news
INFOGRAFIS
Dembele Manusia Kaca
21 August 2019 13:07 WIB
berita
Penyerang mahal Barcelona, Ousmane Dembele dianggap ringkih lantaran mudah cedera seperti yang dialaminya kembali awal musim ini.-Topskor/ist
BARCELONA – Kekalahan yang diterima FC Barcelona dari Athletic Bilbao berbuntut panjang. Ousmane Dembele memang mampu menyelesaikan laga yang berakhir 0-1 itu hingga rampung. Tapi saat hendak meninggalkan Stadion San Mames, markas lawannya, ia terlihat memegangi paha kirinya. Dan benar saja, cedera serius kembali menghantam winger 22 tahun ini.

Layanan medis Barca memberikan pernyataan resmi bahwa Dembele mengalami cedera hamstring: fibrillar di bisep femoris paha kiri. Karena permasalahan tersebut, ia diperkirakan harus menepi selama lima pekan untuk penyembuhannya. Kondisi terkini yang dialaminya ini cukup membuktikan ia merupakan sala satu pemain bercap manusia kaca atau rawan cedera.




Baca Juga :
- Messi Unstoppable, Suarez Cedera
- Malapetaka 7 Menit di Ciutat de Valencia, Tandang Momok Barca




Penyerang tim nasional Prancis ini memang langganan masuk ruang perawatan klub. Kasus teranyar adalah periode cedera keenam yang dialaminya sejak bergabung dengan Los Azulgrana –julukan Barca–, 25 Agustus 2017. Masalah terkini itu sendiri adalah cedera yang sama dengan yang dialami pada dua tahun lalu, yang kerap sesekali kambuh sakitnya.

Tepatnya September 2017, ketika menjalani salah satu laga di fase pertamanya sebagai pemain tim asal Katalan menghadapi Getafe CF. Robekan terjadi di tendon bisep femoris kiri, yang membuatnya menepi hampir empat bulan, absen hingga 20 duel tim. Di musim yang sama (2017/18), ia pun sempat mengalami masalah otot, meski bisa fit di periode akhir.


Baca Juga :
- De Jong, Semedo, dan Suarez Kemungkinan Besar Dirotasi
- Valladolid Melengkapi Koleksi Korban Suarez


Awal 2018/19 sempat berjalan sangat baik. Tapi masalah ankle menghentikan lajunya dan membuat Dembele absen 18 hari sejak 21 Januari 2019. Pada Maret, Dembele kembali menepi yang kali ini menghabiskan 26 hari. Belum sebulan dilalui pasca pulih, ia cedera lagi sehingga harus absen di leg kedua Liga Champions lawan Livepool FC dan final Piala Raja (Valencia CF).

Situasi yang dialami eks winger Borussia Dortmund ini jelas menambah problem di lini depan Barca. Sebelumnya Luis Suarez juga mengalami cedera, bahkan hanya bisa bermain tak sampai 40 menit saat menghadapi Bilbao. Striker asal Uruguay ini juga tak bisa dimainkan di laga selanjutnya saat Los Azulgrana menjamu Real Betis, akhir pekan ini (25/8).

Lionel Messi yang sebelumnya absen karena masalah fisik juga masih diragukan setelah tidak terlihat dalam dua sesi latihan tim (19/8). Barca sendiri optimis sang bintang bisa dimainkan di pertandingan nanti. Namun tim asuhan Ernesto Valverde tetap tampil pincang sebab stok penyerang lain yang tersisa hanya Antoine Griezmann, yang juga belum bisa tampil maksimal menyumbang gol. Padahal, tim mengandalkan skema tiga penyerang.

Sementara indisipliner disinyalir jadi penyebab cedera terbaru Dembele. Klub sebenarnya sudah memintanya melakukan tes medis pada Sabtu setelah laga di San Mames. Namun, dia tak muncul. Kabarnya ia malah terlihat di Rennes pada Minggunya untuk menghabiskan akhir pekan. Seninnya, begitu kembali berlatih Dembele pun merasakan nyeri di pahanya.

Barca pun dikabarkan geram dengan ketidakdisplinan Dembele. Pasalnya itu jadi salah satu masalah yang selama ini dilakukannya di Barca. Mulai soal pola hidup yang tidak teratur atau tidak baik bagi pesepak bola profesional. Musim lalu teguran keras sempat dilayangkan klub karena dirinya sempat tidak berlatih karena tertidur; sering menghabiskan waktu malamnya di luar.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news