LIGA INGGRIS
Baston Tak Ingin Berhenti Mencetak Gol
27 August 2019 13:45 WIB
berita
Striker Swansea Borja Baston tampil tajam pada 2019/20, ia telah mencetak lima gol sejauh ini./Istimewa
SWANSEA – Minggu (25/8) hari spesial bagi Borja Baston. Striker Swansea City AFC itu menandai perayaan ulang tahunnya yang ke-27 dengan sebuah penalti dalam kemenangan 3-0 atas Birmingham City FC. Ia memeragakan aksi tiup lilin saat selebrasi gol kelimanya yang menjadikannya top scorer sementara Championship (Divisi Dua).

“Menandai ulang tahun selalu istimewa. Saya merayakannya dua kali tahun ini: bersama keluarga, lalu di lapangan dengan gol dan kemenangan itu (vs Birmingham),” kata Baston kepada MARCA.




Baca Juga :
- Balapan Championship Berakhir Tragis, 11 Mobil Tabrakan Keluar Lintasan
- Cocu Bukan Sosok Otoriter




Kelima gol itu tercipta ke gawang Hull City AFC, Preston North End FC (dua gol), Queens Park Rangers FC, dan Birmingham. "Semua torehan saya membantu Swansea menang, itu yang terpenting. Menjadi top scorer itu bonus. Saya akan terus mencoba, tetapi yang penting membantu tim kembali ke Liga Primer," kata Baston.

Pemain asal Spanyol itu melanjutkan, "Saya menjalani musim hebat tahun lalu, dan Swansea memilih saya. Perjalanan kami di Liga Primer tidak berjalan baik. Saya mencetak gol di Emirates, melawan Arsenal, walau tidak menang. Saya dipinjamkan ke La Liga dua musim terakhir dan kini klub melihat kapasitas saya bermain di sini.”


Baca Juga :
- Leeds United Tunggu Pembuktian Kualitas Helder Costa
- Bielsa Targetkan Bawa Semifinalis Liga Champions 2000/01 Promosi ke Kasta Tertinggi


Bagaimanapun, setelah mencetak lima gol untuk Deportivo Alaves di La Liga 2018/19, Baston tak bisa langsung bisa bermain untuk skuat Swansea pada Juli lalu. Tetapi pelatih Steve Cooper memperlihatkan kepercayaan besar kepadanya. Dan, itu dibalas Baston dengan membawa The Swans ke posisi kedua, membuntuti Leeds United FC.

“Saya telah mengambil langkah maju. Keyakinan, kedewasaan, dan pengalaman membuat Anda tumbuh. Saya merasa lebih baik dibanding musim-musim sebelumnya. Rekan-rekan di sini mencari saya untuk mencetak gol dan pelatih memiliki pengaruh di dalamnya. Saya sangat beruntung," ujar sang striker.

Pemain yang sempat berbagi menit latihan di akademi Atletico Madrid bersama Alvaro Morata itu mengaku sangat mengagumi Fernando Torres. Buatnya, kompatriotnya itu akan selalu menjadi referensi kariernya. “Cerminan untuk melihat diri sendiri,” ucap Baston.

Pemain No. 9 Swansea ini pun semakin membangkitkan minat klub-klub Eropa seperti CSKA Moskow dan RCD Espanyol. “Saya punya satu tahun sisa kontrak dan kita akan melihat apa yang terjadi," kata Baston. "Swansea merupakan klub yang kental dengan Spanyol. Michu, Angel Rangel, dan Fernando Llorente adalah idola di sini.”

Yang jelas, Borja ingin terus melanjutkan perjuangannnya mengejar gol. Bahwa dia tak mau berhenti melakukannya. “Di Eibar, saya mencetak lima gol dalam enam pertandingan di ajang liga beruntun. Musim ini pertama kalinya saya langsung mencetak gol begitu kompetisi dimulai,” ujar Baston, percaya diri.*NURUL IKA HIDAYATI

I
Penulis
I Gede Ardy E