LIGA 1
Syarat Trio Asing dan Kiper Baru Persib Bisa Main Lawan PSS Sleman
28 August 2019 13:45 WIB
berita
Penyerang anyar Persib Kevin Van Kippersluis dalam sesi latihan/Foto: Dani Wihara
BANDUNG – Persib Bandung terus mengasah tiga pemain asing anyarnya, bek Nick Kuipers, gelandang Omid Nazari, dan penyerang Kevin van Kippersluis dalam setiap sesi latihan. Ini lantaran ketiganya tinggal menunggu pengesahan dari PT Liga Indonesia Baru dan kemudian bisa diturunkan pada laga berikutnya.

Dalam regulasi kompetisi, transfer window bagi kontestan Liga 1 2019 telah dibuka sejak 27 Agustus. Sedangkan Persib sudah mendaftarkan ketiga pemain anyarnya itu kepada operator kompetisi tersebut. Artinya, jika tidak ada aral melintang, mereka sudah bisa tampil ketika Persib menjamu PSS Sleman, Jumat (30/8).




Baca Juga :
- Persipura Sudah Pelajari Permainan Arema saat Kalah 2-6 dari PSM di Makassar
- Persib Bandung Hentikan Dua Rapor Buruk Sekaligus




Karena itulah, pelatih Robert Rene Alberts sangat optimistis timnya akan tampil dengan wajah baru dan semangat baru menghadapi PSS di Stadion Si Jalak Harupat. PSS bisa jadi momentum bagus untuk bangkit dari keterpurukan selama putaran pertama.

"Tiga pemain baru sudah berlatih dan mereka siap main jika administrasinya sudah selesai," ujar Robert. Soal kondisi fisik mereka, ia memberi jaminan. "Yang pasti, sejak tiba di Indonesia, mereka intensif latihan. Juga sudah mulai nyaman dan merasakan suasana di Bandung. Saya harap mereka sudah bisa tampil lawan PSS,"  kata pelatih 64 tahun itu.


Baca Juga :
- Milomir Seslija Menyebut Dua Alasan Arema Kalak Telak dari PSM
- Preview PSM vs Arema, Saatnya Revans bagi Juku Eja


Menurut Robert, untuk memenangkan pertandingan kandang penutup putaran pertama itu, jajaran timnya harus dalam kondisi menyenangkan. "Makanya saya terus berbicara dengan semua pemain di sini. Semua sepakat menorehkan kemenangan, semua termotivasi memberikan poin tiga di kandang, " katanya.

Optimisme Robert kian bertambah dengan kehadiran kiper rekrutan baru, Dhika Bhayangkara. Artinya komposisi pemain Maung Bandung untuk putaran kedua sudah lengkap. Dhika, kiper yang didatangkan dari PSS Sleman, jadi pemain terakhir yang direkrut manajemen.

Pemain 28 tahun ini mengambil posisi yang ditinggalkan M. Natshir Fadhil yang dibekap cedera panjang. "Dhika jadi kiper baru yang kami kejar selama ini. Dia baru dipastikan bergabung dengan kami pagi ini (Selasa). Kami senang Dhika bergabung dan berharap bisa meningkatkan kualitas tekniknya," kata Robert.

Mendapat kepercayaan dari pelatih dan manajemen, Dhika senang. Persib adalah klub idolanya sejak kecil. "Saya lahir dan besar di Kabupaten Kuningan. Sebagai putra Jawa Barat, saya mendambakan jadi bagian Persib. Dalam hati selalu saya tanamkan harus bisa jadi pemain Persib. Kini asa yang saya pupuk jadi nyata," kata Dhika di 1933 Dapur & Kopi, Bandung.

“Dhika kami kontrak setengah musim untuk putaran kedua dengan opsi perpanjangan kontrak satu musim ke depan," Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono mengungkapkan usai memperkenalkan Dhika sebagai warga baru Pangeran Biru.

Sementara itu PSS datang ke Bandung dengan kekuatan terbaik. Pelatih Seto Nurdiyantoro membawa 18 pemain, termasuk empat pemain asing yakni Alfonso De La Cruz, Guilherme Batata, Brian Ferreira, dan Yevhen Bokhasvili.

Kemenangan 3-2 atas PSM Makassar sebelumnya jadi modal penting skuat Super Elang Jawa ke Bandung. Ini berbanding terbalik dengan tren buruk Persib yang tak juga mencicipi kemenangan dalam tujuh laga terakhir. Namun, PSS tidak mau jemawa.

“Persib tentu akan berjuang keras untuk bangkit dan meraih hasil positif. Kami wajib fokus penuh dan mewaspadai motivasi tinggi mereka yang tampil di kandang sendiri,” kata Seto. Ia juga menilai Persib adalah tim besar yang dihuni banyak pemain berpengalaman. “Kita tidak boleh melihat posisi klasemen,” ucap Seto.*Arief Nugraha K/Dani Wihara/Sri Nugroho

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id