INFOGRAFIS
Proteksi Liverpool Buat Mane
20 August 2019 14:55 WIB
berita
Penyerang sayap Liverpool, Sadio Mane, dalam kondisi terbaik mengawali musim baru ini.
LIVERPOOL – Sadio Mane kembali memperlihatkan dia berpeluang kembali meraih gelar top scorer Liga Primer setelah mencetak gol dalam kemenangan Liverpool, 2-1 atas Southampton, Sabtu (17/8) lalu. Mane jadi protagonis untuk tiga poin The Reds.  Kontribusi Mane pun menuai pujian. Namun, ada kekhawatiran terkait kondisi fisik atau stamina bintang asal Senegal ini.

Garth Crooks, mantan pemain Tottenham Hotspur (1980-1985), mengingatkan agar pelatih Liverpool, Juergen Klopp tidak terlalu memforsir Mane. Menurutnya, sang pemain sudah terlalu sibuk sejak membawa Senegal ke final Piala Afrika 2019. Hingga, waktu liburannya pada musim panas lalu terpangkas. Crooks menilai, Sane memang layak diandalkan di lini depan.




Baca Juga :
- Rafael van der Vaart Berikan Kritik Pedas Terhadap Penampilan Harry Maguire
- Tak Ada David de Gea, Kiper Liverpool dan Man-City Bersaing di Yachine Trophy




Bersanding dengan Mohamed Salah dan Firmino sebagai trisula Liverpool yang berambisi menjuarai Liga Primer 2019/20. Namun, opsi rotasi bagi ketiga pemain itu, khususnya Mane harus segera dilakukan agar pemain ini tetap dalam kondisi terbaik dan terhindar dari cedera. “Mane berada pada puncak permainannya lagi setelah musim panas yang sibuk bersama Senegal di Piala Afrika 2019,” kata Crooks.

Meski demikian, Mane memang tidak memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan diri usai turnamen itu. Namun, Mane tampak lebih tajam dan bugar daripada siapa pun di lapangan saat menghadapi Southampton. “Hanya, Klopp harus hati-hati untuk tidak memainkannya secara berlebihan. Jika dia melakukannya hingga Mane cedera, itu akan jadi penyesalan terbesar,” Crooks, menjelaskan.


Baca Juga :
- Krisis Penyerang, Manchester United Incar Target Liverpool Ini
- Solskjaer Ungkap MU Gunakan Taktik Liverpool Sendiri


Sepanjang 2019 ini memang menjadi fase yang sibuk bagi Mane. Dia berperan membawa Liverpool juara Liga Champions musim lalu. Di Liga Primer, mereka memang hanya jadi runner-up di bawah Manchester City. Namun, Mane sukses mencatatkan dirinya sebagai top scorer lewat 22 gol bersama Salah dan striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang.

Total, Mane mengemas 20 gol di semua kompetisi sepanjang 2019 ini. Jadi pemain tersubur dalam satu tahun kalender bersama Sergio Aguero (Man. City) pada level klub di Liga Primer. Bahkan, itu belum termasuk tiga golnya yang mengantar Senegal lolos ke final Piala Afrika 2019.*Choirul Huda

 

 

I
Penulis
Irfan Sudrajat