LIGA SPANYOL
Simeone Datangkan Rodrigo demi Melindungi Felix
15 August 2019 15:43 WIB
berita
Penyerang Valencia, Rodrigo Moreno masih menunggu proses transfernya ke Atletico diresmikan kedua klub.-Topskor/Ist
MADRID – Munculnya kabar perihal kedekatan Atletico Madrid untuk merekrut striker Valencia CF, Rodrigo Moreno, beberapa hari terakhir jelas sangat mengejutkan. Itu karena tim ibu kota sudah memiliki Diego Costa, Alvaro Morata, dan baru merekrut Joao Felix dan Ivan Saponjic musim panas ini, pun masih ada Nikola Kalinic di stok penyerangnya.

Satu-satunya pembelaan adalah kehilangan Antoine Griezmann, dan mungkin saja Angel Correa menyusul (sebab terus dikaitkan dengan AC Milan). Sementara untuk Gelson Martins yang pergi ke AS Monaco, andilnya tak begitu besar sebelumnya. Akan tetapi, rupanya Atletico memiliki rencana tersendiri terkait pembangunan barisan serangnya.




Baca Juga :
- Atletico Menyamai Start Terburuk Musim Lalu
- Atletico Madrid Bertarung Melawan Manchester United, Inter, Napoli, dan Juventus untuk Edinson Cavani




Lapisan emas (begitu Marca menyebutnya) sedang dibangun di lini depan Los Rojiblancos, julukan Atletico. Rancangan disiapkan oleh pelatih Diego “El Cholo” Simeone, lebih khusus untuk Felix yang baru mendarat dengan transfer fantastis, serta Rodrigo yang akan menyusul.

Sejatinya apa yang dilakukan Atletico berbau sebuah perjudian. Tapi Felix sudah lebih dulu membuktikan diri pada pramusim. Harga besar yang dipertaruhkan; 126 juta euro (sekitar Rp2 triliun) atau pembelian termahal klub, dibalas dengan performa luar biasa. Perannya tak terbendung. Namun pelatih masih “menjaganya” di usia yang begitu muda (19 tahun).


Baca Juga :
- Duel di Metropolitano, Penyerang Jadi Sorotan
- Pekerjaan Rumah Timnas Spanyol di Era Moreno


Simeone tak akan mengeksploitasi Felix secara berlebihan. Lagipula, entrenador 49 tahun ini memang tipe pelatih yang tak segan terus merombak timnya di kondisi skuat yang tak begitu tebal. Dan, salah satu penunjangnya tentu saja dengan merekrut Rodrigo. Meskipun, transfer ini juga bisa terjadi karena kegagalan mendapatkan James Rodriguez.

Nantinya akan ada perputaran luar biasa untuk barisan serang Los Rojiblancos. Costa, Morata, dan Saponjic bisa bermain di berbagai tempat di pola dua striker. Sedangkan Rodrigo dan Felix, tak hanya bisa menempati posisi tersebut, tapi juga dapat berperan di dua sektor sayap (formasi 4-4-2). Belum lagi ada Thomas Lemar dan Vitolo Machin.

 

Sejarah Transfer

Walaupun terbilang saling bersaing untuk jatah klub Spanyol di Eropa, sejatinya Atletico dan Valencia akrab perihal memindahkan pemain. Ada sejarah panjang terkait transfer antar keduanya. Los Rojiblancos mulai merekrut pemain lawannya itu di 1995, dan untuk sebaliknya terjadi sejak 1934. Total ada 16 pemain terlibat dalam operasi mereka.

Untuk kasus teranyar, ada Kevin Gameiro yang dianggap telah “habis” di Atletico, tapi masih bertaji saat membela Valencia. Sedang dua pemain sebelumnya; Guilherme Siqueira-Luciano Vietto (pun dari Atletico), gagal tampil baik dan transfernya hanya pinjaman. Untuk transfer sebaliknya, yang teranyar yakni Ever Banega, Mista, dan Salva Ballesta.

Ketiganya memang tak begitu menonjol, tapi berhasil menciptakan perubahan di ibu kota. Faktanya, Los Rojiblancos kerap mendapat servis bagus dari mantan pemain Valencia yang direkrut. Kesuksean besar diraih oleh Lyuboslav Penev, dan dilanjutkan Diego Alonso. Sementara di sisi sebaliknya, Valencia bisa berhasil soal transfer Ruben Baraja.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

D
Penulis
Dini Wulandari