news
TENIS
Menepi Empat Pekan, Djokovic Butuh Waktu Adaptasi
15 August 2019 12:00 WIB
berita
Novak Djokovic
CINCINNATI – Sudah sekitar empat pekan Novak Djokovic menepi atau tepatnya usai menjuarai Grand Slam Wimbledon, Juli lalu. Namun, pemain yang biasa disapa Nole tersebut kembali ke lapangan, Selasa (13/8) atau Rabu dini hari WIB, untuk melakoni babak kedua ATP 1.000 Cincinnati Terbuka.

Pada pertandingan pertama di turnamen ini, Nole berhasil membendung Sam Querrey dengan skor 7-5, 6-1. Namun, petenis nomor satu dunia tersebut mengaku tak puas dengan permainannya di Lindner Family Tennis Center, Cincinnati, Ohio. Bahkan, ia menyebut startnya kurang mulus.




Baca Juga :
- Pertahankan Gaya Menyerang Jadi Kunci Kemenangan Dominic Thiem atas Djokovic
- Djokovic Butuh Tantangan Baru




Hampir satu bulan tak bermain, Nole mengaku butuh waktu untuk beradaptasi. “Saya cukup gugup pada pertandingan pertama. Tapi, itu wajar karena sudah empat pekan tak bermain di ajang kompetitif. Saya butuh sedikit waktu untuk menyesuaikan diri,” ujar kolektor 16 titel grand slam tersebut.

Meski demikian, Djokovic menolak jika dianggap berada dalam tekanan, menyusul statusnya sebagai juara bertahan dalam ajang ini. Pasalnya, jika gagal mengangkat trofi, poinnya dalam peringkat ATP mengalami pengurangan. Pemain asal Serbia itu pun menegaskan sama sekali tak terpengaruh.


Baca Juga :
- Melaju, Djokovic Paham Karakter Lapangan US Open
- Sama-sama Ngotot, Djokovic Kalahkan Federer dan Jadi Juara Wimbledon 2019


“Saya senang bisa kembali ke lapangan sebab tak bermain selama sebulan termasuk cukup lama. Tapi, saya siap tampil di sini, di hadapan kalian semua (penonton). Saya percaya bisa melanjutkan performa apik dan mempertahankan gelar. Termasuk sampai AS Terbuka, akhir bulan ini,” Nole menuturkan.

Pada babak ketiga, Rabu (14/8) atau Kamis pagi WIB, Djokovic akan bertemu petenis asal Spanyol, Pablo Carreno Busta. Sebelumnya, ia mengandaskan John Isner, 6-4, 6-7 (1), dan 7-6 (8). Laga ini akan jadi pertemuan pertama bagi Djokovic dan Busta, tepatnya di luar lapangan tanah liat.

Adapun pada jenis lapangan itu, mereka sudah dua kali bertemu, masing-masing dalam Monte Carlo Masters 2014 dan 2017. “Pertandingan dengan Sam (Querrey) cukup menyulitkan. Ia sempat unggul 2-0 di awal dan hal ini memberikan pelajaran sebelum turun di babak ketiga,” kata Nole.

Secara umum, peluang Djokovic untuk mempertahankan gelar sedikit lebih ringan karena absennya Rafael Nadal. Sekadar informasi, usai menjuarai Piala Rogers, sang rival lebih memilih beristirahat. Nadal ingin benar-benar fit saat berlaga dalam AS Terbuka, turnamen mayor penutup musim.

Keputusan ini diambil petenis asal Spanyol tersebut lantaran memiliki riwayat cedera lutut. Pasalnya, di sisi lain, lawan kuatnya bukan hanya Nole dan Roger Federer, melainkan pemain-pemain muda potensial seperti Alexander Zverev Jr, Stefanos Tsitsipas, Kei Nishikori, dan lain-lain.

Federer Melaju

Pada pertandingan lain, Federer juga melaju ke babak ketiga Western dan Southern Terbuka, nama lain dari Cincinnati Terbuka. Kemarin, petenis asal Swiss tersebut menaklukkan Juan Ignacio Londero dengan dua set langsung, 6-3, 6-4.

Menariknya, Federer dan Djokovic sama-sama menempati pul atas. Jika tak ada hambatan, keduanya akan berjumpa pada babak empat besar. Dengan kata lain harapan pencinta tenis dunia untuk melihat mereka berlaga di final, mustahil.*KRISNA C. DHANESWARA DARI BERBAGAI SUMBER

loading...
L
Penulis
Lily Indriyani Sukmawati
news
news