FORMULA 1
Persaingan Ketat F1 Akan Tetap Terjaga
23 August 2019 11:56 WIB
MONZA - Hegemoni satu atau dua pembalap di Formula 1 (F1) sepertinya tidak akan berlangsung lama lagi. Beberapa tahun terakhir, ajang balap jet darat itu memang praktis dikuasai antara Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) dan Sebastian Vettel (Scuderia Ferrari Mission Winnow).

Tetapi, musim ini tanda-tanda munculnya para pembalap muda berpotensi sudah jelas terlihat. Seperti andalan Tim Aston Martin Red Bull Racing, Max Verstappen, yang telah meraih dua kemenangan musim ini. Ia juga menjadi satu-satunya peserta yang mampu mematahkan dominasi Mercedes.




Baca Juga :
- Momen Charles Leclerc Tabrak Max Verstappen di Lap Pertama GP Jepang
- Tabrak Verstappen, Leclerc: Itu Kesalahan Saya




Kendati baru 21 tahun, Verstappen berkembang sangat pesat menjadi salah satu pembalap yang paling diperhitungkan di trek. Keberanian dan kematangannya dalam mengambil setiap keputusan juga memberikan janji jika F1 di masa depan bakal menarik. Tapi, ia juga memiliki saingan berat, Charles Leclerc dari Tim Ferrari.

“Saya dan Leclerc memiliki pertarungan yang benar-benar ketat. Tentu saja kami memiliki momen indah di gokar. Tapi saya pikir kalian semua sudah mengetahuinya, dan sekarang kami berada di F1. Kami berhasil mewujudkan impian. Kami telah berlomba di tempat yang diinginkan masing-masing,” kata Verstappen.


Baca Juga :
- Vettel: Balapan Jadi Lebih Sulit, Mercedes Lebih Cepat
- Leclerc: Vettel Sangat Cepat, Terkejut Karena Start dari Barisan Terdepan


Leclerc memang menjadi salah satu pembalap muda yang patut diperhitungkan karena ia memiliki kinerja yang mengesankan pada musim keduanya di F1. Ia juga hampir meraih kemenangan pertamanya di F1 pada Grand Prix (GP) Bahrain, 31 Maret lalu.

“Jika bisa bersama dengan Leclerc dalam satu tim, maka itu akan terasa luar biasa. Saya sangat menghormatinya. Dia pembalap hebat. Tapi, saya tidak berharap hanya untuk melawannya di F1,” kata Verstappen.

Verstappen bakal berduet dengan Alexander Albon pada paruh kedua musim ini, setelah bertukar tim dengan Pierre Gasly. Pria asal Belanda itu yakin Albon bakal tampil baik bersama Red Bull. Tapi, ia juga melihat beberapa pembalap muda yang siap memberikan kejutan di masa mendatang.

“Ada banyak telanta muda di F1, seperti Lando Norris, George Russell, dan munkin juga Alex Albon. Pembalap-pembalap muda berpotensial banyak berdatangan ke F1 saat ini dan jika mereka mendapatkan mobil yang tepat, saya rasa mereka bisa melakukan pekerjaan yang luar biasa,” kata Verstappen.

Pembalap muda di F1 saat ini pernah saling bersaing di masa lalu pada kejuaraan gokar, sehingga mereka sudah saling mengetahui kemampuan masing-masing. Russell yang pernah menjadi rekan setim Albon dan Leclerc di gokar. Ia tak terkejut dengan rekan-rekannya yang saat ini berada di F1 karena sudah mengetahui kemampuan mereka.

Norris yang saat ini bergabung dengan McLaren mengatakan bahwa hubungan dekat antara pembalap-pembalap muda membuat F1 menjadi lebih baik. Pasalnya, persaingan di trek bakal lebih ketat karena saling ingin membuktikan kemampuannya. Selain itu, suasana di pit juga terasa lebih menyenangkan.

“Kompetisi terasa lebih menyenangkan. Ini tidak seperti Anda sedang berada di dunia sendiri atau apa pun itu. Ini lebih terbuka, Anda dapat berbicara dengan orang lain dengan bebas, dan itu membuatnya terasa lebih menyenangkan,” kata Norris yang saat ini berada di urutan ke-10 dalam klasemen dengan 24 poin.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho