news
LIGA INTERNASIONAL
Sancho Pemain Muda Bergaji Tertinggi
23 August 2019 14:10 WIB
berita
Bintang muda Borussia Dortmund, Jadon Sancho, tampak ekspresif saat merayakan gol dalam laga Bundesliga.
DORTMUND - Jadon Sancho terus memperkuat reputasi sebagai pemain remaja terbaik di dunia saat ini. Winger 19 tahun asal Inggris ini mendapatkan  kenaikan gaji lebih dari dua kali lipat dari Borussia Dortmund, Rabu (21/9). Bayarannya yang sebelumnya hanya 75 ribu paun (Rp1,3 miliar) per pekan kini membengkak menjadi 190 ribu paun (Rp3,3 miliar) per pekan.

 


Baca Juga :
- Buruknya Performa Dortmund Ternyata Disebabkan Hal-hal Ini
- Kapten Frankfurt Terancam Sanksi Berat




Angka ini menjadikan Sancho pemain remaja dengan bayaran termahal di dunia. Dia menyamai bintang Real Madrid asal Brasil, Vinicius Junior, yang juga memperoleh gaji 190 ribu paun per pekan.

Tapi, Sancho boleh dibilang lebih layak dibayar semahal itu daripada Vinicius. Pasalnya, Sancho telah jadi starter reguler di Dortmund musim lalu. Kontribusinya pun sangat signifikan dengan membukukan 13 gol dan 19 assist dalam 43 pertandingan di seluruh kompetisi musim lalu. Sebaliknya, Vinicius belum berstatus starter di Madrid dan hanya mencetak tiga gol dan 12 assist dalam 31 laga musim lalu.


Baca Juga :
- Penyerang Muenchen Ini Harus Selalu Dimainkan
- Klub Bundesliga Ini Masih Sulit Dilengserkan


Performa impresif Sancho musim lalu itu pula yang membuat alumnus akademi Manchester City tersebut jadi incaran sejumlah klub top Eropa. Pihak Dortmund telah mengantisipasi situasi ini sehingga mereka mengikat pemain kelahiran London itu dengan kontrak baru yang berlaku hingga 2022 pada 31 Oktober lalu.

Sancho sendiri dikabarkan telah mendapatkan tawaran yang cukup menggiurkan dari Manchester United dan Paris Saint Germain. Tapi, dia menolaknya karena ingin terus menjalani karier bersama Dortmund yang merekrutnya dari City pada Agustus 2017 dengan nilai transfer hanya 8 juta paun.

Kini, hanya selang dua tahun kemudian, nilai jual Sancho meningkat hampir 20 kali lipat menjadi sekitar 145 juta paun. Angka ini adalah taksiran terkini yang dibuat oleh CIES Football Observatory, lembaga penelitian sepak bola independen yang bermarkas di Neuchatel, Swiss.

Dengan nilai jual sebesar itu, Sancho menjadi pemain termahal kelima di dunia saat ini. Harga tersebut hanya kalah dari Kylian Mbappe (228 juta paun), Mohamed Salah (199 juta paun), Raheem Sterling (188 juta paun), dan Lionel Messi (152 juta paun).

Sancho bahkan satu-satunya pemain remaja (di bawah usia 20) yang masuk daftar 30 pemain termahal di dunia. Remaja berikutnya yang menempati posisi teratas dalam daftar ini adalah Vinicius yang berada di urutan ke-37 dengan harga 77 juta paun.

Keputusan Dortmund menaikkan gaji Sancho lebih dari dua kali lipat tidak hanya untuk membalas loyalitas sang pemain yang telah menolak tawaran dari MU dan PSG. Namun, gaji Sancho yang kini sangat tinggi dan taksiran nilai jualnya yang sangat mahal, tak membuat para peminatnya mundur.

Kabarnya, MU bakal memulai kembali operasi memburu Sancho pada bursa transfer Januari 2020. Setan Merah juga akan menyiapkan anggaran sebesar 100 juta paun untuk menggoda Dortmund agar melepas sang pemain.

Pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer memang menerapkan kebijakan transfer yang baru dengan memprioritaskan perekrutan bakat-bakat muda Inggris. Karenanya, Sancho menjadi target yang sangat ideal. Pada usia yang belum genap 20 tahun, dia telah menjadi bagian penting dari tim nasional Inggris.

Sancho yang baru melakoni debut bersama The Three Lions di bawah asuhan Gareth Southgate Oktober lalu, kini telah mengantungi enam caps dan menyumbangkan dua assist. Kehadiran Sancho bukan hanya akan mengangkat kualitas permainan MU, tapi juga memperkuat citra Setan Merah sebagai klub kebanggaan warga Inggris.*Rijal Alfurqon

 

I
Penulis
Irfan Sudrajat
news
news