news
LIGA 1
Menanti Kejutan Besar dari Jendela Transfer Liga 1 2019
28 August 2019 11:43 WIB
berita
Pemai Persija Fitra Ridwan diminati PSS - TopSkor/Ady Sesotya
JAKARTA – Jendela transfer Liga 1 2019 telah dibuka per Selasa (27/8). Pada hari pertama masa pencoretan dan penambahan pemain ini, belum ada proses yang mengejutkan. Ini tak lain karena mayoritas klub sudah mengumumkan daftar pemain yang dicoret dari skuatnya.

Pada proses transfer ini, terlihat jelas kebijakan belanja pemain masing berantakan. Beberapa di antaranya adalah Persib, Persija, juga Persebaya, yang terpaksa melepas pemain asingnya. Walau menolak untuk “membeli kucing dalam karung” fakta membuktikan belanja klub tidak tepat.




Baca Juga :
- Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019, Selasa 12 November
- Persaingan Grup X Liga 2 2019 Kian Panas, Mitra Kukar Ogah Pulang Cepat




Pergantian pelatih, menjadi tonggak pergantian pemain. Nama-nama yang tidak bisa beradaptasi dengan karakter atau filosofi yang dikembangkan pelatih baru, mau tidak mau harus hengkang. Untuk saat ini, pilihan utamanya hanya mencari klub Liga 1 lainnya, sebab jendela transfer Liga 2 telah ditutup.

Beberapa pemain yang disebut-sebut menjadi incaran banyak klub adalah mantan gelandang Persija Bruno Matos, dan striker Persebaya Amido Balde. Kualitas Matos tak diragukan, namun ia terbuang dari Persija karena karakter mainnya dianggap tidak cocok dengan Julio Banuelos, pelatih baru Persija.


Baca Juga :
- Immanuel Cahyo Mendapat Tawaran Berlatih dan Sekolah dari Klub Sepak Bola Filipina
- Update Hasil dan Klasemen Liga 1 2019, Senin Sore


Sedangkan Balde mulai tersisih dari skuat utama Persebaya. Apalagi Bajol Ijo, julukan Persebaya, sudah mendatangkan striker tajam lainnya David da Silva. Rumor beredar, Balde akan dipinang PSM, yang kemungkinan besar mencoret striker asal Finlandia Eero Markkanen karena tak kunjung produktif.

Adapun gelandang serang Persija Fitra Ridwan, disebut-sebut akan segera dipatenkan oleh PSS. Pemain berusia 25 tahun itu kian tak mendapat tempat dalam skema main Banuelos. Saat dikonfirmasi mengenai hali ini, pelatih PSS Seto Nurdiantoro, mengaku belum bisa berbicara banyak.

Ia memilih kepastian datang dan perginya pemain setelah ada rilis resmi dari manajeman klub. “Ya kami memang mengincar salah satu gelandang Persija itu (Fitra). Tetapi kelanjutannya seperti apa, saya belum bisa berkomentar lebih karena belum ada rilis dari manajeman,” Seto menjelaskan.

Kondisinya, saat ini PSS sedang “kekeringan” pemain setelah melepas lima nama, yaitu Irsyan Lestaluhu, Junius Bate, Nerius Alom, Dika Bhayangkara, dan terbaru Rudi Widodo. Satu yang pasti, PSS baru saja mengangkat striker mudanya untuk berada di tim senior. Dia adalah Saddam Emiruddin.

PSM juga bergerak aktif dalam bursa transfer. Setelah mendapatkan Firza Andika, Juku dikabarkan segera menggaet Raphael Maitimo. Mantan pemain PSIM Yogyakarta itu bahkan sudah bergabung dengan tim di Jakarta. Namun, belum ada rilis resmi dari manajemen PSIM mengenai status Maitimo.

Asisten pelatih PSM Imran Amirullah mengatakan, pemain naturalisasi tersebut sudah bersama PSM. Tetapi, Imran juga tak bisa memberi kepastian soal perekrutan. “Maitimo sudah bergabung dengan tim di Jakarta. Soal jadi atau tidak ke PSM, nanti manajemen akan merilis penjelasan resmi," ujarnya.* Nizar Galang Gandhimar

news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news