LIGA 1
PSM Mulai Mengintip Papan Atas
15 August 2019 14:30 WIB
berita
Gelandang PSM Willem Jan Pluim (kanan) berupaya menghindari kepungan pemain Barito Putera Rabu (14/8) Foto: PT LIB
MAKASSAR -  PSM Makassar menang tipis 2-1 atas Barito Putera dalam laga pekan ke-14 Liga 1 2019. Bermain di kandang sendiri  Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (14/8), Juku Eja mampu menambah tiga poin dan mulai beranjak naik ke papan tengah klasemen sementara.

Pada laga tersebut tuan rumah mampu unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri bek Barito Putera, Dony Monim pada menit ke-60. Tim tamu sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat Lucas Silva.




Baca Juga :
- Hasil Pertandingan Liga 1 2019, Selasa Malam
- Hamka Hamzah Menyusul ke Bogor, Milo Sumringah




Dan akhirnya PSM kembali unggul lewat gol penalti menit ke-75 oleh Mark Klok. Tambahan tiga poin membuat PSM kini berada pada peringkat ke-9 dengan nilai 16. Namun tim asuhan Darije Kalezic itu baru bertanding sembilan pertandingan, dibanding para kompetitor yang bertanding antara 12 atau 13 atau bahkan 14 pertandingan.

Kemenangan ini juga membuat PSM mampu bangkit setelah dalam pertandingan sebelumnya harus takluk 0-2 dari Borneo FC. PSM dalam laga kemarin tampil tidak dengan kekuatan terbaiknya.


Baca Juga :
- Tiba di Makassar, Skuat Madura United Fokus Recovery
- Bhayangkara FC vs Persib Akan Digelar di Stadion PTIK Jakarta, Ini Kata Bhayangkara soal Pengamanan Laga


Dua pemain asing yakni bek Aaron Evans dan striker Eero Markkanen absen karena menjalani hukuman dari Komdis PSSI. Pada posisi Evans yang gagal menjalani laga nostalgia lawan mantan klubnya musim lalu itu, diisi oleh Hasim Kipuw yang berduet dengan Abdul Rahman.

Sedangkan tanpa Markkanen dan Guy Junior yang masih dalam pemulihan cedera, Kalezic menurunkan duet M Rachmat dan Ferdinand Sinaga. “Ini adalah pertandingan sulit yang sudah kami prediksi dari awal. Dalam laga ini pemain masih kelihatan lelah,” kata Kalezic usai pertandingan.

Diakuinya, meski timnya mampu menguasai jalannya laga, tetap saja sirkulasi bola tidak secepat biasanya. “Kami bermain kurang cepat dan gol penyimbang dari lawan semestinya tidak perlu terjadi,” ucap pelatih asal Bosnia ini.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Barito gagal menebus hasil buruk dalam laga sebelumnya saat mereka juga harus kalah 2-4 dari Tira Persikabo. Laskar Antasari kini masih berada di peringkat ke-14 dengan nilai 12.

Perolehan poin Barito hanya terpaut tiga poin saja dari Perseru Badak Lampung FC yakni sembilan poin. Ini juga tentunya membuat Bayu Pradana dan kawan-kawan harus berjuang lebih keras lagi untuk dapat menjauh dari ancaman degradasi.

“Sebenarnya dari taktikal, pemain sudah melaksanakan yang kami rencanakan dengan baik. Saya apresiasi perjuangan pemain pada laga ini,” kata pelatih Barito Putera, Yunan Helmi.

Mengenai penalti untuk PSM, ia mengatakan semestinya wasit lebih jeli lagi tentang yang terjadi di lapangan. Sedangkan soal kartu merah Rafael Silva, pelatih berlisensi AFC Pro ini mengakukarena adanya provokasi dari lawan yang membuat pemainnya terpancing.*Sri Nugroho

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id