UMUM
Cabor yang Tak Lolos Seleksi KOI, Tidak Boleh Berangkat ke SEA Games Secara Mandiri
14 August 2019 21:55 WIB
berita
Plt sekjen Komite Olimpiade Indonesia, Hellen Sarita Delima (Foto: Topskor.id / Muhammad Pratama Supriyadillah)
JAKARTA – Plt sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Hellen Sarita Delima, mengungkapkan bahwa cabang olahraga yang tidak dipilih oleh KOI untuk berangkat ke SEA Games 2019, tidak boleh berangkat secara mandiri. Hal tersebut disampaikan Hellen usai menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi SEA Games 2019.

Saat ini, KOI telah memantau kesiapan cabor-cabor yang akan dipertandingkan di SEA Games 2019. Itu dengan mengusung tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang sudah mengunjungi beberapa cabor. Data-data yang dihasilkan oleh tim Monev, nantinya akan dianalisa lagi oleh KOI, untuk selanjutnya menentukan seberapa banyak kontingen yang akan berangkat ke SEA Games.


Baca Juga :
- POMNAS 2019 Resmi Dibuka!
- KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka




Untuk sementara, ada 52 cabang olahraga yang sudah didaftarkan oleh KOI. Namun, hanya 36 cabang olahraga diberikan rekomendasi untuk berangkat ke Filipina pada November mendatang.

Untuk yang tidak mendapatkan rekomendasi, KOI melarang cabor-cabor mengirimkan atletnya secara mandiri. “Tidak bisa seperti itu,” tutur Hellen saat ditemui di Kantor KOI, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8).


Baca Juga :
- Zhang Yuening: Atlet Taulo Indonesia Berpeluang Rebut MedaliĀ 
- Ini Target Tenis Indonesia di SEA Games 2019


“Mungkin dulu kita memberikan kesempatan itu, tapi sekarang kita sudah sepakat dengan pemerintah, tidak lagi memberikan izin kepada para cabor yang tidak lolos seleksi/rekomendasi, untuk berangkat secara mandiri,” tambahnya. ***

M
Penulis
Muhammad Pratama Supriyadillah
news