LIGA INTERNASIONAL
Bukan Mourinho, Ini Pelatih Jenius di Mata Robben
21 August 2019 20:42 WIB
berita
Arjen Robben mengakui kejenuisan Pep Guardiola. 
MUNICH - Arjen Robben bicara pengalamannya dalam karier sepak bola. Pemain legenda ini mengakui kejenuisan Pep Guardiola. 

Robben kenyang merumput di elite Eropa. Legendaris timnas Belanda, ini pernah membela Chelsea, Real Madrid hingga Bayern Muenchen sebelum gantung sepatu akhir musim 2018/19 lalu.




Baca Juga :
- Solskjaer Takut Dipecat seperti Mourinho, Nasibnya Ditentukan Lawan Liverpool
- Kampiun Bundesliga Mendapat Pukulan Keras




Tentu segudang pengalaman diraih dari berbagai karakter pelatih selama kariernya. Robben tak ragu menyebut pelatih Manchester City saat ini, Pep Guardiola, paling berpengaruh.

“Saya sudah mengalami banyak hal luar biasa dengan banyak pelatih; kami sangat sukses. Tetapi jika Anda bertanya kepada saya siapa yang terbaik, saya akan mengatakan Pep. Saya bersenang-senang dengannya. Dia benar-benar jenius dalam sepak bola,” ujar Robben.


Baca Juga :
- Muenchen Beri Sinyal untuk Rival
- Solskjaer Sebut Man-United Sekarang Lebih Baik dari Era Mourinho


“Ketika Pep datang, umur saya sudah 30 tahun. Pada titik itu Anda sebenarnya hanya berusaha untuk tetap konsisten dan tidak bertambah buruk. Tapi di bawah arahannya (Pep) saya menjadi lebih baik lagi," terang Robben. 

Robben mengaku tak pernah berpikir bermain di posisi yang belum pernah dia perankan. "Tiba-tiba saya bermain di posisi berbeda di mana saya tidak akan pernah berpikir bahwa saya akan bermain. Pep adalah yang terbaik.”

Pep sendiri memang pelatih yang cukup revolusioner. Setelah digdaya bersama Barcelona dengan tiki-taka dan false nine-nya, ia ke Bayern membawa sejumlah perubahan. Kini ia bersama Manchester City pun coba menguasai Inggris dalam beberapa musim terakhir.*

news
Penulis
Suryansyah