news
UMUM
Pemerintah Kota Batu Siap Maksimalkan Sports Tourism
21 August 2019 13:39 WIB
berita
Wali Kota Dewanti Rumpoko (kiri) tampak bersama pemimpin klasemen Tour d’Indonesia dari Tim X-Speed United, Ryan Roth.
BATU - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu tidak tinggal diam setelah wilayah mereka menjadi salah satu rute lomba Bank BRI Tour d’Indonesia (TdI) 2019. Keberhasilan Kota Batu menjadi tuan rumah Etape 2 TdI, Selasa (20/8), akan dijadikan momentum oleh Wali Kota Dewanti Rumpoko untuk menggenjot sports tourism yang sejatinya sudah lama dicanangkan.

“Banyak potensi wisata olahraga yang belum banyak orang tahu. Selama ini, wisatawan yang datang lebih kepada wisata-wisata modern seperti Jatim Park, Batu Night Spectacular (BNS),” ujar Dewanti di halaman Balaikota Batu, kemarin.




Baca Juga :
- TdI Tahun Depan Dipastikan Berbeda
- TdI Tahun Depan Dipastikan Berbeda




Padahal, masih menurutnya, sudah lima tahun ini Batu menggelar kejuaraan balap sepeda mountain bike (MTB) berskala internasional. Belum lagi, olahraga ekstrem lain seperti paralayang dan arung jeram yang airnya dingin, namun belum terpublikasi dengan baik.

“Kami menyadari belum memiliki infrastruktur memadai karena Batu awalnya hanya sebuah kecamatan. Masih banyak yang perlu kami kejar untuk bisa mencapai ke posisi itu. Semoga ke depan, Batu jadi tujuan wisata mancanegara,” Dewanti menambahkan.


Baca Juga :
- Inilah Trik Lebas Melibas Tour d’Indonesia
- BRI Tour d'Indonesia Miliki Tanjakan Lebih Berat daripada Tour de France


Sepanjang satu tahun terakhir, Kota Batu sudah dikunjungi 6,5 juta wisatawan lokal. Angka tersebut melebihi target Pemkot Batu, yakni di kisaran 5 juta.

“Untuk wisatawan asing hanya lima persen di antaranya. Jadi memang belum maksimal,” tutur Waki Kota Batu keempat yang menjabat sejak 27 Desember 2017 itu.

Target terdekat Pemkot Batu adalah membenahi infrastruktur seperti transportasi. Dewanti pun berharap, TdI membuat negara-negara di dunia tahu potensi wisata di Kota Batu, mengingat ada 22 negara dalam event yang masuk agenda Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI) Asia Tour itu.

”Kami berharap, Batu kembali dilewati Tour d’Indonesia, tahun depan. Kalau ada cara untuk kami bisa jadi tuan rumah, kami siap Bisa dilihat kan betapa antusias masyarakat di sini terhadap pembalap-pembalap dunia,” ucapnya.*LILY INDRIYANI SUKMAWATI

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news