news
LIGA SPANYOL
Jadi Tim Terboros, Madrid Masih Meragukan 
29 August 2019 14:23 WIB
berita
Starting 11 Madrid saat melawan Valladolid, jornada 2 - Topskor/ist
MADRID – Jelang ditutupnya jendela transfer 2019 di Spanyol (2 September), Real Madrid tercatat sebagai klub terboros musim panas ini. Klub ibu kota itu telah menghabiskan 305,5 juta euro (sekitar Rp4,9 triliun) untuk mendatangkan tujuh pemain baru (hanya satu gratis). Kendati telah mengeluarkan banyak uang, penampilan tim berjulukan Los Merengues ini masih meragukan.

Madrid membeli enam pemain dengan Eden Hazard sebagai yang termahal (100 juta euro). Di bawah winger Belgia itu ada Luka Jovic (60 juta), Eder Militao (50), Ferland Mendy (48), Rodrygo Goes (45), dan Alberto Soro (2,5). Sementara Takefusa Kubo jadi perekrutan yang bebas transfer.




Baca Juga :
- Gol Cantik Morales Bawa Levante Tumbangkan Real Madrid
- Deal 90 Persen Malam Hari, Paginya Batal, Gareth Bale Gagal ke Liga Cina




 Los Merengues ini juga gagal menyeimbangkan keuangan dengan menjadi paling minus di pasar. Dari besarnya angka pengeluaran, mereka hanya bisa mendapat pemasukan 115 juta dari menjual empat pemain. Dengan demikian, balans mereka pada bursa transfer kali ini mencapai minus 190,5 juta.

FC Barcelona adalah klub terdekat yang juga aktif belanja yakni menghabiskan 255 juta dengan Antoine Griezmann jadi yang terbesar (120 juta). Dari biaya belanjanya itu mereka minus 100,1 juta, usai ada pemasukan 154,9 dari penjualan pemain. Perhitungan Madrid-Barca ini masih bisa berubah lewat transfer Neymar Junior.


Baca Juga :
- Soal Ketertarikan Madrid Pada Sterling, Ini Jawaban Zidane
- Real Madrid Akan Menukar Superstar Veteran dengan Bek Inter, Nilainya Rp 1,5 Triliun 


Menariknya untuk dua tim Spanyol lainnya yang juga telah mengeluarkan uang banyak untuk merekrut pemain, berhasil menjaga keseimbangan ekonomi klub. Atletico Madrid bahkan surplus 67,6 juta, sehingga wajar jadi klub dengan aktivitas transfer terbaik menurut survei Marca.

Nahasnya meski telah merogoh kocek sangat dalam, penampilan Madrid masih jauh dari ekspektasi, terutama suporternya. Mulai pramusim hingga awal kompetisi, belum terlihat adanya revolusi yang diserukan Zidane. Kemenangan tandang pada jornada pembuka La Liga 2019/20 dilanjutkan dengan imbang di kandang sendiri lawan tim yang di atas kertas bisa mudah ditaklukan, Real Valladolid.

Kendati begitu ada penilaian yang menganggap tidak adil jika mengukur hanya dari dua pekan pertama. Sejauh ini Zidane sendiri masih cenderung mengandalkan para pemain lamanya. Para pendatang baru masih sebatas jadi pengganti dan Hazard selaku bintang plus harapan besar klub masih belum bisa berkontribusi akibat cedera.

Los Merengues juga belum berhenti di hari-hari terakhir bursa transfer musim panas ini. Mereka masih berniat untuk belanja kekuatan baru, dan di samping operasi perekrutan Neymar yang terus digalang, Zidane bersikeras dengan gelandang yang selalu diidamkannya. Menurut Marca, ia hanya menginginkan Paul Pogba untuk segera didatangkan klub.

Gelandang Manchester United itu memang jadi target awal sang pelatih yang belum bisa direalisasikan. Los Merengues terhalang biaya 200 juta yang diminta klub pemiliknya itu, dan sedari dua pekan lalu pasar tim Inggris sudah lebih dulu ditutup. Tapi menurut COPE, peluang masih ada dengan berbagai skenario dan itu akan jadi prioritas klub.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news