford pada 2018/19. Michael Owen adalah pemilik jersey No 7 pertama itu setelah Ronaldo, yang bergabung dari Newcastle United FC pada tahun 2009.

Mantan pemain ajaib Liverpool itu lebih merupakan perekrutan pragmatis, yang mengoleksi banyak piala domestik dan gol Eropa, 12 dalam tiga musim terakhirnya, walau penghitungan terakhirnya di Liga Primer, hanyalah lima.

Antonio Valencia adalah pemain berikutnya yang mengambil kembali kaos nomor tujuh itu selama hari-harinya sebagai pemain sayap kanan. Pemain asal Ekuador itu dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Sir Matt Busby untuk 2011/12, memperlihatkan dirinya bisa mencetak gol (6), meski menjalankan peran pemain sayap tradisional.

Musim berikutnya, seakan tak kuat menanggung beban kaus nomor tujuh, penampilan Valencia melorot drastic. Hanya satu gol dalam dalam 30 penampilan Liga Primer, memaksanya kembali mengenakan kausnya yang lama, No 25.

Kaus nomor tujuh itu menunggu pemakai berikutnya selama satu musim ketika Angel Di Maria memilihnya ketika tiba di Old Trafford dengan transfer rekor 59 juta pounsterling dari Real Madrid. Tetapi awalan menjanjikan playmaker asal Argentina itu berumur pendek dan dia hanya mampu mencetak tiga gol liga.

Memphis Depay kemudian datang pada musim panas 2015 dengan berbekal catatan 22 gol Eredivisie untuk PSV Eindhoven. Banyak yang mengharapkannya bisa mengulang langsung aksi produktivitas golnya itu di Liga Primer. Harapan tinggal harapan, bintang muda Belanda itu justru tampil di bawah performanya dan hanya mencetak dua gol.

Dia bahkan harus menghabiskan setengah musimnya di pinggiran lapangan setelah Jose Mourinho mengambil alih kursi kepelatihan Setan Merah. Yang terjadi kemudian, dia justru dijual ke Lyon pada Januari 2017. Secara mengejutkan Ligue 1 ternyata tidaklah terlalu membebani mental Depay dan dia menemukan kembali performa lamanya.*NURUL IKA HIDAYATI

 

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news