news
UMUM
Hasil Rapat Terbatas PON 2020: Jumlah Cabor dan Kabupaten Penyelenggara Berubah
28 August 2019 16:05 WIB
berita
Foto: istimewa
JAKARTA - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, mengumumkan update terbaru mengenai Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan diselenggarakan di Papua. Setelah menghadiri rapat terbatas yang dipimpin Presiden Indonesia, Joko Widodo, terdapat perubahan pada jumlah cabang olahraga dan kabupaten penyelenggara PON 2020.

Rapat terbatas yang digelar pada Senin (26/8), dihadiri juga oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe. Lukas mempresentasikan situasi dan perkembangan terkini mengenai kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON yang ke-20 tersebut.




Baca Juga :
- Bonus SEA Games 2019 Cair, Raden Isnanta: Ini Memantik Semangat Atlet Berprestasi
- Ini 12 Provinsi yang Lolos Cabor Sepak Bola PON 2020 Papua




Setelah menggelar rapat terbatas itu, terdapat perubahan pada jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan, serta jumlah kabupaten yang akan menjadi venue kejuaraan olahraga termegah di Indonesia itu.

"Untuk PON sendiri, pada tahun 2020, yang kita masih punya waktu sekitar 460 hari lagi, ada beberapa hal yang diputuskan oleh presiden, sesuai usulan dari Gubernur Papua," ucap Marciano Norman saat membuka acara workshop KONI Pusat pada Rabu (28/8) di Hotel Borobudur, Jakarta.


Baca Juga :
- Indonesia Terpatri di Posisi 4 Besar, Itu Persoalan Klasik
- Filipina Gondol Emas dari Cabor Esports SEA Games 2019, Nomor Mobile Legends!


"Yang pertama, bahwa penyelenggaraan PON yang nantinya diselenggarakan di 6 kabupaten, akan dipangkas menjadi 3 kabupaten. Ketiga kabuten tersebut adalah Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan kabupaten Mimika. Ada kabupaten Keerom sebagai penyangga, yang tidak terlalu jauh dari Papua itu sendiri. Jadi untuk kabupaten yang menyelenggarakan PON adalah ada 3 + 1 penyangga," papar mantan kepala BIN itu.

"Kemudian, dari Papua sendiri, sudah disetujui oleh Pak Presiden, bahwa cabor yang semula 47, menjadi 37 cabor. Apa-apa saja cabornya masih dalam diskusi, masih dikomunikasikan oleh KONI, Kemenpora dan Kemenko PMK. Besok akan ada rapat koordinasi, tentang cabor mana saja yang akan diselenggarakan di pon sendiri," jelasnya.

Memang kejelasan penyelenggaraan PON 2020 Papua masih menjadi pertanyaan, seiring dengan kerusuhan yang terjadi di bumi cenderawasih. ***

loading...
M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah
news
news