LIGA INTERNASIONAL
Ben Yedder dan Monaco Saling Membutuhkan
15 August 2019 15:28 WIB
berita
Oleg Petrov, Wakil Presiden AS Monaco (kiri), saat memperkenalkan Wissam Ben Yedder sebagai pemain baru Les Rouges et Blancs.
MONAKO - AS Monaco berhasil menuntaskan proses pembelian striker Wissam Ben Yedder dari Sevilla FC dengan harga 40 juta euro (sekira Rp 635,6 miliar), Selasa (13/8). Ben Yedder jadi target dari sejumlah klub top Eropa lantaran aksi impresifnya bersama Sevilla musim lalu dengan membukukan 30 gol di seluruh kompetisi musim lalu. Klub raksasa Inggris, Manchester United (MU), disebut-sebut sebagai salah satu pemburu tanda tangan pemain tim nasional Prancis berusia 29 tahun itu.

Tapi, Ben Yedder memutuskan untuk bergabung dengan Monaco. Selain membayar 40 juta euro, Les Rouges et Blancs juga harus menyerahkan winger Rony Lopes kepada Sevilla untuk mendapatkan pemain berdarah Tunisia ini. Dia diikat dengan kontrak lima tahun yang berlaku hingga 30 Juni 2024.




Baca Juga :
- 2 Pemain Nice Dikartu Merah, PSG Menang Telak
- ​​​​​​​Peluang Baru De Jong




“Saya merasakan keinginan kuat dari klub ini untuk mendapatkan saya. Saya memilih Monaco karena percaya pada proyek ini dan bertekad untuk melakukan segalanya demi meraih target bersama,” kata Ben Yedder, yang kemungkinan sudah siap dimainkan Monaco untuk melawan FC Metz pada laga pekan kedua Ligue 1 2019/20, Sabtu (17/8).

Ben Yedder diproyeksikan untuk menggantikan posisi striker veteran Radamel Falcao yang kemungkinan besar hengkang dari Monaco. Pemain 33 tahun asal Kolombia ini dikabarkan tengah menegosiasikan transfernya ke klub Turki, Galatasaray SK. Dia adalah mesin gol utama Les Rouges et Blancs dalam tiga musim terakhir.


Baca Juga :
- Lyon Butuh Pelatih Ternama
- Dembele Berulah Lagi


“Ben Yedder pemain berbakat istimewa dan striker yang komplet. Dia telah membuktikan kualitasnya di Toulouse FC dan Sevilla, juga di tim nasional Prancis. Dia juga pemain dengan mentalitas teladan,” ujar Oleg Petrov, Wakil Presiden Monaco. “Kehadirannya jadi momen penting bagi Monaco. Ini menunjukkan keinginan kami membangun tim ambisius untuk meraih target-target klub."

Ben Yedder bukan sosok yang asing bagi publik Ligue 1 karena pernah enam musim berlaga di kancah elite Prancis ini bersama Toulouse FC. Dia membukukan 63 gol dalam 156 laga antara 2010 dan 2016. Catatan terbaiknya di Ligue 1 ditorehkan pada 2015/16 saat dia mencetak 17 gol dalam 35 penampilan.

Performa itu pula yang mengantarkan Ben Yedder ke Sevilla pada 2016. Dia langsung berkibar di La Liga dengan mencetak 11 gol dan lima assist dalam 31 laga pada musim pertamanya (2016/17). Pada musim berikutnya, penampilannya mengalami penurunan dengan hanya mencetak sembilan gol dalam 25 laga.

Tapi, Ben Yedder menunjukkan aksi yang memukau di Liga Champions musim itu dengan mencetak delapan gol dalam hanya sembilan laga. Termasuk brace lawan MU pada leg kedua 16 besar yang mengantarkan Sevilla ke perempat final. Berkat aksi itu pula Ben Yedder dipanggil untuk kali pertama ke timnas Prancis pada Maret 2018.

Setelah itu, Ben Yedder sempat “menghilang” dari timnas dan tidak masuk dalam skuat Les Bleus yang memenangi Piala Dunia 2018. Tapi, dia tidak mengecewakan pelatih Didier Deschamps saat dipanggil kembali Juni lalu dan mencetak gol pertama buat timnas dalam kemenangan 4-0 atas Andorra di kualifikasi Piala Eropa 2020.

Sehari sebelum perekrutan Ben Yedder, Monaco meresmikan transfer winger Henry Onyekuru. Pemain 22 tahun asal Nigeria ini dibeli dari Everton FC dengan harga 13,5 juta euro dan diikat dengan kontrak lima tahun. Dia akan mengambil alih posisi Rony Lopes yang telah dilepas ke Sevilla.*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Pembelian AS Monaco 2019/20
Pemain                       Posisi              Usia     Dari                         Harga
Wissam Ben Yedder   Striker             29        Sevilla FC               40 juta euro
Gelson Martins           Sayap kanan   24        Atletico Madrid       30 juta euro
Benjamin Lecomte      Kiper               28        Montpellier             13,5 juta euro
Henry Onyekuru          Sayap kiri       22        Everton FC             13,5 juta euro
Ruben Aguilar             Bek kanan      26        Montpellier                8 juta euro

 

T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho