news
LIGA SPANYOL
Teka-teki Cedera Messi, Masih Diragukan Melawan Osasuna
29 August 2019 13:33 WIB
berita
Megabintang Barcelona, Lionel Messi masih diragukan bisa tampil pekan ini lawan Osasuna.-Topskor/Ist
BARCELONA – Suporter FC Barcelona masih harus bersabar untuk menyaksikan aksi Lionel Messi musim ini. Sang bintang dikabarkan belum bisa dimainkan di laga terdekat menyusul cedera soleus yang dialaminya sejak 5 Agustus. Hingga saat ini striker sekaligus kapten tim itu belum sekali pun memainkan laga, baik itu pramusim maupun duel resmi.

Kondisi pemain 32 tahun itu sudah membaik, tetapi tim medis belum mau memberikan kepastian kapan Messi boleh beraksi sehingga menimbulkan teka-teki. Sang pemain sendiri terus berjuang agar ia bisa sembuh secepatnya. Namun, hingga Selasa (27/8), dia belum juga melakukan latihan bersama pemain lainnya.




Baca Juga :
- Lawan Inter, Barca Rotasi Besar-besaran
- Griezmann Akhiri Paceklik




Messi sesungguhnya ingin berlaga di jornada 3 La Liga melawan CA Osasuna di Stadion El Sadar (31/8), tapi merujuk situasi terakhir, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde sepertinya tak mau mengambil risiko. Barcelona sendiri belum ada rencana mengeluarkan pernyataan medis terkait kondisi terkini Messi.

Barca hanya ingin pemain berjulukan La Pulga itu 100 persen fit apalagi kompetisi masih baru berjalan. Mendapatkan Messi prima akan lebih baik ketimbang memaksakan dan berakibat fatal di kemudian hari. Jadwal pun mendukung karena setelah melawan Osusana ada jeda kompetisi internasional yang bisa dimanfaatkan Messi untuk memulihkan kondisinya.


Baca Juga :
- MSG Monster LaLiga
- Pernyataan Lionel Messi Usai Meraih Ballon d'Or 2019


 Dengan tidak bisa dimainkannya Messi saat melawan Osasuna, maka Valverde nampaknya akan kembali mengandalkan tridente anyar lini depannya seperti ketika melawan Real Betis. Trio PGR (Carles Perez, Antoine Griezmann, dam Rafinha Alcantara), tampil eksplosif saat Barca menghajar Betis, 5-2. Belum lagi keberadaan Ansu Fati sebagai alternatif di bench.

Opsi tersebut awalnya sempat diragukan, tapi Griezmann dan rekan-rekannya berhasil menjawabnya di lapangan dengan penampilan spektakuler. Keberadaan Perez sangat cocok dengan 4-3-3 yang diusung Valverde. Trisula darurat ini merupakan solusi terbaik dikala Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele cedera.

Berdasarkan data, trio PGR bahkan memiliki statistik yang lebih baik ketimbang ketika Valverde menurunkan Dembele, Suarez, dan Griezmann. Sebagai perbandingan, pada laga melawan Athletic Bilbao, Dembele, Suarez, dan Griezmann yang dimainkan.

Total ketiganya mencatatkan 11 tembakan, dan tak ada satu pun yang bisa bersarang ke gawang Bilbao. Sementara, ketika memainkan Griezmann, Rafinha, dan Perez di laga melawan Betis, jumlah tembakan Barcelona naik menjadi 20. Dari peluang tersebut lima di antaranya berhasil menjadi gol.

Yang jelas, kehadiran Perez turut memberikan efek. Meskipun banyak yang meragukannya, tetapi ia bisa menunjukan kualitasnya. Penampilan pemain berusia 28 tahun ini mengingatkan publik Los Cules akan sosok Pedro Rodriguez. Ia memang tak memiliki teknik yang bagus, tetapi pergerakannya begitu mobile serta mampu menciptakan peluang yang bisa dikonversikan menjadi gol.*** GOGOR HAKIM HARTANTO DARI BERBAGAI SUMBER

 

Riwayat Cedera Messi Selama di Barcelona

2005/06: Otot Paha (10 hari), Hamstring (70 hari)
2006/07: Fraktur Metatarsal (87 hari)
2007/08: Hamstring (28 hari), Otot Sobek (35 hari)
2010/11: Ligamen (7 hari)
2012/13: 2 kali Hamstring (19dan 24 hari)
2013/14: 2 kali Otot Paha (masing-masing 4 hari), Hamstring (19 hari), Otot Sobek (56 hari)
2014/15: Ankle (2 hari)
2015/16: Lutut Ligamen (51 hari), Masalah Ginjal (3 hari), Paha (3 hari), Memar (13 hari)
2016/17: Adductor (3 hari), Otot Sobek (23 hari), Flu (4 hari)
2017/18: Adductor (8 hari)
2018/19: Fraktur lengan bawah (8 hari), Pubitis (6 hari)
2019/20: Soleus (23 hari)

ANGKA

18

Messi pernah melewatkan 18 pertandingan karena cedera metatarsal pada 2006/07.  Itu menjadi catatan absen terpanjangnya selama memperkuat Barcelona.

 

4

Sekarang ini ada empat pemain yang cedera di skuat Barcelona. Selain Messi, ada Luis Suarez, Ousmane Dembele, dan Neto Norbeto.

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news