news
UMUM
Tour d’Indonesia Langsung Panas
20 August 2019 13:22 WIB
berita
Pembalap Australia dari Tim Olivers Real Food Racing, Angus Lyons (kanan), berhasil memenangi sprint untuk menjadi yang tercepat di Etape 1 Tour d’Indonesia dari Yogyakarta menuju Madiun, Senin (19/8) kemarin.
NGAWI - Bank BRI Tour d’Indonesia (TdI) 2019 terbukti sengit sejak awal. Pada Etape 1 yang menempuh jarak 182,7 km itu, Angus Lyons dari Olivers Real Food Racing Team keluar sebagai pemenang dengan catatan waktu 3 jam 55 menit 58 detik.

Posisi kedua dan ketiga, masing-masing ditempati oleh Ryan Roth dari Xspeed United Continental serta Mario Vogt yang memperkuat Sapura Cycling Team. Keduanya mencatat waktu yang sama persis dengan Lyons.




Baca Juga :
- TdI Tahun Depan Dipastikan Berbeda
- TdI Tahun Depan Dipastikan Berbeda




“Ini mengejutkan karena tadi kami (posisi pertama-ketiga) finis berdekatan. Bahkan, saya tahu kalau menang setelah tim menginformasikan. Saya benar-benar tak menyangka,” ujar Lyons usai finis di alun-alun Kota Ngawi, Senin (19/8).

Ada kisah menarik di balik keberhasilan Tim Olivers Real Food memenangi Etape 1 TdI. Saat penandatanganan kehadiran pembalap sebelum lomba dimulai, perwakilan tim melaporkan jika salah satu rider tidak bisa turun karena masalah visa.


Baca Juga :
- Inilah Trik Lebas Melibas Tour d’Indonesia
- BRI Tour d'Indonesia Miliki Tanjakan Lebih Berat daripada Tour de France


Kondisi ini diperparah dengan insiden yang dialami salah satu pembalap mereka saat lomba baru berlangsung beberapa kilometer. Namun, sederet masalah itu mampu dikonversi oleh Lyons dengan jersey hijau (tanda pemenang lomba TdI), kemarin.

“Saya dalam kondisi baik walau hari ini (kemarin) cuaca sangat panas. Rute yang ditempuh juga bagus sampai 25 km terakhir karena setelah itu kami berlomba sangat sengit. Ini lomba yang bagus untuk tim walau sangat melelahkan," tutur pembalap asal Australia itu.

Terpisah, Roth mengaku terkejut dengan sambutan masyarakat yang hampir terlihat di sepanjang Candi Borobudur-Kota Ngawi. Pembalap yang baru kali pertama ke Indonesia itu pun mengaku tak sabar untuk melakoni Etape 2 yang menempuh jarak 157,7 km.

Well, (antusiasme) ini luar biasa. Banyak sekali masyarakat yang menyaksikan kami berlomba. Mungkin penduduk di Kanada hanya 10 persen dari yang ada di sini,” ujar Roth, tertawa. “Semoga saya bisa memenangi salah satu etape di sini.”

 

Sesuai Prediksi

Ditemui seusai lomba, salah satu pembalap timnas Projo Waseso mengaku sudah memprediksi hasil Etape 1 TdI 2019. Hal ini didasarkan pada profil pembalap yang diketahui melalui entry by name. Menurutnya, yang tampil dalam lomba balap sepeda level 2,1 UCI Asia Tour tersebut mayoritas bertipe climber alias piawai melibas tanjakan.

“Harusnya saya ikut breakaway di depan tapi telat panas. Lalu, saya coba mengejar dari 11 sampai empat menit terakhir. Tapi, pembalap Olivers (Lyons, red) menyalip. Ini sudah terukur karena kalau sampai sprint peloton (25 km menjelang finis), mereka pasti kalah,” ujar Projo.

Apalagi, masih menurut Projo, sebagian besar pembalap sepeda yang berlaga di TdI baru kembali dari lomba di Cina dengan ketinggian 3.000 di atas permukaan laut. "Begitu sampai di sini ya tinggal ngegas aja. Hanya perlu jaga elektrolit, ion, pasti bisa," katanya.***LILY INDRIYANI SUKMAWATI

Klasemen Umum (Lima Besar)
1. Angus Lyons - Olivers Real Food Racing            3:55:58 jam
2. Mario Vogt - Sapura Cycling                                +0,02 dtk
3. Ryan Roth - Xspeed United                                  +0,03 dtk
4. Goh Choon Huat - Trengganu Cycling                +1 dtk
5. Marcus Culey - Sapura Cycling                            +3 detik

Best Sprinter (Tiga Besar)
1. Mario Vogt - Sapura Cycling               17 Poin
2. Angus Lyons - Olivers Real Food       15
3. Ryan Roth - Xspeed United                14

King of Mountain
Ryan Roth - Xspeed United

Best Asian Rider
Goh Choon Huat – Trengganu Cycling

Klasemen Tim (Tiga Besar)
1. Sapura Cycling                               11:50:47 jam
2. Trengganu Cycling                        +2:48 mnt
3. Xspeed United Continental           +3:32 mnt

Best Indonesian Rider
Muhammad Abdurrahman - KFC Cycling

Indonesian Team
KFC Cycling

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news