LIGA INGGRIS
Arsenal Bisa Mainkan Tiga Bek
15 August 2019 15:01 WIB
berita
David Luiz bisa memberi warna lain terkait strategi dan skema Arsenal musim ini. Bek tengah asal Brasil itu secara mengejutkan pindah dari Chelsea pada tenggat bursa transfer Liga Primer.
LONDON – Salah satu kejutan di bursa transfer Liga Primer musim ini terjadi pada hari terakhir, Kamis (8/8). Itu melibatkan David Luiz yang menyeberang dari Chelsea menuju Arsenal. Ini menarik, mengingat harganya cukup murah, delapan juta paun atau sekitar Rp137 miliar. Padahal, Chelsea harus merogoh 34 juta paun saat merekrutnya dari Paris Saint Germain pada 31 Agustus 2016.

Wajar, jika kehadiran Luiz menimbulkan optimisme di barisan pertahanan. Bisa dipahami mengingat sektor ini jadi titik krusial kegagalan musim lalu akibat kebobolan 51 gol. Apalagi, mengingat Luiz masih tergolong muda untuk ukuran bek. Pemain asal Brasil itu baru merayakan hari jadi ke-32 pada 22 April lalu.




Baca Juga :
- Atletico Bersiap Membawa Mantan Bintang Barcelona
- Update Klasemen Liga Primer Inggris Pekan 9, Minggu Dini Hari WIB




Keyakinan itu diungkapkan Paul Merson terkait sinyal positif pada pertahanan mantan klub yang diperkuatnya pada 1985-1997 tersebut. Pria 51 tahun ini percaya, Luiz bisa membuat perubahan kunci. Meski, itu tergantung apakah Unai Emery sebagai pelatih memercayainya. Menurut Merson, pengalaman Luiz bisa mengubah pertahanan Arsenal yang identik dengan empat bek mengerucut jadi tiga.

“Mainkan mereka berdua dan Luiz di tengahnya,” kata Merson terkait palang pintu Arsenal saat menghadapi Newcastle United pada 11 Agustus lalu, yaitu Calum Chambers dan Sokratis Papastathopoulos. Dalam duel perdana Liga Primer 2019/20 ini, Emery memang belum menurunkan skuat terbaik.


Baca Juga :
- Liverpool Spesialis Pemecat Pelatih Lawan
- Laga Pembuktian Dua Bek Termahal


Termasuk, Luiz yang hanya duduk di bangku cadangan sepanjang 90 menit. Sementara, Kieran Tierney yang direkrut dari Celtic FC pada 8 Agustus lalu senilai 25 juta paun justru sama sekali tidak terlihat. Namun, ini hanya soal waktu saja. Sebab, Luiz dan Tierney memang butuh adaptasi karena baru sehari tiba. Kemungkinan, mereka bakal diturunkan pada laga kedua versus Burnley, Sabtu (17/8).  

“Luiz bisa ikut maju. Sementara, Tierney tampil sebagai salah satu bek sayap. Saya pikir itu cocok untuk semua bek Arsenal. Jika Anda memiliki tiga bek tengah, itu bisa membuat mereka leluasa untuk mundur. Andai Tierney ingin lebih ke depan, dia bisa maju lagi,” Merson, menjelaskan.

Tak Sabar
Pernyataan pria 51 tahun itu menyiratkan, pertahanan Arsenal musim ini bisa lebih stabil dengan kehadiran Luiz. Dengan sektor belakang yang kuat, membuat alur serangan bisa lebih intens. Terutama, dengan kinerja bek sayap yang mampu berakselerasi saat menyerang maupun bertahan.

“Saya tak sabar menantikan Arsenal musim ini. Saya cukup terkesan (saat melawan Newcastle). Itu pertandingan yang sulit. Harus tandang pada laga pertama dengan mencoba pemain anyar. Namun, Arsenal mampu melewatinya. (Pierre-Emerick) Aubameyang mencetak gol yang luar biasa,” ujar Merson, optimistis.*CHOIRUL HUDA DARI BERBAGAI SUMBER

11
Gol yang dibukukan David Luiz di Liga Primer bersama Chelsea pada dua periode berbeda. Yaitu, 2011 hingga 2014 dan 2016-2019. Dalam periode itu, bek asal Brasil ini turut mencetak 11 gol dan enam assist yang tergolong tajam bagi ukuran pemain bertahan.

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho