ONE CHAMPIONSHIP
Atlet Bela Diri Campuran Indonesia dan Tradisi 17 Agustusan
19 August 2019 18:04 WIB
berita
Anthony “The Archangel” Engelen berbagi kenangan terkait tradisi merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.  
JAKARTA - Republik Indonesia genap berusia 74 tahun. Setiap tahun, berbagai kelompok masyarakat dan sekolah-sekolah di Nusantara selalu menggelar berbagai kegiatan untuk merayakannya.

Selain upacara pengibaran bendera di berbagai lingkungan kenegaraan dan institusi pendidikan – salah satu tradisi peringatan 17 Agustus adalah berbagai lomba yang digelar baik di sekolah maupun di lingkungan rumah warga.


Baca Juga :
- Yushin Okami dan Agilan Thani Diprediksi Akan Hasilkan Pertempuran Hebat
- Kevin Belingon Ingin Akhiri Rivalitas dengan Bibiano Fernandes 




Tiga atlet seni bela diri campuran ONE Championship asal Indonesia berbagi kenangan akan tradisi peringatan hari kemerdekaan – serta harapan mereka bagi Indonesia.

Anthony “The Archangel” Engelen, atlet Indonesia yang berlaga dalam divisi lightweight ONE, berbagi kenangan terkait tradisi merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.  


Baca Juga :
- Sunoto Bertekad Menuai Sukses di Negeri Matahari Terbit Demi Keluarga
- Aung La N Sang Tak Gentar Hadapi Kebesaran Nama Brandon Vera


“Masyarakat Belanda biasanya tidak merayakan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, karena menurut pemerintah Belanda, Indonesia baru merdeka pada 1949,” katanya.

“Masyarakat Belanda justru memperingati 15 Agustus sebagai Hari Pembebasan, dimana Belanda merayakan kemerdekaan Indonesia (Dutch Indies) dari penjajahan Jepang.”

“Sebagian warga Belanda – termasuk keluarga saya – biasanya pergi ke Den Haag untuk mengunjungi monumen Indonesia sebagai tradisi peringatan tersebut.”

Lain halnya Rudy “The Golden Boy” Agustian. Atlet yang berlaga dalam divisi flyweight ini lebih berbagi tentang kenangannya berlomba dalam perayaan hari nasional ini.

“Saat saya masih bersekolah tingkat SD, saya pernah menjadi juara lomba balap karung selama tiga tahun berturut-turut – sebelum [saya] ‘pensiun’ sebagai pembalap karung.”

“Saya paling suka mengikuti berbagai lomba, mendapatkan libur sekolah dan setelah agak lebih dewasa, saya suka mendapatkan diskon khusus berbelanja pada 17 Agustus.”

Bagi Eko Roni Saputra, atlet asal Indonesia yang berhasil mendapatkan kontrak bersama Evolve MMA untuk tampil dalam organisasi bela diri terbesar di dunia ini, jiwa patriotisme yang ia tanam sejak saat bersekolah tetap tak terlupakan.

“Saya selalu ikut dalam upacara bendera semasa sekolah, karena ini adalah momen yang penting – yaitu memperingati hari kemerdekaan Indonesia,” katanya. Tetapi, ia juga menambahkan bahwa ia rutin mengikuti lomba yang diadakan di lingkungannya.
 

news
Penulis
Suryansyah
news