UMUM
Marciano Norman Kunjungi Pelatnas SEA Games, Kuatkan Mental Atlet
16 August 2019 14:06 WIB
berita
Marciano Norman, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, meninjau pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games 2019
JAKARTA - Marciano Norman, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, menyambangi Stadion Icuk Sugiarto di Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (16/8). Letnan Jenderal TNI (Purn) itu meninjau pemusatan latihan nasional (Pelatnas) SEA Games 2019 cabang olahraga sepak takraw, kurash dan kick boxing. 

Marciano bukan sekadar menyaksikan persiapan para atlet berlatih. Tapi juga memberikan motivasi agar mereka tampil dalam performa terbaik di SEA Games Filipina, yang digelar pada 30 November-11 Desember 2019.


Baca Juga :
- Tiga Bulan TC di ISTC, Atlet Pelatnas Kick Boxing Raih Kemajuan Luar Biasa
- Zhang Yuening: Atlet Taulo Indonesia Berpeluang Rebut Medali 




"Berada di pelatnas berarti kalian adalah yang terbaik. Buktikan di SEA Games Filipina nanti adalah puncak dari proyeksi pelatnas ini," kata Marciano Norman dihadapan para atlet nasional Indonesia.

Dalam kunjungannya sekitar dua jam tersebut Marciano Norman didampingi Sekjen KONI Pusat Ade Lukman, Wakil II Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Beladiri) Syamsudin dan Ketua Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga Icuk Sugiarto serta para manajer dan pelatih masing-masing cabor.


Baca Juga :
- Ini Target Tenis Indonesia di SEA Games 2019
- Jelang SEA Games, Tim Tenis Indonesia Akan Ikuti Turnamen di Jepang dan Cina


Marciano Norman meminta para atlet fokus berlatih. Manfaatkan fasilitas kepelatihan yang ada semaksimal mungkin, sehingga sesuai yang ditargetkan pelatih. Mantan Kepala BIN itu berharap ketiga cabang olahraga tersebut bisa meraih medali emas pada SEA Games 2019 di Filipina nanti. 

"Ini tempat yang cukup baik untuk berlatih. Fasilitasnya mendukung. Kalian perlu membulatkan tekad sehari-hari. Karena kalian adalah patriot bangsa," imbuhnya.

Di satu sisi, pelatih juga diingatkan bukan hanya berjibaku melatih secara teknik, tapi juga harus meluangkan waktu untuk diskusi dengan atlet, sehingga tahu plus minusnya persoalan yang dihadapi. 

"Jaga kesehatan dan kekompakan. Bicara olahraga berarti bicara Merah Putih. Bicara Merah Putih harus rela berkorban demi bangsa. Saudara-saudara adalah patriot bangsa. Tidak semua orang bisa seperti kalian. Buat Indonesia bangga atas prestasi kalian," tandas Marciano.

Ketua Umum Persautuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Asnawi Rahman mengatakan bersyukur Ketua Umum KONI Pusat datang melihat Pelatnas SEA Games 2019. "Dalam kunjungan itu Ketua Umum KONI Pusat memberikan motivasi kepada para atlet. Setidaknya kunjungan ini dapat membangkitkan para atlet berlatih," kata Asnawi.

Hal senada diungkapkan Collin Mogot, Manajer Tim Kick Boxing. Dikatakan kehadiran Marciano Norman memberi nutrisi bagi para atlet. "Mereka lebih bersemangat dan menambah motivasi karena merasa negara hadir di tengah usaha yang sedang mereka lakukan," tutur Collins Magot. 

Sementara itu Sinta Berliana Heru, pelatih mental sepak takraw dan kick boxing mengatakan perkembangan mental atlet saat ini sudah mengalami peningkatan. Tinggal bagaimana pelatih dan manajer tim memanejnya sehingga menjadi kekuatan di lapangan nanti. 

"Mental mereka makin kuat dengan kunjungan Ketua Umum KONI Pusat. Mereka merasa bahagia dan aman dikunjungi bapaknya langsung. Apalagi Pak Marciano bisa lebih mendekatkan diri dengan para atlet dan lebih santai dalam menyampaikan pesannya, sehingga anak-anak juga enjoy," ungkap Sinta Berliana Heru yang juga mantan atlet taekwondo nasional itu.*Suryansyah
 

news
Penulis
Suryansyah
news