news
INFOGRAFIS
Duet Wolves Jadi Ujian Maguire
19 August 2019 13:30 WIB
berita
Harry Maguire - TopSkor/Istimewa
WOLVERHAMPTON – Tandang dua kali ke Stadion Molineux pada 2018/19, dua kali pula Manchester United (MU) harus pulang dengan kepala tertunduk. Kekalahan pertama terjadi dalam ajang Piala FA, Maret lalu ketika Tim Setan Merah takluk 1-2. Dalam laga ini, gawang MU kemasukan dua gol hanya dalam waktu enam menit. Yang pertama gol menit ke-70 lewat aksi penyerang Wolves, Raul Jimenez. Sedangkan gol kedua dari kaki Diogo Jota.

Kemenangan tersebut pun mereka sempurnakan hampir satu bulan kemudian, tepatnya pada awal April. Dengan hasil yang sama, pasukan Nuno Espirto Santo kembali menekuk MU di Molineux. Dengan dua kemenangan ini, Wolves tidak terkalahkan dari Tim Setan Merah sepanjang musim lalu tersebut setelah pada pertemuan pertama Liga Primer imbang 1-1, dalam laga di Stadion Old Trafford, September 2018.




Baca Juga :
- Komentar Solskjaer Setelah MU Menang Atas Tottenham Hotspur
- Reaksi Jose Mourinho Usai Tottenham Hotspur Kalah dari MU




Ya, Molineux selalu menyulitkan bagi MU pada musim lalu itu. Faktor duet Jimenez dan Jota dalam lini depan Wolves salah satu kunci sukses dalam memberikan perlawanan kepada Tim Setan Merah. Jota memang hanya menorehkan sembilan gol di Liga Primer 2018/19 tapi memberikan lima assist. Yang menarik, sekitar 50 persen dari gol yang diciptakannya bersarang ke klub-klub besar Liga Primer.

Gol pertama Jota di Liga Primer musim lalu contohnya, tercipta dalam kemenangan 2-1 Wolves atas Chelsea. Lalu, satu gol diciptakan Jota dalam kemenangan 3-1 atas Arsenal pada pekan ke-31. Selebihnya, dia menorehkan hattrick ke gawang Leicester City pada pekan ke-23, lalu masing-masing satu gol ke gawang Newcastle United, Cardiff City, dan Watford. Dan, semua gol yang diciptakan bintang asal Portugal ini ditandai dengan kemenangan Wolves.


Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Liga Inggris, Kamis Dini Hari WIB
- Klub Besar yang Memburu Pochettino


Namun, Jota hanya satu di antara amunisi Espirito. Jika gol-gol Jota memiliki kualitas dan efektivitas, Jimenez merupakan penyerang yang dapat diandalkan Wolves dari sisi kuantitas. Total, penyerang asal Meksiko ini menorehkan 13 gol dan memberikan tujuh assist pada musim lalu itu. Musim ini, Jimenez pun sudah tancap gas. Pemain 28 tahun ini telah menorehkan empat gol dalam kualifikasi Liga Europa yang membuat timnya lolos ke fase play-off. Wolves akan menghadapi wakil Italia, Torino, pada 22 dan 29 Agustus ini.

Faktor Jimenez-Jota akan kembali memberikan ancaman bagi pertahanan MU, dalam laga pekan kedua Liga Primer, Senin (19/8) atau Selasa dini hari WIB, di Stadion Molineux. Bagi Ole Gunnar Solskjaer, duel ini menjadi salah satu tes penting kekuatan lini pertahanan timnya setelah dia mulai membangun jantung pertahanan dengan duet Victor Lindeloef dan Harry Maguire. Dan, bagi Maguire, menghadapi duet Wolves sekaligus sebagai ukuran kualitasnya sebagai salah satu bek termahal.

Maguire memiliki pengalaman yang cukup pahit menghadapi kedua duet lini depan Wolves tersebut. Musim lalu, ketika masih di Leicester City, pemain belakang 26 tahun ini bagian dari kekalahan timnya ketika Jota menorehkan hattrick. Pada laga tersebut, Jota membuka keunggulan ketika laga baru berjalan empat menit. Pada laga ini pula, koneksi antara Jota-Jimenez terlihat setelah Jota mencetak gol ketiganya menit ke-90 memanfaatkan assist Jimenez.

Maguire melakoni debutnya sebagai bek MU dengan hasil positif ketika menjaga gawang timnya tidak kemasukan saat lawan Chelsea pada pekan pertama. Tapi, ketika itu, Maguire dan Lindeloef tampaknya tidak menghadapi ancaman serius, khususnya dari penyerang muda The Blues, Tammy Abraham. Lawan Wolves di laga nanti, tentu memiliki perbedaan besar. Baik Jota dan Jimenez memiliki kemampuan dalam melakukan tekanan kepada bek tengah lawan.

“Harga Maguire (80 juta paun) sulit untuk dijelaskan. Angka tersebut mungkin tidak menunjukkan nilai sebenarnya,” kata Jota, tersenyum mengomentari harga Maguire ke MU. “Namun, itu bukan urusan saya. Kami hanya harus menghormati nilai transfer tersebut,” dia menambahkan. Menurut Jota, MU telah mendatangkan bek yang memiliki kualitas tinggi dalam diri Maguire. Intinya, Maguire harus membuktikan kualitas dan nilai transfernya dengan menghadapi Jota dan Jimenez.* Irfan Sudrajat

loading...
n
Penulis
nana sumarna
news
news